FOKUS BEDAH RUMAH

BAZ Sawahlunto Salurkan Rp60.250.000


Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:56:59 WIB
BAZ Sawahlunto Salurkan Rp60.250.000 Sebanyak 38 Mustahiq Kecamatan Talawi menerima bantuan dana zakat periode Oktober 2016 yang diserahkan langsung oleh wakil Walikota Sawahlunto Ismed ,SH. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 38 mustahiq Kecamatan Talawi kota Sawahlunto kembali menerima bantuan dana Zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) penyaluran periode Oktober 2016, dengan total dana sebesar Rp60.250.000,-.Penyerahan tersebut berlangsung di kantor Camat Talawi, Kamis (27/10).

“Sepanjang januari sampai Oktober ini, kita telah me­nyalurkan bantuan sebesar Rp514.750.000, bagi mustahiq yang ada di Talawi, dan penya­luran ini merupakan yang ter­en­dah dari tiga Kecamatan lainnya,” kata Ketua BAZNas Sawahlunto M.Syarif.

Disebutkan M.Syarif, dana bantuan zakat penyaluran Okto­ber difokuskan untuk program bedah rumah disamping ban­tuan lainnya seperti pendidikan, bantuan berobat, jompo, fisa­bilillah dan usaha.Sementara lanjutnya, sepanjang januari hingga Oktober 2016 ini pihak­nya telah menyalurkan dana sebesar Rp2.282.850.000,- yang disalurkan kepada 2.244 mustahiq di empat kecamatan di Sawahlunto, dengan sitem pen­cairan setiap bulannya dan dibagikan di masing masing kecamatan yang ada.”Jika sela­ma ini ada pencaran di kantor BAZ mulai tahun ini pencairan semua jenis bantuan dilakukan di masing masing kecamatan, sehingga pihak kecamatan bisa mengontrol dan tahu sudah atau belum masyarakat itu menerima bantuan,” ungkapnya.

Wakil Walikota Ismed yang berkesempatan hadir me­ngu­capkan terima kasih dan apre­siasinya kepada BAZNas Sa­wah­lunto yang senantiasa me­nyalurkan bantuan dana zakat bagi warga yang mebutuhkan atau yang berhak meneri­manya. Ismed menilai sinergi program BAZ dengan pemko akan mam­pu menjadi solusi bagi penang­gulangan kemiskinan dikota ini.dengan syarat lanjut Ismed, warga harus jujur dan mau berusaha lebih keras memam­nfaatkan bantuan itu terutama bagi mustahiq produktif. “Kita ingin warga miskin di Sawah­lunto bisa ditekan menjadi 1,6 persen yang tinggal hanya warga jompo dan warga yang sakit saja.Warga miskin yang pro­duktif di berdayakan melalui bantuan BAZ untuk memulai usaha agar keluar dari kategori miskin paling tidak kedepan keluar dari daftar penerima zakat,” katanya.

Bapak dua anak itu juga meminta kepada mustahiq yang menerima bantuan ini, untuk memanfaatkan bantuan sesuai peruntukkannya, jangan disalah gunakan untuk hal lainnya, karena jika itu terjadi sama halnya dengan melakukan pem­bohongan dan itu tidak di­benarkan oleh syariat agama.

Sementara Camat talawi Asril Hasan menambahkan, bahwa warga yang menerima bantuan zakat itu sudah melalui proses ferivikasi dan atas reko­mendasi dari kepala dusun dan desa yang ada.Terkait kecama­tan Talawi yang paling sedikit dana bantuan dikucurkan, Asril hasan menilai itu pertanda semakin berkurangnya warga miskin di Talawi.”Harapannya dengan bantuan ini warga yang sekarang mustahiq nantinya bisa menjadi muzzaki, dan mampu mengelola bantuan itu menjadi salah satu upaya pendongkrak ekonomi keluarganya,” kata­nya. (h/mg-rki)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 19:19:57 WIB

    Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman

    Habibullah Resmi Pimpin Baznas Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman, Habibullah, S.Ag, MH, akhirnya dilantik sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sisa masa jabatan 2016-2021..
  • Rabu, 26 Februari 2020 - 15:14:38 WIB

    Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas

    Baznas Kab Solok Salurkan Bantuan Kursi Roda Bagi Disabilitas AROSUKA, HARIANHALUAN,COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok kembali menyalurkan bantuan bagi keluarga kurang mampu di daerah itu. Bantuan tersebut berupa kursi roda bagi anak disabilitas dan bantuan berobat.
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 16:23:45 WIB

    Baznas Pessel Bantu Keluarga Korban Tanah Longsor di Bayang

    Baznas Pessel Bantu Keluarga Korban Tanah Longsor di Bayang PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp2 juta kepada keluarga  Irdin (61), yang merupakan korban tanah longsor di Nagari Aur Begalung,.
  • Kamis, 13 Februari 2020 - 17:08:29 WIB

    Horee..! Masyarakat Agam Nikmati Bazar Sembako Tiap Bulan

    Horee..! Masyarakat Agam Nikmati Bazar Sembako Tiap Bulan LUBUKBASUNG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam mengadakan bazar bahan kebutuhan pokok setiap bulan dalam upaya mengendalikan harga kebutuhan pokok..
  • Kamis, 26 Desember 2019 - 16:15:22 WIB

    BAZ Sawahlunto Salurkan Zakat Rp2,486 Miliar Lebih Selama 2019

    BAZ Sawahlunto Salurkan Zakat Rp2,486 Miliar Lebih Selama 2019 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Sawahlunto, salurkan Rp2,486 miliar lebih dana zakat sepanjang 2019. Untuk penyaluran zakat, Baznas setempat membagikannya setiap bulannya..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM