Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati


Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:42:47 WIB
Plt Bupati Mentawai: Netralitas PNS Harga Mati Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal disalami Gubernur Sumbar Irwan Prtayitno usai dilantik sebagai Plt Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (26/10).

PADANG, HALUAN — Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal resmi menduduki jabatan Plt Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai. Ke depan, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas, khususnya dalam pelak­sa­naan Pilkada di Mentawai yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang.

Pengukuhan Syafrizal oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dilakukan di Au­diotorium Gubernuran, Rabu (26/10). Peresmian Pelak­sana Tugas (Plt) Kepala Daerah  Walikota Payakumbuh dan Bu­pati Kabupaten Kepulauan Men­tawai sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Repu­blik Indonesia Nomor 131.13-9979 tahun 2016 dan 131.13-9982 tahun 2016 tentang pe­nunjukan pelaksana tugas Wali­kota Payakumbuh dan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Usai pelantikan ia mengata­kan, sebagai Plt untuk Mentawai ke depan ia berkomitmen pe­nyelenggaraan pemerintah berja­lan seperti sebelum adanya Plt, menjaga ketertiban, dan menjaga netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagaimana memfa­silitasi KPU, Bawaslu serta pe­ngisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Dalam melaksanakan tugas­nya, sebagai Kepala BPM Sumbar dan Plt Mentawai, ia meminta dukungan dari banyak pihak agar yang direncanakan berjalan sesuai dengan harapan. “Dengan me­ngemban dua tugas ini saya sangat berharap kerjasama dan tim kerja yang maksimal dalam melak­sanakan tugas, baik itu SKPD, masyarakat, media dan semua elemen. Karena tanpa dukungan semua pihak, pelaksanaan tugas tidak akan berjalan dengan mak­simal termasuk juga pelaksanaan Pilkada yang akan digelar 2017 mendatang,” ujarnya.

Ia juga berharap, agar semua pihak terkait dapat bersinergi dalam melaksanakan tugas agar berjalan dengan baik. Selain itu, ia juga meminta pada media untuk tetap melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengannya, agar pelaksanaan Pilkada Men­tawai berjalan lancar sesuai de­ngan yang diharapkan.

Ia juga menyatakan kesiapan­nya untuk berkoordinasi dan ber­komunikasi dengan pihak-pihak terkait, guna kelancaran pelak­sanaan Pilkada mendatang. Ia juga meminta peran serta masya­rakat, untuk proaktif memberikan informasi dan duku­ngan dalam setiap tahapan Pilkada.

Diketahui sebelumnya, Sya­frizal Ucok sudah berpengalaman menjadi kepala daerah seperti Wakil Bupati Pesisir Selatan definitif pada periode 2005-2010 dan Pj Bupati Dharmasraya 2015. Meskipun berpengalaman menjadi kepala daerah, menu­rutnya tetap ada perbedaan ma­sing-masing daerah misalnya saja saat menjabat di Dharmasraya berada di lintas Sumatera yang frekuensinya sangat tinggi dan penduduknya sangat heterogen serta stalansi politiknya sangat tinggi. “Di Mentawai walaupun jauh dari provinsi, juga tidak bisa diabaikan karena nanti tenang-tenang menghanyutkan. Kita akan tetap waspada, terutama SKPD akan terus menjaga netra­litas karena semuanya yang maju adalah putra Mentawai,” ujarnya.

Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno mengatakan, tidak hanya untuk menjalankan roda peme­rintahan namun Plt yang ditunjuk untuk memimpin daerah yang mengikuti Pilkada tersebut, mesti juga menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pilkada serentak baik di Kota Paya­kum­buh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. “Plt harus dapat men­jaga netralitas Pilkada 2017.

Selain itu, Plt nantinya juga berhak untuk menandatangani Perda tentang APBD dan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri, serta melakukan pengisian dan pengantian pejabat berdasarkan Perda perangkat daerah juga mesti mendapat persetujuan tertulis dari Menteri. (adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:43:41 WIB

    Gubernur Lantik Dua Plt Kepala Daerah

    Gubernur Lantik Dua  Plt Kepala Daerah PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai dan Kepala Dinas Pemuda .
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 01:33:32 WIB

    Plt Boleh Tandatangani APBD 2017

    PADANG, HALUAN — Setelah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemprov Sumbar kini tinggal menunggu, siapa nama yang ditetapkan untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di Kota Payakumbuh dan Kepulauan Mentawai, yan.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:47:16 WIB
    PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI GELAR PILKADA

    Plt Kepala Daerah Diusulkan ke Mendagri

    PADANG, HALUAN — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengusulkan beberapa nama bakal calon yang akan mengisi jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt), untuk dua daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak 2017 kepada Kementerian Da.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 07:11:55 WIB

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP

    Eddy Asri Jabat Plt Kasat Pol PP PADANG, HALUAN - Berdasarkan SK Wali Kota Padang Nomor : 824.385/SK- BKD/2016, yang ditetapkan di Padang tertanggal 18 Juli 2016, Edy Asri, SH dengan Pangkat Pembina Tk.I (lV b) ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala.
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 03:32:35 WIB

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH

    Mahasiswa UBH Ciptakan Alat Kontrol PLTMH PADANG, HALUAN—Ma­hasiswa Teknik Elektro Fa­kultas Teknologi Industri Universitas Bung Hatta me­lakukan terobosan baru me­rancang Governor sebagai alat pengontrol pada Pem­bangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM