SKPD se Agam Bersihkan KJA Danau Maninjau


Kamis, 27 Oktober 2016 - 01:09:26 WIB
SKPD se Agam Bersihkan KJA  Danau Maninjau GOTONG royong SKPD Agam membersihkan Danau Maninjau. (KASRA SCORPI)

Agam,Haluan — Gera­kan Penyelematan Danau Maninjau juga dilakukan di dadaratan dengan membuka dan meningkatkan usaha ekonomi masyarakat sekitar danau sehingga mereka ti­dak lagi terfokus kepada usaha Keramba Jala Apu­ng(KJA) yang sangat ber­potensi menimbulkan pen­ce­maran terhadap danau.

“Untuk itu semua SKPD dilibatkan dengan peran dan program masing-masing da­lam menyelamatkan Danau Maninjau dari pencemaran, baik pencemaran limbah rumah tangga dan Keramba Jaring Apung” kata Kepala Badan Perencanaan Pem­bangunan Daerah (Bappeda) Agam Erniwati saat rapat “Gerakan Save Danau Ma­nin­jau” di Tanjung Raya, Jumat.

Sebagai langkah konkrit, aparat SKPD akan turut serta bergotong royong mem­ber­sih­kan limbah rumah tang­ga, enceng gondok, penge­rukan lumpur hasil sisa pakan ikan, sosialisasi dan penguatan regulasi.

Kegiatan di darat, Dinas Kehutanan dan Perkebunan menyediakan pohon untuk ditanam pada sekitar danau, pelatihan penguatan kelem­bagaan kelompok tani dan pengadaan alat atau mesin pengolah hasil perkebunan.

Dinas Pendidikan Pe­mu­da dan Olahraga melakukan sosialisasi aturan berkaitan dengan program pen­ye­lama­tan Danau Maninjau lalu menyosialisasi pengurangan keramba jaring apung untuk dapat mengurangi jumlah keramba.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan pe­ngem­bangan kesenian dan kebudayaan lainnya untuk menarik arus kunjungan wisatawan.

Dinas Pertanian Ta­na­man Pangan Hortikultura dan Peternakan melakukan pro­gram pengembangan tek­­nologi, pengembangan pe­nang­karan padi dan lainnya.

Gerakan Save Danau Ma­ninjau dengan keroyokan seluruh SKPD berlangsung sejak 2016 sampai 2021 mendatang. “Dengan gera­kan melibatkan seluruh SK­PD ini diharapkan akan mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap usaha keramba di dalam danau” kata Erniwati.

Sebagai langkah awal dilakukan pendataan jum­lah KJA sehingga diperoleh angka yang pasti, juga telah dilakukan gotong royong membersihkan Danau Ma­ninjau dari sisa pakan ikan, bambu bekas keramba jaring apung dan pembasmian en­ceng gondok.

Sementara itu camat Ta­n­­jung Raya, Hendra, menga­takan seluruh nagari men­yatakan mendukung ge­ra­kan pemerintah Agam Save Danau Maninjau ini.(h/ks)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:12:16 WIB

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas

    Belanja SKPD Payakumbuh Dipangkas PAYAKUMBUH, HALUAN — Walikota Payakumbuh, Riza Falepi menyampaikan pengantar nota keuangan perubahan APBD Payakumbuh 2016, dalam sidang Paripurna DPRD setempat, Jumat kemarin..
  • Kamis, 08 September 2016 - 21:50:23 WIB

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar.

    Wah, Gubernur akan Evaluasi 8 Kepala SKPD di Sumbar. PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan berjanji akan mengevaluasi 8 Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Evaluasi terkait penilaian Komisi Informasi (KI) Sumbar yang menyebut, ada delapa.
  • Ahad, 04 September 2016 - 18:21:51 WIB

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD

    Gubernur Harus Jewer 8 SKPD Secara keseluruhan, ada 48 SKPD yang serahkan kuisioner. Ada 40 SKPD yang mengembalikan. Delapan SKPD yang tidak mengembalikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pertanian, Dinas ESDM, Sat Pol .
  • Senin, 29 Agustus 2016 - 11:24:53 WIB

    Sejumlah SKPD di Pasaman Bakal Dirombak

    PASAMAN, HALUAN — Sejumlah SKPD di lingkup Pemkab Pasaman akan mengalami perombaka,n me­nyusul terbitnya Peraturan Pe­me­rintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah atau SOTK. PP tersebut langsung d­ires­p.
  • Jumat, 26 Agustus 2016 - 21:26:10 WIB

    5 Putra Pessel 'Duduk' Sebagai Kepala SKPD di Provinsi Sumbar

    5 Putra Pessel 'Duduk' Sebagai Kepala SKPD di Provinsi Sumbar PADANG, HALUAN--Pesisir Selatan boleh berbangga, kali ini setelah putra daerah menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar yakni Nasrul Abit, kini lima orang putra Pessel dilantik sebagai pejabat eselon ll kepala Satuan Kerja Pera.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]