Bahas Ganti Rugi Lahan Maransi, Pemilik Dikumpulkan 2 November


Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:19:37 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Pengelolaan Sum­ber Daya Air (PSDA) Sumbar meminta Pemko Padang segera membebaskan lahan Batang Ma­ransi agar pengerjaan normalisasi Batang Maransi bisa dilanjutkan.

Kepala PSDA Sumbar, Rif­da Suriani mengatakan, pihak PSDA Sumbar tidak bisa be­kerja untuk kelanjutan nor­malisasi Batang Maransi karena lahan yang masih belum bebas sehingga PSDA Sumbar pun tidak berani merancang prog­ram untuk kelanjutan proyek tersebut.

Sebenarnya untuk anggaran normalisasi ini telah disiapkan pihak PSDA Sumbar senilai Rp1,3 miliar. Namun, karena lahan masih juga belum bebas anggaran yang ada terpaksa dialihkan kepada kegiatan yang lain.

“Kalau kita program tapi tidak bisa bekerja kan mubazir. Makanya kita alihkan ke kegia­tan lain saja ,”ujarnya kepada Haluan Rabu (26/10) di Pa­dang.

Sementara itu Kabag Perta­nahan Kota Padang, Imral Fauzi mengatakan persoalan lam­batnya pembebasan lahan ini terkendala karena adanya klaim dari kaum Maboet di beberapa titik yang akan dibebaskan.

Jadi, Badan Pertanahan Nasional Wilayah Padang yang menjadi ketua dalam pem­bebasan lahan tersebut tidak bisa melakukan negosiasi kepa­da masyarakat dan menundanya sampai status tanah menjadi jelas. 

“Lambatnya tanah ini dibe­baskan karena kemarin ada klaim dari Kaum Maboet bahwa di titik yang akan dibebaskan itu masuk dalam areal sengketa. Namun, sekarang klaim itu sudah selesai setelah ada surat dari Kejaksaan yang mene­rangkan bahwa tanah tersebut tidak masuk dalam area seng­keta tanah antara Kaum Maboet dengan Masyarakat Koto Ta­ngah,” kata Imral saat dihubungi Haluan, Rabu (26/10). 

Ditambahkannya, saat ini tanah sedang dalam proses pembebasan dan tanggal 2 November 2016 mendatang, seluruh masyarakat yang punya tanah akan dikumpulkan di kantor Balai Kota, Aie Pacah untuk membahas nominal ang­ka untuk membebaskan tanah tersebut. 

“Sekarang kami sedang menyebar undangan pertemuan tanggal 2 November mendatang ke seluruh warga yang punya tanah. Nanti di sana akan kami bahas berapa nominal angka untuk tanah mereka. Soal ang­garan, itu sudah kami siapkan dari Pemko Padang,” tam­bah­nya. 

Setelah pembebasan nanti­nya, tanah akan diserahkan kepada Pemerintah Provinsi untuk dilakukan Normalisasi Sungai karena dana untuk Nor­malisasi di Pemerintah Provinsi. (h/isr/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Juni 2020 - 21:25:51 WIB

    Soal Pembuat Aplikasi Injil Berbahasa Minang, Begini Tanggapan MUI Padang

    Soal Pembuat Aplikasi Injil Berbahasa Minang, Begini Tanggapan MUI Padang HARIANHALUAN.COM — Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang Buya Duski Samad mengatakan pihak yang membuat kitab suci umat Nasrani, Injil dengan menggunakan bahasa Minangkabau hanya akan memicu konflik suku agama dan.
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 16:17:22 WIB

    Forum Kewaspadaan Dini Kota Padang Gelar Rapat, Ini yang Dibahas

    Forum Kewaspadaan Dini Kota Padang Gelar Rapat, Ini yang Dibahas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Forum Kewaspadaan Dini Kota Padang menggelar rapat koordinasi membahas isu dan permasalahan terkini di Kota Padang di Ruangan Staf Ahli Setdako Padang, Kamis (19/3/2020)..
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 16:05:54 WIB

    45 Anggota DPRD Padang Kunker ke Jawa, Bahas RPJMD 2020?

    45 Anggota DPRD Padang Kunker ke Jawa, Bahas RPJMD 2020? PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 45 orang anggota DPRD Kota Padang kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke beberapa kota di Indonesia sejak Senin (7/10) kemarin..
  • Selasa, 03 Juli 2018 - 18:08:38 WIB

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini, PT MATA Segera Temui Pemko Padang

    Nasib Parkir Meter Dibahas Pekan Ini,  PT MATA Segera Temui Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Dalam pekan ini PT. Mas Arya Tunggal Abadi (MATA) selaku investor dan pengelola parkir meter di Kota Padang akan menemui Pemko Padang untuk memberi kejelasan terkait kelanjutan investasinya. Saat in.
  • Jumat, 20 April 2018 - 12:02:05 WIB
    ASIA FOUNDATION GANDENG FIB UBH

    Bahasa Minang Segera Mendunia

    Bahasa Minang Segera Mendunia PADANG, HARIANHALUAN.COM—Asia Foundation menggandeng Jurusan Sastra Inggris Universitas Bung Hatta (UBH) menyelenggarakan workshop menterjemah bertajuk Getting Into Childern’s Worlds and Words..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]