SIDANG KASUS PENGADAAN TANAH IAIN IMAM BONJOL

Saksi: Saat Pengukuran Tak Ada Masalah


Jumat, 28 Oktober 2016 - 01:25:42 WIB
Saksi: Saat Pengukuran Tak Ada Masalah MAJELIS Hakim, PH dan JPU, mendengar keterangan saksi a de charge dari Profesor Salmadanis, yang menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi pengadaan tanah untuk kampus III IAIN Imam Bonjol, Kamis (27/10).

PADANG, HALUAN — Empat saksi meringankan dihadirkan Profesor Salmadanis, dalam sidang lanjutan korupsi pengadaan tanah untuk Kam­pus III IAIN Imam Bonjol, Kamis (27/10). Dalam keterangannya di Penga­dilan Tipikor Padang, para saksi menyebut, petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Padang ikut dilibatkan dalam pengukuran.

Saksi pertama, M Nasir Datuak Paili. Dia merupakan anggota Tim Sembilan, yang dibentuk pada tahun 2010 untuk melakukan tugas verifikasi tanah yang akan diganti rugi pihak IAIN Imam Bonjol Padang kepada para pemilik tanah.  “Tanah yang saya verifikasi antara lain tanah milik Juprita, Mukhlis, Amin Arsya, dan Haji Andrian. Surat Kerja untuk tim sembilan ini diberi oleh Rektor IAIN Imam Bonjol dan KAN setempat,” kata M Nasir me­ngawali keterangan.

Saat melakukan verifikasi tersebut, M Nasir mengaku bahwa ia hadir mendampingi petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Padang yang bernama Ari, Ricardo dan Yusran. Selain diri­nya, beberapa pemilik tanah juga ikut mendampingi untuk memas­tikan lokasi tanah tersebut. “Pe­tugas BPN yang mengukur,” ung­kapnya,

Dari tanah yang diukur, ada juga tanah atas nama Basril Djabar seluas 9.000 meter persegi. “Saya lihat sendiri sertifikatnya. Hanya batas-batasnya saya memang tidak tahu. Tapi saat pengukuran itu aman-aman saja, tidak ada masalah,” tukasnya.

Sementara itu saksi lain berna­ma Wardi yang telah berumur 83 tahun, mengaku pernah menjual tanahnya kepada Haji Adrian, yang kemudian dijual yang ber­sang­kutan kepada pihak IAIN Imam Bonjol untuk pemba­ngu­nan Kampus III di lokasi tersebut. “Letaknya di Lakuak Kalam, memang tanah saya dulu, tapi saya jual ke Haji Adrian,” katanya.

Keterangan lain disampaikan pula oleh saksi Musnadi yang bertugas sebagai pengelola tanah milik Basril Djabar seluas 9.000 meter persegi. Ia mengaku, tanah yang muncul sertifikat lain di atasnya pada 2015 lalu itu adalah tanah milik Basril Djabar yang telah ia jaga sejak Basril Djabar membelinya sekitar 30 tahun lalu.

“Tanah itu dibeli Basril Djabar dari Sin Cauk. Lokasinya memang ada di dekat calon Kampus III IAIN itu. Saya bisa tunjukkan ke lapangan. Saya sudah lama men­jaganya dan digaji Rp450 ribu setiap bulan.

Sementara itu saksi terakhir, Irmen, mengaku memiliki surat pernyataan damai dalam perma­salahan tanah yang diduga ber­dem­pet di lokasi pembangunan Kampus III IAIN IB Padang. Ia pun mengakui tidak ada masalah lain yang muncul sejak surat itu terbit, sampai akhirnya ada yang menga­du kepada yang berwajib soal kasus yang sedang berperkara ini.

Setelah mendengarkan ketera­ngan dari para saksi yang meri­ngankan, sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Yose Ana Rosalinda dengan Hakim Ang­gota Perry Desmarera dan Emria, memutuskan melanjutkan sidang pada pekan depan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi a de charge untuk terdakwa Ely Satria Pilo. Kesepakatan itu diamini oleh Fauzi Novaldi Cs selaku PH dan Febru Cs selaku JPU.

Dalam dakwaan dijelaskan, Salmadanis diduga memberi pe­kerjaan kepada Ely Satria Pilo untuk membuat sertifikat atas beberapa objek tanah guna pem­ba­ngunan Kampus III IAIN IB Padang, yang beberapa objek diduga fiktif, dan beberapa lain­nya diduga dikerucutkan harga­nya. Dugaan perbuatan tersebut dinilai mengakibatkan kerugian Negara sebesar Rp1.946.701.050.

Atas perbuatannya, Salma­danis dan Ely Satria Pilo diancam pidana dalam pasal 3 Juncto Pasal 18 Ayat (1) huruf a dan b, Ayat (2) dan Ayat (3) UU RI Nomor 31 Tahun 1999 yang telah ditambah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. (h/isq)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM