DINAS KEBUDAYAAN TERIMA ANGGARAN RP4 MILIAR

Ragam Kearifan Lokal Dihidupkan Lagi


Jumat, 28 Oktober 2016 - 00:57:53 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Kebudayaan sebagai perangkat daerah baru di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar akan mendapat penganggaran sekitar Rp4 miliar di tahun pertama pendiriannya.

Sekretaris Komisi V DP­RD Sumbar, Yuliarman ke­pa­da Haluan, Kamis (27/10) mengatakan, meski terbilang baru, saat evaluasi Perda Struktur Organisasi Perang­kat Daerah (SOPD) di tingkat pusat beberapa waktu lalu, Kemendagri tak mem­per­soal­kan pendirian dinas ini.

“Tak ada masalah, pusat setuju bidang kebudayaan dibuat berdiri sendiri ber­bentuk sebuah dinas. Tahun awal anggarannya adalah sekitar Rp4 miliar,” papar Yuliarman.

Disebut Yuliarman juga, awalnya anggaran yang di­aju­kan untuk dinas kebudayaan adalah sekitar Rp31 miliar. Namun karena keterbatasan anggaran belum semuanya bisa dipenuhi.

Ditambah dengan kondisi dinas kebudayaan yang ma­suk kategori baru, anggaran juga tak bisa serta merta langsung diberi dalam jumlah besar.

Anggota DPRD dari frak­si PPP ini juga menuturkan, dengan adanya Dinas Ke­bu­dayaan, ke depan diharapkan ragam kearifan lokal atau kebudayaan yang selama ini dimiliki bisa kembali di­hidupkan.

Menurut dia, untuk Kota Padang saja sebenarnya ba­ny­ak kesenian lokal  yang hampir tak dikenal lagi oleh masyarakat pendukungnya.

Salah satunya adalah silat. Dikatakan Yuliarman, di Kota Padang ada yang nama Silat Mencak Padang.  Dulu silat ini sangat diketahui dan berkembang di tengah ma­sya­rakat. Namun sekarang sudah hampir tidak ada yang mempelajari.

“Itu salah satu contoh saja, di kabupaten dan kota lain di Sumbar lebih banyak lagi kebudayaan kita yang sudah tidak terperhatikan,” kata Yuliarman.

Maka dari itu, tambah dia, dengan adanya Dinas Kebudayaan, kesenian lo­kal dan beragam jenis ke­bu­­dayaan lain yang selama ini ada bisa diakomodir oleh perangkat daerah ber­sang­kutan untuk di­lesa­tarikan.

Disampaikan juga, terkait pejabat yang ditunjuk sebagai kepala dinas pada perangkat daerah ini, hingga sekarang belum ditentukan siapa ora­ng­nya.

“Yang akan menetapkan siapa kepala dinasnya tentu pemerintah daerah. Harapan kita penunjukan dilakukan dengan profesional tanpa melihat faktor kedekatan,” pungkas Yuliarman.

Anggota DPRD Sumbar dari fraksi gabungan, PDIP, PKB, PBB, Komi Chaniago juga menyebut, pihaknya memberi apresiasi berdirinya Dinas Kebudayaan. Menurut Komi dengan adanya Dinas Kebudayaan akan terbuka ruang yang cukup untuk memajukan budaya Mi­nang­kabau. Baik di Sumbar, di tingkat nasional ataupun Internasional.

Sebelumnya, pada rapat paripurna pengambilan kepu­tusan terhadap Ranperda SOPD Provinsi Sumbar be­be­rapa waktu lalu, seluruh fraksi di DPRD Sumbar se­tuju Dinas Kebudayaan di­buat berdiri sendiri. Bidang kebudayaan sebelumnya per­nah digabung dengan Dinas Pendidikan, dan pernah juga digabung dengan Dinas Pa­riwisata. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Desember 2019 - 11:55:13 WIB

    Indeks Skor Kerukunan Umat Beragama Sumbar Rendah, Ini Kata MUI Padang

    Indeks Skor Kerukunan Umat Beragama Sumbar Rendah, Ini Kata MUI Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Prof. Duski Samad menanggapi pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi perihal Indeks Skor Kerukunan Umat Beragama Sumatera Barat yang mendapatkan nilai.
  • Jumat, 06 September 2019 - 14:43:27 WIB

    Wow...! Ada Beragam Tanaman Hias se-Indonesia Dipamerkan Balaikota Padang

    Wow...! Ada Beragam Tanaman Hias se-Indonesia Dipamerkan Balaikota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Iven Florikultura Indonesia 2019 yang merupakan kegiatan pameran tanaman hias yang diikuti oleh 22 sentra tanaman hias se-Indonesia mulai digelar sejak, Jumat (6/9) hingga, Senin (9/9)..
  • Rabu, 30 Agustus 2017 - 09:47:41 WIB

    Umat Beragama Agar Jaga Kerukunan

    Umat Beragama Agar Jaga Kerukunan PADANG, HARIANHALUAN.COM--Umat beragama di Kota Padang diharapkan tetap menjaga kerukunan antar umat beragama sebagaimana telah berjalan dengan baik selama ini..
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 16:38:17 WIB

    Asyik Main Koa, 11 Pelajar SLTP Berseragam Diamankan Satpol PP

    Asyik Main Koa, 11 Pelajar SLTP Berseragam Diamankan Satpol PP PADANG, HALUAN - Ada-ada saja ulah 11 pelajar dari berbagai SLTP di Kota Padang ini. Bukannya pulang setelah selesai mengikuti Ujian Nasional yang berakhir Kamis (12/5), pelajar ini malah asyik bermain kartu koa di kawasan GO.
  • Sabtu, 07 Mei 2016 - 20:18:09 WIB

    Aksi Coret Seragam Berlanjut Hingga Malam Hari

    PADANG, HALUAN -- Meski telah diingatkan berulang kali terkait aksi coret seragam untuk perayaan lulusan SMA/MA sederajat, namun masih saja pelajar di Kota Padang melakukannya. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM