DRAF REVISI RUU PEMILU

Calon Terpilih Berdasarkan Nomor Urut


Kamis, 27 Oktober 2016 - 01:05:51 WIB

JAKARTA, HALUAN — Pemerintah telah menyerahkan draf Revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD, atau UU Pemilu ke DPR. Dalam draf rancangan tersebut, berisi tentang sistem pemilu yang dilakukan dengan proporsional terbuka terbatas.

Sistem pemilu terbuka terbatas tersebut nama calon tetap ada di surat suara, namun pemilih tidak boleh memilih calon langsung. Pemilih hanya boleh memilih nomor partai atau gambar partai, dan penentuan calon terpilih berdasarkan nomor urut yang diajukan partai.

Ketua DPP PDI Perjuangan Andreas Hugo Perreira mengatakan, partainya menyetujui usulan tersebut. Sebab, kata dia, dalam Pileg seharusnya yang bertarung memang antar partai politik bukan antar individu.  “Kontestasi ya antar partai dong. Karena apa? Peserta pemilu kan partai politik kalau di UUD, bukan individu,” kata Andreas di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/10). 

Andreas meyakini lewat sistem tersebut dapat menghasilkan anggota legislatif yang berkualitas. Dia mengklaim sistem ini akan mampu menguatkan fungsi partai untuk kaderisasi. ”Penguatan kelem­bagaan partai, dan itu memperkuat representasi anggota yang terpilih nanti,” klaimnya. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraeni mengaku sudah menerima dan membaca draf RUU Pemilu yang diserahkan pemerintah kepada DPR. Salah satu pasal yang krusial yakni tentang sistem proporsional terbuka terbatas itu.

Titi menjelaskan, definisi sistem pemilu terbuka terbatas yakni nama calon ada di surat suara, tapi pemilih tidak boleh memilih calon langsung. Menurut dia, pemilih hanya boleh memilih nomor partai atau gambar partai, dan penentuan calon terpilih berdasarkan nomor urut yang diajukan partai. “Jadi sebenarnya sistem ini adalah sistem Proportional party list atau partai proporsional dengan daftar partai (sistem pemilu proporsional tertutup),” jelas Titi kepada merdeka.com, Senin (24/10).

Titi menjelaskan lebih dalam, sistem terbuka terbatas tersebut sekedar mengiming-imingi pemilih dengan nama calon yang diletakkan di surat suara namun pemilih sama sekali tidak punya pilihan untuk memilih si calon.

“Sangat tidak efisien, terkesan sekedar menyenangkan pemilih dan potensial menimbulkan kekisruhan baru berupa meningkatnya suara tidak sah (invalid votes) akibat salah coblos karena pemilih sudah terbiasa memilih calon,” terang dia.

“Sementara dalam RUU Penyelenggaraan Pemilu ini kalau memilih calon tidak dibolehkan dan suara menjadi tidak sah,” kata dia. (h/mdk)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 15:44:34 WIB

    Bakal Calon Bupati Pasbar Ini Silaturahim dengan AJO

    Bakal Calon Bupati Pasbar Ini Silaturahim dengan AJO PASBAR HARIANHALUAN.COM - Sebagai kandidat kuat untuk maju menjadi calon Bupati Pasaman Barat (Pasbar) periode 2020-2024, H Maryanto Daulay SH MM, putra Kasiak Putiah, Kecamatan Sungai Aua, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) me.
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 16:10:04 WIB

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima

    KPU Padang Pariaman Sebut Dokumen Salah Satu Calon Perorangan Diterima PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Setelah dilakukan pemeriksaan dokumen dukungan calon perseorangan pada pemilihan Bupati Padang Pariaman, Ramal Saleh dan Rustam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Pariaman menyatakan dukung.
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 17:45:48 WIB

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test 

    Pilwana Pasaman, Lebih dari Lima Calon Wajib Ikuti Fit and Proper Test  PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 130 calon walinagari (Cawanag) jalani seleksi fit and propert tes di Kampus STAI YDI Lubuksikaping, Selasa (25/2). Mereka berasal dari 16 nagari dari total 24 nagari yang bakal menggelar .
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 23:29:57 WIB

    Capres 2024 Versi Survei:  Prabowo, Anies, Sandiaga Calon Kuat

    Capres 2024 Versi Survei:  Prabowo, Anies, Sandiaga Calon Kuat JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemilu presiden 2024 masih lama, meski demikian sejumlah lembaga survei mulai menghitung elektabilitas tokoh-tokoh yang berpotensi maju dalam kontestasi tersebut. Lembaga survei Indo Barometer mempred.
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 20:42:49 WIB

    Delapan Calon Masuk Daftar PDI Perjuangan, Alex Lukman: Semuanya Mungkin!

    Delapan Calon Masuk Daftar PDI Perjuangan, Alex Lukman: Semuanya Mungkin! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar, Alex Indra Lukman menyebut pihaknya saat ini tengah menggodok delapan nama calon Gubernur Sumbar yang rencananya diusung di Pilgub Sumbar 2020. Dia mengatakan, semu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM