Gubernur Lantik Dua Plt Kepala Daerah


Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:43:41 WIB
Gubernur Lantik Dua  Plt Kepala Daerah GUBERNUR Sumatra Barat Irwan Prayitno mengukuhkan melantik dua pejabat sebagai Plt Walikota Payakumbuh dan Bupati Mentawai, Rabu (26/10).

PADANG, HALUAN — Gu­bernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Ke­pala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sumbar Syafrizal sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabu­paten Kepulauan Mentawai dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Priadi Syukur sebagai Walikota Payakumbuh, Rabu (26/10) di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Pengukuhan tersebut sesuai dengan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.13-9979 tahun 2016 dan 131.13-9982 tahun 2016 tentang penunjukan pelaksana tugas Walikota Paya­kumbuh dan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno usai acara mengatakan, penunjukan Plt merupakan ama­nah konstitusi undang-undang yang diberikan, dikarena kepala daerah saat ini akan maju mengi­kuti pilkada 2017 dan menja­lankan cuti untuk melaksanakan kampanye, sehingga untuk me­ngisi kekosongan itu maka di­tunjuklah Pelaksana Tugas (Plt) supaya roda pemerintahan tetap berjalan dengan semestinya.

“Di Sumbar akan ada dua pilkada yakni di Kota Paya­kum­buh dan Kabupaten Kepulauan Mentawai  yang juga bakal diikuti kepala daerah saat ini untuk kembali maju, sehingga mereka harus menjalankan cuti karena mesti mejalani kampanye Pilkada serentak tahun 2017 dari 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, maka ditunjuklah Plt dari Mendagri untuk mengisi ke­kosongan pimpinan kepala daerah,” ujar Irwan.

Plt yang dikukuhkan tidak hanya untuk menjalankan roda pemerintahan. Plt yang ditunjuk untuk memimpin daerah yang mengikuti pilkada tersebut, mesti juga menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pilkada serentak baik di Kota Paya­kum­buh dan Kabupaten Kepulauan Men­tawai. “Plt harus dapat men­jaga netralitas pilkada 2017. Pilkada ini sama dengan tahun 2015 lalu, yang membedakan hanya daerah pe­ngikut yang saat ini hanya dua daerah di Sumbar, sedangkan tahun 2015 ada 13 daerah. “Walau­pun hanya dua daerah kita mesti tetap mensuk­seskan pilkada serentak 2017 ini,” ulasnya.

Selain itu, Plt nantinya juga berhak untuk menandatangani Perda tentang APBD dan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri, serta melakukan pengisian dan pengantian pejabat berdasarkan Perda perangkat daerah juga mesti mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

Plt juga mesti menjaga keten­traman dan ketertiban masyarakat. “Karena masa pilkada merupakan hal yang sangat rawan, jadi Plt mesti menjaga kondisi tetap aman dengan tetap berkoodinasi de­ngan pihak terkait,” imbaunya.

Irwan juga menambahkan, kepada Plt mesti bekerja dengan penuh tanggung jawab meskipun harus merangkap dua jabatan sekaligus. “Dua pekerjaan mesti dilakukan, baik di Provinsi dan Daerah, tapi itu merupakan ama­nat sebagai abdi negara dalam melayani masyarakat dan harus dikerjakan dengan penuh tang­gung jawab dan mesti dilaporkan kepada gubernur,” ujarnya. (adv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM