KPU Sawahlunto Usulkan Anggaran Rp14.8 Miliar


Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:17:49 WIB
KPU Sawahlunto Usulkan Anggaran Rp14.8 Miliar KPU Kota Sawahlunto gelar temu wartawan sampaikan informasi terkait persiapan menuju Pilkada 2018, Rabu(26/10). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HA­LUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto me­ngu­sulkan anggaran biaya Pemilihan Umum Kepala Dae­rah Walikota dan Wakil Wa­likota Sawahlunto 2018 se­besar Rp14,8 miliar. Usulan tersebut telah disampaikan kepada pemerintah kota Sa­wahlunto untuk dilakukan pengkajian lebih lanjut.

Hal itu diungkapkan Ke­tua KPU Kota Sawahlunto Afdal di Kantor KPU setem­pat, Rabu(26/10). Dise­but­kan Afdal, anggaran yang diusulkan tersebut jauh lebih besar dari biaya pe­nye­leng­garaan Pilkada Sawahlunto 2013 lalu dikarenakan ada­nya beberapa penambahan jumlah honorarium, seperti biaya sosialisasi yang Pilkada lalu hanya Rp346 juta kini diusulkan Rp1,6 miliar. Un­tuk panitia Adhock Pemilu lalu Rp1,5 miliar sekarang diusulkan sebesar Rp3,1 miliar, jika Pilkada 2013 kampanye KPU hanya mo­nitoring pilkada 2018 KPU akan menyediakan alat pe­raga kampanye dengan usu­lan anggaran Rp2,15 miliar. “Belum lagi kenaikan honor untuk KPPS jika sebelumnya Rp300 ribu kini Rp450 ribu, PPK Pilkada lalu Rp1 juta, kini naik Rp1,6 juta, petugas TPS Rp500 ribu kini naik Rp650 ribu, termasuk adanya penambahan jumlah TPS dari 117 kini menjadi 126 buah TPS, “ katanya

Selain terkait anggaran, kepada segenap wartawan yang hadir juga dijelaskan, KPU kota Sawahlunto akan melakukan pemusnahan surat suara sebanyak 3.887 ki­logram yang terdiri dari surat suara eks pilkada 2013, pileg 2014 dan surat suara eks pilpres 2015 dan juga 12 unit barang milik negara sperti laptop, kursi dan lainnya. Dikatakan, sengaja KPU Kota Sawahlunto me­nga­dakan jumpa wartawan seper­ti sekarang ini, sebagai ke­wajiban salah satu badan publik untuk menyediakan, memnerikan dan me­ner­bi­t­kan informasi publik dibawah kewenangannya, seperti yang tercantum pada pasal 7 ayat (1) Kwputusan KPU Nomor 1 tahun 2015 tentang pe­ngelolaan dan pelayanan informasi publik di ling­kungan KPU.

“Bersama re­kan pers ten­tu program dan angaran untuk Pilkada men­datang, PPID dan lelang surat suara eks pemilu dan BMN oleh KPU Kota Sawahlunto bisa tersampaikan dengan baik kehadapan publik, se­hingga publik tahu dan bisa bersama sama mensukseskan pe­ny­e­lenggaraan Pilkada tersebut bisa berjalan baik dan sukses, “ sebutnya.

Dikesempatan itu juga disampaikan, ditubuh KPU Kota Sawahlunto bertambah satu divisi lagi yakni Selain ketua Afdal juga menjabat divisi ESDM dan Partisipasi masyarakat, Akhasmita divisi hukum, Zawil Husaini divisi tekhnis, Indra Yosef Datmi divisi perencanaam dan data, dan Desi Fardila menjabat divisi logistik dan keuangan. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]