PILKADA PAYAKUMBUH DAN MENTAWAI

15.415 Suara Terancam Melayang


Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:43:47 WIB

PADANG, HALUAN — Sebanyak 15.415 warga Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Payakumbuh  terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya, jika tidak memiliki e-KTP atau surat pernyataan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk memilih di Pilkada yang akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017.

Sesuai dengan UU No­mor 10 tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pe­merintah Pengganti Undang-undang N1 tahun 2014 ten­tang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, warga yang tidak memiliki KTP elektronik atau surat ke­terangan telah melakukan perekaman dari Dinas Ke­pen­dudukan dan Capil se­tempat, memang tidak bisa memberikan hak pilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Paya­kumbuh Hetta Manbayu mem­benarkan hal tersebut, bahwa pemilih yang tidak mempunyai e-KTP tetap bisa memilih dengan catatan ada surat ke­terangan sudah melakukan perekaman data di Disdukcapil setempat.

“Kita tentunya harus patuh pada aturan yang berlaku yang sesuai dengan UU. Untuk hal ini kita tidak bisa mem­berikan kelonggaran karena me­nyang­kut data pemilih nantinya. Jika data tidak bersih dan jelas, takutnya akan men­jadi per­soalan dikemudian hari,” ujar­nya sata ditemui di Padang Rabu (26/10).

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Sekre­tariat Provinsi Sumbar Mardi mengatakan data terakhir perekaman data KTP elek­tronik di Mentawai baru 80,39 persen atau 48.429 orang dari 60.241 wajib KTP. Sementara untuk Paya­kum­buh 96 persen atau 86.563 orang dari 90.166 wajib KTP. Total untuk Mentawai dan Payakumbuh ada 15.415 warga yang belum merekam KTP elektronik.

Syarat pemilih sesuai UU Nomor 10 tahun 2016 ter­sebut sangat menguntungkan untuk meningkatkan capaian perekaman KTP elektronik di Sumbar, terutama di daerah yang sedang melaksanakan pemilihan kepala daerah. “Ini terbukti dari capaian pere­kaman di Mentawai yang cukup signifikan dalam dua bulan terakhir menjelang pe­lak­sanaan pemilihan,” ujarnya.

Diketahui, pada Pilkada yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017 mendatang terdapat lima pasang calon yang akan berkompetisi, dua pasang di Kabupaten Men­tawai dan tiga pasang di Kota Payakumbuh.

Dua pasang calon di Men­tawai itu ma­sing-masing Rijel Samaloisa-Binsar Sale­leubaja dan pa­sangan Yudas Sabaggalet-Kortanius Sa­beleake. Se­men­tara di Pa­yakumbuh masing-ma­sing Wen­dra Yunaldi ber­pa­sa­ngan dengan Ennaidi, selan­jutnya Suwandel Much­tar-Fitrial Bachri serta Riza Falepi yang berpasangan dengan Erwin Yunas. (h/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]