Jutaan Batang Rokok Ilegal Bernilai Rp 1 Miliar Masuk ke Padang


Sabtu, 29 Oktober 2016 - 18:12:25 WIB
Jutaan Batang Rokok Ilegal Bernilai Rp 1 Miliar Masuk ke Padang Petugas Bea dan Cukai Teluk Bayur Padang menyusun barang bukti rokok ilegal yang berhasil diamankan di Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Padang, Sabtu (29/10). ONI

PADANG, HALUAN--Petugas Custom Bea dan Cukai Tekuk Bayur berhasil tegah satu unit truk Mitshubishi dengan nomor Polisi S 8512 UQ yang sedang melakukan pembongkaran rokok ilegal di rumah yang dijadikan gudang di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Senin (24/10).

 

Kepala Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Andi Pramono, mengatakan penangkapan terhadap mobil yang membawa rokok ilegal setelah dilakukan pengintaian beberapa beberapa hari.

 

Setelah pengintaian timnya melakukan penggrebekan dan berhasil mengamankan barang bukti sejumlah 16.370 Slop (3.170.480 batang) rokok berbagai merek, yang diduga melanggar ketentuan di bidang cukai.

 

“Dari nilai barang bukti yang diamankan ini sebesar Rp 1.870.583.200 dengan perkiraan kerugian Negara mencapai Rp1.113.884.738.” ungkapnya, Sabtu (29/10) di Kantor Bea dan Cukai Teluk Bayur, Jalan Tanjung Priok, Teluk Bayur, Padang.

 

Andi menjelaskan, pihaknya akan terus optimalkan pengawasan peredaran rokok di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat. Karena menurutnya dari hasil survey, Sumatera Barat menjadi wilayah tujuan pemasaran rokok ilegal.

 

Wilayah Sumatera Barat untuk pelanggaran Barang Kenak Cukai termasuk tinggi terutama untuk rokok. Mulai dari pita cukai palsu, pita cukai bekas, salah personalisasi dan rokok polos atau tanpa dilekati pita cukai,” paparnya.

 

Dijelaskannya, rokok yang berhasil diamankan berasal dari wilayah produksi di Pulau Jawa. Modusnya menggunakan jasa titipan kilat, kemudian setelah tiba di alamat yang dituju dipecah-pecah lagi dengan menggunakan kendaraan roda empat.

 

“Karena pelaku memang tidak mau menimbun barangnya banyak-banyak,” papar Andi.

 

Andi menambahkan, pihaknya melalui pengawasan di bidanng BKC dan MMEA (Miras) akan memantau resort-resort yang banyak dikunjungi turis asing, terutama yang tujuannya ke Mentawai.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 22 April 2017 - 08:02:18 WIB

    BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat

    BBPOM Periksa Penyimpan Jutaan Butir Obat PADANG, HALUAN –Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang terus melakukan pengembangan kasus penyimpanan jutaan butir obat secara ilegal. Jumat (21/4), pemiliknya sudah diperiksa BBPOM, untuk dimintai keteranga.
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 20:51:20 WIB

    Dijambret Saat Gunakan Ponsel di Tempat Umum, Seorang Gadis Rugi Jutaan Rupiah

    Dijambret Saat Gunakan Ponsel di Tempat Umum, Seorang Gadis Rugi Jutaan Rupiah PADANG, HALUAN - Kejahatan jalanan memang menjadi suatu fenomena yang biasa terjadi di belakangan ini. Seperti yang dialami Firra Rahmayeni (18) yang merupakan siswa Sekolah Menengah Atas. Saat melintas jalan menuju Halte Tra.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM