PASOKAN CABAI MENIPIS, HARGA MELAMBUNG

Wali Kota Padang Imbau Warga Tanam Cabai


Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:49:05 WIB

PADANG, HALUAN — Harga cabai merah di Pasar Raya Padang sebesar Rp60 ribu per kg. Tingginya harga tersebut karena terputusnya pasokan dari sejumlah daerah yang mendukung pasokan cabai. Saat ini, cabai yang masuk ke Padang hanya berasal dari Jawa.  

Sekretaris Dinas Per­in­dustrian Perdagangan Per­tam­bangan dan Energi Kota Pa­dang, Nasril mengatakan, ke­naikan harga cabai di pa­saran tidak bisa dimungkiri lagi. Hal itu karena persediaan cabai saat ini sangat kurang akibat minimnya pasokan dari daerah yang selalu mendukung ke­tersediaan cabai untuk Kota Padang.

“Saat ini harga cabai se­dang melambung tinggi. Di pasaran sudah mencapai Rp 60 ri­bu. Kami kekurangan perse­diaan cabai karena terputusnya penyaluran dari daerah lain. seperti Kabupaten Agam, Ke­rinci, Solok, Provinsi Sumsel, Lampung dan Sumut. Daerah-daerah inilah yang biasa men­dukung ketersediaan cabai selain dari Jawa untuk Padang. Saat ini yang menyuplai cabai ke Kota Padang hanya dari Jawa,” ujar Nasril di Padang, Rabu (26/10).

Hingga kini, pihaknya be­lum penyebab terputusnya pa­sokan cabai dari daerah. Satu hal yang pasti, di Sumatra Utara terjadi gagal panen aki­bat aktivitas Gunung Sina­bung. Jadi, pemda setempat me­menuhi kebutuhan war­ga­nya terlebih dulu dan tidak me­nyuplai cabai ke daerah lain.

“Belum tahu apa sebabnya. Entah karena gagal panen atau apa. Yang jelas, saat ini kami berusaha mencari daerah lain yang mau membantu keter­sediaan cabai untuk Padang,” tutur Nasril.

Sementara itu Walikota Padang, Mahyeldi An­sharullah menginginkan warga Kota Padang tidak terpaku saja menghadapi masalah per­se­diaan cabai yang kian menipis. Menurutnya, harus ada inisiatif dari warga kota untuk menanam cabai secara mandiri di rumah masing-masing.

“Saya sudah menyuruh pa­ra Aparatur Sipil Negara dan meminta kepada TNI/Polri di lingkungan Kota Padang agar menanam cabai di polibag di rumahnya. Jika ada 100 ribu keluarga yang menanam 10 cabai di polibag, bisa meng­antisipasi kekurangan cabai yang sedang melanda saat ini. Dengan 1 juta polibag cabai sudah bisa mencukupi ke­butuhan warga selama 2 bulan ke depan,” kata Mahyeldi.  

Mahyeldi menilai, naik­nya harga cabai tidak saja terjadi di Kota Padang, tetapi juga di daerah lain dan telah me­nasional. Kecenderungan ke­naikan cabai hampir selalu terjadi setiap tahun pada Okto­ber.

“Kami akan menyurati Pemerintah Provinsi Sumatera Barat agar segera mengambil langkah strategis atas masalah ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kan­­tor Ketahanan Pangan, Syaiful Bahri mengatakan, kenaikan harga cabai me­rupakan fenomena yang tidak dapat terprediksi oleh siapa pun. Semua daerah telah me­nga­lami kondisi tersebut.

“Kebutuhan cabai di Kota Padang dipasok dari Jawa. Apalagi sekarang musim hujan dan diprediksi kondisi ini akan berlangsung sampai Januari 2017. Jadi, program keluarga tanam cabai di polibag itu akan menjadi solusi jitu,” katanya. (h/mg-ang)




Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 April 2019 - 17:42:25 WIB
    PADANG RAIH BEST ALL CRITERIA TOP BUMD 2019

    Walikota Top Pembina BUMD, Dirut PDAM Padang Top CEO BUMD

    Walikota Top Pembina BUMD, Dirut PDAM Padang Top CEO BUMD JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Tutup bulan April menjadi hari istimewa bagi Pemko Padang. Ibu kota Provinsi Sumbar ini meraih empat penghargaan sekaligus Best All Criteria 2019 dan Top BUMD 2019..
  • Kamis, 09 Agustus 2018 - 11:34:18 WIB

    Wali Kota Hildesheim Terkesima dengan Teknologi Semen Padang

    Wali Kota Hildesheim Terkesima dengan Teknologi Semen Padang Delegasi Jerman melakukan kunjungan (visit plant) ke PT Semen Padang, Rabu (8/8). Dalam kunjungan itu, rombongan Jerman dipimpin oleh Walikota Hildesheim Ingo Meyer dan Wakil Walikota Beate Maria Konig. .
  • Kamis, 26 Februari 2015 - 19:14:23 WIB

    5 Mantan Walikota Desak Cordoba Jadi Masjid Lagi

    CORDOBA, HALUAN — Li­ma mantan walikota Cordoba mendesak Gereja Katolik me­nyerahkan kepemilikan Mez­quita, yang kini terdaftar di Unesco sebagai katedral.

    Situs world­bul­le­t.

  • Kamis, 22 Januari 2015 - 19:36:00 WIB

    Walikota Paris Gugat Fox News

    PARIS, HALUAN — Anne Hidalgo, Walikota Paris, berencana menuntut jaringan televisi Fox News berkaitan dengan komentar televisi milik Rupert Murdoch ini tentang adanya no-go zones wilayah non-Muslim tidak.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM