DILIRIK INVESTOR

PLTA Batang Kundur Segera Dibangun


Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:41:12 WIB
PLTA Batang Kundur Segera Dibangun Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat berbincang dengan perwakilan Korea Energy dan lokal patner PT Pasaman Indo Power. (YUDI)

PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyambut baik rencana investasi sejumlah investor dibidang ketenagalistrikan di daerah itu. 

Seperti rencana, peru­sahaan asal negeri gingseng, Korea Energy untuk berin­vestasi dibidang pem­bangu­nan Pembangkit Listrik Tena­ga Air (PLTA) di Batang Kundur-Sinuangon, Nagari Cubadak, Kecamatan Duo­koto. 

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, tidak akan mempersulit rencana sejum­lah investor untuk mena­namkan modalnya di daerah itu. Pihaknya, kata dia, akan mempermudah segala bentuk pengurusan perizinan yang dibutuhkan.

“Pasti akan kita bantu, kita permudah. Apalagi, lis­trik memang menjadi prob­lema kita di daerah ini. Pa­sokan listrik dari dua GI di Simpangampek, Pasbar dan Bukittinggi, masih sangat kurang memadai sehingga kerap terjadi pemadaman,” kata Yusuf Lubis, kemarin. 

Ia mengatakan, akan men­dukung sepenuhnya ren­cana setiap investor untuk berinvestasi membangun daerah itu, dengan catatan taat aturan dan prosedur sebagaimana diatur dalam perundang-undangan ber­laku. 

“Masalah tata ruang ha­rus diperhatikan, jangan sampai menyalahi aturan. Sebab, lokasi pembangunan PLTA  itu merupakan bagian dari hutan lindung. Tentu ada proses dan tahapan yang harus dilalui,” kata Yusuf Lubis. 

Dikatakan, jika program itu benar terwujud, maka sudah dapat dipastikan Pasa­man akan surplus energy listrik. Sehingga tidak akan ada pemadaman listrik di daerah itu. Pihaknya, kata dia, akan berusaha semaksimal mungkin untuk menyukses­kan program tersebut. 

“Meski baru penjajakan, niatan investor dari Korea ini akan terus kita dorong agar rencana pembangunan PLTA ini secepatnya terealisasi,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, sejumlah investor juga berniat mena­namkan modalnya dibidang pembangunan kete­naga­listri­kan di kabupaten itu. Seperti, pembangunan PLTMH skala besar di Sungai Pandahan, Nagari Sundatar, Kecamatan Lubuksikaping oleh PT Na­wakara. 

Selanjutnya, rencana pem­bangunan PLTA Batang Masang, di Kecamatan Bon­jol. Selain itu, dari informasi yang diperoleh dari pihak PT PLN Rayon Lubuksikaping, dalam waktu dekat juga akan dibangun Gardu Induk (GI) di Ampanggadang, Kecama­tan Panti dan Bonjol.

Sementara, lokal patner Korea Energy, PT Pasaman Indo Power, melalui direk­turnya Safiuddin mengata­kan, sudah melakukan studi kelayakan terhadap potensi listrik di daerah itu bersama tim dari Korea.  

“Sudah dilakukan studi kelayakan pada Agustus ke­marin. Insyaallah pada No­vember ini akan diketahui berapa besarannya, berapa Megawatt,” kata Safiuddin, kepada Haluan, kemarin. 

Dikatakan, pihaknya akan mengajukan izin lokasi kepada pemerintah daerah setempat untuk menerbitkan peruntukan dilokasi ter­sebut. 

“Tidak ada kendala. Kita hanya meminta konvensasi pembebasan lahan kepada pemerintah daerah. Hutan lindung itu disarankan oleh negara, dan boleh untuk digarap untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Juli 2017 - 20:34:54 WIB

    Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan

    Tiga Unit PLTA Bakal Dibangun di Solok Selatan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Tiga unit Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) bakal dibangun di Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel) dan ditargetkan masuk tahap konstruksi pada 2018. Tahap produksi pada 2020 dengan da.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM