Mobil Sampah Siaga di 4 Titik Rawan


Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:20:38 WIB
Mobil Sampah Siaga di 4 Titik Rawan DKP Padang rubah pola pengangkutan sampah di empat titik rawan di Kota Padang, salah satunya di Ujung Tanah Lubeg, Selasa (25/10). (WINDA)

PADANG, HALUAN — Memberikan kesadaran ter­hadap masyarakat Kota Pa­dang akan pentingnya keber­sihan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) ubah pola pengangkutan sampah pada empat titik rawan di Kota Padang.

Diantaranya di Siteba, Ujung Tanah, Belimbing dan Muaro dengan menyediakan mobil pengangkut sampah sampai terisi penuh yang dijaga oleh petugas DKP.

Kepala Dinas DKP Al Amin melalui Kabid Keber­sihan Deni Harzandy pada Haluan, Selasa (25/10) me­ngatakan perubahan pola baru dilakukan terhadap titik terawan karena hasil pene­litian banyak masyarakat membuang sampah tidak langsung ke kontainer yang telah disediakan.

“Perubahan pola sudah dilakukan sejak dua minggu belakangan dengan me­nye­diakan langsung mobil sam­pah. Kemudian petugas juga berjaga di lokasi dengan tujuan jika ada masyarakat yang masih membuang sem­barangan bisa langsung dite­gur,” terangnya.

Dikatakan Deni, mobil sampah akan berada mulai dari pagi hingga mobil pe­nuh. Jika setengah hari sudah penuh maka mobil akan membawa sampah dan masyarakat bisa membuang ke kontainer yang sudah tersedia.

“Pola ini sementara ber­hasil karena masyarakat bisa langsung ditegur karena kendala terbesar selama ini kurangnya kesadaran masya­rakat untuk membuang sam­pah langsung pada tem­patnya,” tambahnya.

Dalam rencananya, pola tersebut akan dilakukan untuk banyak titik terutama di titik yang dicurigai banyak masyarakat kurang sadar dan malas membuang ke kon­tainer.

“Selain itu kita juga bu­tuh penambahan mobil dan anggota jika nanti ada pe­nambahan titik. Sementara kita manfaatkan dulu fasi­litas yang ada,” pungkasnya. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]