330 Kader Pendamping BK Ikuti Pelatihan


Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:59:25 WIB
330 Kader Pendamping BK Ikuti Pelatihan Sekda Pasbar Manus Handri memberikan kata sambutan dalam kegiatan pelatihan kader pendamping bina keluarga. (OSNIWATI)

PASBAR, HALUAN — Ka­der pendamping Bina Keluarga (BK) sebagai perpanjangan tangan pemerintah memiliki tugas me­nyampaikan i infor­masi seputar keluarga kepada masyarakat. Ditangan kader ini nantinya fungsi dan kualitas keluarga bisa berjalan.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat, Manus Handri ketika membuka kegiatan pelatihan kader pendamping bina kelu­arga di aula kantor bupati Rabu (26/10), menyampaikan, tugas kader tidak berat. Namun, harus tepat sasaran karena kader pendamping bi a keluarga terdiri dari tiga kelompok. Kader pendamping Bina Kelu­arga Balita (BKB), Bina Kelu­arga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL). Kader pendamping ini di Pasbar men­capai 330 orang.

Tri bina inilah yang harus men­jalankan fungsinya dengan mak­simal. BKB memberikan pe­mahaman yang tepat kepada kelu­arga yang memiliki balita. BKR juga harus disampaikan kepada keluarga yang memiliki remaja.

“BKL akan berjalan jika BKB, BKR sudah tepat. Ka­rena lansia yang menjadi tang­gung jawab anaknya harus menjalankan peran sebagai anak. Jangan sampai nanti anak yang sudah sukses akan me­nitipkan orangtuanya yang sudah lansia kepada panti jompo. Ditangan ibu-ibu inilah nantinya kualitas keluarga di Pasbar terus meningkat,” tutur Manus Handri.

Manus Handri menam­bahkan, pemerintah sudah membuat program bagaimana membentuk generasi ber­kua­litas yang dimulai dari keluarga. Namun, kondisi keuangan di dalam keluarga ikut mem­bentuk keluarga yang berku­alitas.

Makanya, tegas Manus Han­­dri, pemerintah membuat pro­gram Keluarga Berencana (KB) dengan harapan dua anak bisa menjadi. Artinya orang tua bisa menjadikan anaknya ber­kualitas, berpendidikan dan berkarakter.

Sekda berharap, generasi Pasbar ke depan akan terus berkualitas. Dengan catatan dukungan dari semua pihak diharapkan bisa menciptakan keluarga yang berkualitas, bebas berbagai masalah.

Sementara itu, menurut Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Harnina Saputri  menyampaikan, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 26-28 Oktober itu untuk melatih kader-kader pendamping bina keluarga. (h/ows)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM