MINTA KEPASTIAN KEIKUTSERTAAN PORPROV

Puluhan Pengcab Datangi DPRD


Kamis, 27 Oktober 2016 - 01:04:24 WIB
Puluhan Pengcab Datangi DPRD PULUHAN Pengurus Cabang Olahraga di Kabupaten Solok menyampaikan Aspirasi kepada Anggota DPRD di ruang rapat Komisi A DPRD setempat, terkait keikutsertaan Kabupaten Solok pada Porprov mendatang, Rabu (26/10). (WANDI MALIN)

Arosuka, Haluan — Keti­dakpastian keikut ser­taan Kabupaten Solok pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar pada 19 No­vember mendatang, mem­buat para Pengurus Cabang (Pengcab) olahraga di dae­rah penghasil beras itu ge­rah. Puncaknya pada, Rabu (26/10), pu­luhan pengurus cabor di daerah itu men­datangi DPRD setempat un­tuk meminta kepastian.

Para pengurus cabor yang sebelumnya berdiri di depan ruang sidang utama gedung DPRD itu untuk me­nyam­paikan aspirasi kepada ang­gota dewan yang kebe­tulan akan menggelar rapat internal, kemudian difasilitasi untuk diakomodir di ruang rapat komisi A DPRD setempat. Kehadiran para pengurus Cabor itu disambut  oleh Ketua DPRD Hardinalis Ko­bal, Wakil Ketua Yondri Sa­min, ketua Fraksi Bintang Nurani Firmansyah Jufri Ujud, Ketua FPDIP Hendri Dunant dan anggota FPAN Aurizal.

“ Kalau penyelesaian kis­ruh KONI masih tak juga ada kepastian, yang diru­gikan itu tak hanya para atlet yang gagal bertanding, tapi juga nama besar Kabupaten Solok di kancah olahraga Sumbar. Makanya kami bu­tuh ke­pastian, ikut atau tidaknya Kabupaten Solok pada Por­prov mendatang,” kata Pe­ngurus PSSI Kabu­paten Solok Jhon Afnel Hendri.

Menurutnya, persoalan yang melanda induk or­ganisasi olahraga di daerah itu, semestinya tak mesti merebak sampai sejauh ini. Karena, secara aturan or­ganisasi, semuanya sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di organisasi KONI. “ KONI adalah organisasi, hirarkinya jelas, kami sebagai pe­me­gang hak suara pada Mu­sorkablub saja tidak pernah mempermasalahkannya, ka­re­na semua prosedur sudah dilalui,” ujarnya.

Sementara terkait per­soalan sengketa ke­pe­ngu­rusan kata dia,  kenapa tidak memakai jalur yang ada saja seperti BAORI, KONI Sum­bar dan KONI Pusat. “ Ja­di jangan digelindingkan ke sana ke mari, silahkan pakai jalur yang ada,” kata Jhon Afnel.

Penyampaian aspirasi  sebelumya sempat meninggi lantaran adanya perbedaan persepsi terkait legalitas kepengurusan dan pe­nye­lenggaraan Musorkablub yang digelar pada 30 Juni lalu, kemudian mencair, setelah Ketua DPRD Har­dinalis memastikan keikut sertaan Kabupaten Solok pada Porprov yang hanya tinggal hitungan hari itu.

“ Ini sebenarnya bukan ra­nah dewan untuk mem­bahasnya. Karena ekse­ku­tor­nya adalah bupati. Na­mun kalau soal keikut­ser­taan di Porprov itu adalah har­ga mati, kita akan sam­paikan ini kepada bupati,” kata Hardinalis.

Sementara terkait pen­cairan dana KONI yang sebe­lum­nya menjadi persoalan men­dasar dalam kelang­sungan nasib olahraga di daerah itu, kata Hardinalis, pada prinsipnya DPRD setu­ju untuk segera dicairkan me­ngingat waktu yang sa­ngat dekat. “Selagi mengacu kepada aturan yang berlaku tentang penggunaan dana APBD Kabupaten Solok, pada prinsipnya kita setuju,” tegas Hardinalis.

Sementara itu, Wakil Ke­tua DPRD Yondri Sa­min, SH, MH menegaskan terkait pe­nye­lesaian sengketa ke­pe­ngurusan yang selama ini telah merebak jauh, pihak­nya menyarankan kepada kepala daerah untuk me­nyikapinya dengan bijak, dengan mengacu kepada aturan organisasi KONI. “Jangan sampai DPRD ter­kesan mengintervensi ma­salah keorganisasian KONI. DPRD cuma menyarankan, untuk penyelesaian kasus KONI ini agar dikembalikan sesuai aturan yang berlaku di organisasi KONI,” beber Politisi PPP ini.

Terkait itu, Bupati Solok Gusmal sebelumya juga telah menegaskan keikutsertaan Kabupaten Solok pada iven dua tahunan itu. Namun ka­rena adanya surat dari DPRD yang meminta Pemda untuk menunda pencairan dana se­belum persoalan KONI selesai, membuat pem­kab selaku KPA dalam pe­lak­sanaan APBD, menjadi ga­mang dan me­nu­n­da pe­n­cairan dana sembari me­nunggu adanya kepastian keabsahan kepengurusan. “ Kita pasti ikut Porprov. Kita ingin pe­nye­lesaian per­soalan ini juga bisa ditun­taskan,” tegas bupati dalam ke­sem­patan terpisah. (h/ndi)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 14:45:04 WIB

    Puluhan Pebalap Meriahkan Bupati Pessel Road Race 2020

    Puluhan Pebalap Meriahkan Bupati Pessel Road Race 2020 PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Puluhan pebalap berasal dari daerah maupun luar daerah Pesisir Selatan mengikuti "Bupati Pesisir Selatan Road Race 2020" yang digelar di sirkuit non permanen, Jalan Haji Agus Salim, Painan, Minggu .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM