Direktur Tourism Malaysia Medan En Azhari Haron : Infrastruktur Pariwisata Sumbar Kurang Memadai


Sabtu, 29 Oktober 2016 - 13:02:53 WIB
Direktur Tourism Malaysia Medan En Azhari Haron : Infrastruktur Pariwisata Sumbar Kurang Memadai En Azhari Haron
PADANG, HALUAN – Meski Sumbar memiliki banyak objek wisata yang menarik, namun hal itu ternyata tak dibarengi dengan infrastruktur yang memadai untuk mencapainya.
 
 
Hal tersebut dikatakan Direktur Tourism Malaysia Medan, En. Azhari Haron, kepada Haluan di Hotel Grand Inna Muara, kemarin.
 
 
Menurut Azhari, sebetulnya, banyak warga Malaysia yang ingin berwisata ke Sumbar. Namun, minat itu semakin berkurang, salah satunya karena akses jalan menuju lokasi wisata yang tak memadai.
 
 
“Ruas jalan menuju sebuah lokasi atau objek wisata sangat kecil. Sehingga terkadang sangat menyulitkan bagi bus-bus wisata berukuran besar untuk mencapainya. Hal ini mengakibatkan kurang nyamannya wisatawan selama perjalanan,” katanya.
 
 
Ia mencontohkan untuk menuju kawasan Pandai Sikek. “Wisata Pandai Sikek sangat bagus. Pemandangan alamnya sangat indah, budaya dan masyarakatnya sangat kental dan menarik, serta kerajinan yang dihasilkannya sangat bagus. Sayangnya, jalan menuju Pandai Sikek sangat kecil. Jika berpapasan dengan kendaraan lain sangat susah,” paparnya.
 
 
Hal inilah yang membedakan wisata Sumbar dengan Malaysia. Menurut Ketua Asita Sumbar Ian Hanafiah, pemerintah Malaysia sangat mengutamakan kenyamanan bagi wisatawan yang yang datang ke sana.
 
“Akses jalannya sangat lebar. Suasananya  sangat nyaman dan menyenangkan bagi para wisatawan. Berbagai objek wisata ditata sedemikian menarik. Aneka diskon belanja disediakan pedagang di sana, sehingga wisatawan senang dan tak segan mengeluarkan uang banyak untuk wisata belanja mereka,” urai Ian.
 
 
Ia menyebutkan, Asita Sumbar sudah pernah mengusulkan untuk pelebaran jalan dan perbaikan infrastruktur lainnya kepada pemerintah. Namun sayangnya, hingga saat ini belum bisa diwujudkan, karena berbagai kendala.

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]