KKI Warsi Ajak Masyarakat Gotong-royong Mengelola Hutan


Sabtu, 29 Oktober 2016 - 20:00:48 WIB
KKI Warsi Ajak Masyarakat Gotong-royong Mengelola Hutan Kordinator KKI Warsi saat memberikan materi tentang pengelolaan hutan berbasis masyarakat

SOLSEL, HALUAN—Pengelolaan sumber daya alam seperti hutan diperlukan keterlibatan semua pihak, tak hanya pemerintah, masyarakat juga berperan penting dalam pemanfaatan hutan.

 

“Masyarakat Solok Selatan memiliki modal sosial gotong-royong yang sudah turun temurun. Jika semua pihak terlibat maka pengelolan sumber daya alam berbasis masyarakat akan mudah dilakukan” ujar Riche Rahma Dewita, Koordinator KKI Warsi Sumatera Barat, saat menjadi pemateri konsultasi publik di Kantor BPPPMD, Kabupaten Solok Selatan, Rabu, (26/10).

 

Ia mencontohkan, KKI Warsi terus mendorong Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dalam pengembangan energi baru terbarukan (mikrohidro dan biogas).

 

Tak hanya itu pengembangan ekowisata berbasis masyarakat (budaya dan lingkungan), pertanian organik, pengelolaan sumber daya lahan terpadu (sensitif gender dan agroforestry), dan penguatan legalitas wilayah kelola pada beberapa nagari juga ditingkatkan.

 

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Untuk Solok Selatan, masyarakat lokal sebagai penerima manfaat yang berpotensi yakni Pakan Rabaa, Pakan Rabaa Timur, Pasir Talang Timur, Koto Baru, Pulakek Koto Baru, Alam Pauh Duo, Simancuang, dan Lubuk Gadang Selatan.

 

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]