Ratusan Pasukan Oranye Bukittinggi Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis


Sabtu, 29 Oktober 2016 - 13:17:04 WIB
Ratusan Pasukan Oranye Bukittinggi Dapat Pemeriksaan Kesehatan Gratis Walikota Ramlan Nurmatias, didampingi Ketua DPRD Beni Yusrial dan Kepala DKP Supadria, meninjau petugas kebersihan yang sedang menjalani pemeriksaan kesehatan. Gatot.

BUKITTINGGI, HALUAN--Sebanyak 200 orang petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Pengelolaan Pasar, melakukan pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar oleh Pemko Bukittinggi di Pelataran Jam Gadang,” Jumat (28/10).

 

 

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia ke-52, dan dibuka secara langsung oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

 

 

Kegiatan selain dihadiri oleh sejumlah Kepala SKPD juga turut dihadir Ketua DPRD Kota Bukittinggi, Beni Yusrial.

 

 

Kepala DKP Bukittinggi Supadria mengatakan, 200 orang petugas kebersihan atau yang disebut pasukan beseragam oranye melakukan pemeriksaan kesehatan itu terdiri dari 160 orang petugas kebersihan DKP, dan 40 orang petugas kebersihan dari Dinas Pasar.

 

 

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan merupakan gagasan dari Walikota Bukittinggi terhadap kesehatan petugas kebersihan yang ada. Karena menurut Ramlan kondisi fisik petugas  kebersihan ini harus sehat dan prima sehingga mereka bisa bekerja dengan sempurna.

 

 

“Kegiatan ini merupakan ide dari Walikota.  Pemeriksaan kesehatan  dapat dilaksanakan berkat kerjasama dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Dandim, Dinas Kesehatan dan organisasi profesi kesehatan lainnya,” kata Supadria.

 

 

Sedangkan untuk petugas yang melakukan pemeriksaan kesehatan ungkap  Supadria terdiri dari tujuh orang dokter, tujuh orang perawat, enam orang asisten apoteker, tujuh orang pemegang program kesehatan kerja, satu apoteker dan petugas labor serta petugas kesehatan dari puskesmas se kota Bukittinggi.

 

 

Sementara Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengakui bahwasanya  ide pemeriksaan kesehatan gratis untuk petugas kebersihan ini adalah permintaannya.  

 

 

“Kita mengetahui dan menyadari bahwa tugas yang dilaksanakan petugas  kebersihan petugas penuh resiko. Jika mereka sampai sakit maka akan berdampak terhadap kebersihan kota,” ujar Ramlan.

 

 

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan  merupakan sebagai bentuk perhatian penuh dari Pemko terhadap kesehatan petugas kebersihan. Karena tanpa petugas kebersihan apa yang dicita citakan tidak akan tercapai.

 

 

Sebab, Jika kesehatan petugas kebersihan maka semangat kerja akan meningkat. Apalagi Bukittinggi adalah kota wisata yang kebersihan harus selalu dijaga.

 

 

“Adipura yang diraih Pemko Bukittinggi tidak terlepas dari petugas kebersihan yang ada. Oleh karena itu kita berharap kepada petugas kesehatan untuk dapat sebaik mungkin memeriksa petugas kebersihan kita. Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan tidak hanya untuk hari ini saja tapi hendaknya dapt berlanjut secara rutin kedepannya,” harap Ramlan. (h/tot)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]