APBD-P Tanah Datar Ditetapkan Rp1,2 T


Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:59:52 WIB
APBD-P Tanah Datar Ditetapkan Rp1,2 T

BATUSANGKAR, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bersama DPRD setempat menetapkan APBD Perubahan 2016 sebesar Rp1, 238 triliun pada sidang paripurna di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Jumat (21/10).

“Sembilan fraksi yang ada di DPRD Tanah Datar dapat me­nyetujui APBD Perubahan (AP­BD-P) 2016,” kata Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra saat memimpin sidang paripurna dewan.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Dana Nagari Masih Diprioritaskan untuk Penanganan Covid-19

Anton Yondra menye­but­kan , dalam APBD Perubahan 2016 ditetapkan pendapatan daerah sebesar Rp1,238 triliun, belanja daerah sebesar Rp1,379 triliun dan pembiayaan sebesar Rp148,053 miliar.

“Pendapatan daerah terse­but diharapkan pemerintah daerah mampu memperkuat kapasitas keuangan daerah sehingga terus dilakukan peng­galian dan pengembangan sum­ber-sumber yang dapat mening­katkan pendapatan tersebut,” katanya.

Baca Juga : Gas Tabung Melon Mulai Langka di Muara Labuh

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan, turunnya pen­dapatan daerah yang termasuk dalam kategori hasil penge­lolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berasal dari bagian laba atas penyertaan modal pada BUMD dan milik swasta pada BPR yang ada di Tanah Datar.

Beberapa kategori pe­ning­ka­tan pendapatan daerah yang berasal dari penambahan PAD, berupa dana perimbangan dan peningkatan pendapatan lain-lain yang sah.

“Dalam pencapaian, opti­malisasi dan peningkatan pen­dapatan daerah tersebut, peme­rintah daerah berupaya meng­gali potensi sumber-sumber pendapatan berupa pajak dan retribusi daerah,” katanya.

Selain itu, tambahnya, pe­ngelolaan keuangan daerah berdasarkan prinsip trans­paran­si, akuntabilitas dan profe­sionalisme serta optimalisasi pengelolaan aset dan perusa­haan milik daerah.

Bupati menyampaikan apre­siasi kepada pimpinan dan anggota DPRD yang dengan segera membahas dan menye­tujui APBD Perubahan sehingga proses pembangunan dapat dilanjutkan.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD, Anton Yondra didampingi Wakil Ketua, Saida­ni dan Irman dan dihadiri 30 Anggota DPRD, Forkopimda, Sekda Hardiman, Sekwan Im­ran, para asisten dan pimpinan SKPD, camat, dan walinagari.

Sebelum pengesahan sem­bilan fraksi menyampaikan pandangan akhir yang di­sam­paikan masing-masing juru bicara yakni Fraksi PPP, Hafit­rizal, Fraksi Partai Gerindra, Afrizal Moetwa, Fraksi Partai Golkar, Syahrial, Fraksi PKS, Syafrudin Tasman, Fraksi Partai Demokrat, Donna, Fraksi Partai Bintang Nasdem, Rasman, Frak­si PAN, Jasmadi, Fraksi PDI Perjuangan, Afriman, dan Fraksi Partai Hanura di­sam­paikan melalui Ketua DPRD. (h/emz)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]