Tim Saber Pungli Sumbar Segera Diluncurkan


Jumat, 28 Oktober 2016 - 01:20:20 WIB

PADANG, HALUAN — Te­pat pada 16 November 2016 mendatang, Tim Sapu Ber­sih Pungutan Liar (Saber Pungli) Sumatera Barat akan dilun­curkan. Sesuai dengan ins­truksi Presiden dalam per­temuan dengan gubernur satu minggu lalu, tim di­ben­tuk tiga bulan setelah per­temuan.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam rapat pe­ning­katan pelayanan publik di aula gubernuran, Kamis (27/10) menyatakan, bahwa Pre­siden berpesan untuk ta­hap awal akan dilakukan pihak kepolisian yang be­kerja. Setelah tiga bulan baru di­bentuk tim saber pungli.

“Hari ini kita mulai rapat persiapan dengan semua lembaga dan instansi yang terkait. Peluncurannya 16 November nanti,” ujarnya.

Namun kemudian mun­cul kebijakan baru, pem­bentukan tim tidak perlu menunggu tiga bulan. Pada 16 November 2016 sudah harus terbentuk. “Karena ada kebijakan ini, kita lang­sung mengadakan per­te­muan sekarang sebagai per­siapan untuk membentuk tim tersebut,” ujarnya.

Menurut Irwan, sesuai pesan Presiden, pungutan liar jangan dipandang dari besar nominalnya, tetapi lihat dari aktivitasnya yang jelas-jelas melanggar aturan. “Jadi, meskipun hanya se­ribu atau lima ribu, asal itu pungli, tidak boleh dila­kukan. Kalau kedapatan tetap dilakukan, pecat,” tegasnya.

Ia menambahkan, se­luruh abdi negara meskipun berlainan instansi dan lem­baga, adalah pelayan rak­yat. Karena itu harus bisa mem­berikan pelayanan ter­baik pada rakyat. “Jangan rakyat malah dipungli,” tam­bah­nya.

Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Drs Basarudin me­nga­takan komitmen pihak kepo­lisian untuk memberantas pungutan liar sudah jelas. “Secara internal telah kita lakukan. Ke depan akan dibentuk pula tim Satgas Saber Pungli untuk mem­berantas pungutan lintas instansi,” katanya.

Ia menilai pembentukan tim itu sangat positif dan dijadikan momentum un­tuk menghilangkan pu­ngu­tan liar pada setiap instansi pelayanan publik. Tim Sa­ber Pungli itu me­nurutnya di­ben­tuk berdasarkan Per­pres Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. (h/rel/rin)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]