BERKUNJUNG KE HUTAN NAGARI PULAKEK DAN KOTO BARU (1)

Hutan Terjaga, Terbitlah Terang


Ahad, 30 Oktober 2016 - 15:19:16 WIB
Hutan  Terjaga, Terbitlah Terang Leni, gadis desa memanfaatkan air bersih dari Hutan Nagari Pulakek Koto Baru
Air sungai  itu dialirkan ke intake pengendap, kemudian diteruskan  ke  pipa peluncur. Tekanan  air yang sangat kuat  itu membuat turbin berputar. 

 

"Kapasitas daya listrik yang dihasilkan  PLTMH mencapai 250 Kwh, namun yang digunakan baru 60 persen. Itu pun sudah cukup  untuk memenuhi kebutuhan 25  Kepala  Keluarga  penghuni dusun ini,"  ujarnya.

 

Setiap hari, listrik dinyalakan  pukul  lima sore hingga pukul tujuh pagi. Kecuali pada hari Jumat dan Minggu, listrik menyala selama  24 jam. Berdasarkan  hasil musyawarah warga,  setiap pemilik rumah  yang dialiri  listrik  hanya dikenakan biaya perawatan Rp20.000 saja perbulan. 

 

"Itu  pun tanpa meteran dan  pembatasan  kapasitas terpakai. Ukurannya hanya perasaan dan kesadaran bersama saja untuk tetap hemat dalam pemakaian  listrik," jelas Yasriana.

 

Fahmi Rizal Ketua  Pengelola Hutan Nagari (LPHN) Pulakek Koto Baru  yang mendampingi para jurnalis dalam Media Touring KKI WARSI menjelaskan,  tidak hanya  sumber listrik dari energi terbarukan,  kelestarian  hutan yang dikelola dengan skema Hutan Nagari  ini  juga  memberikan jaminan untuk kelangsungan ketersediaan  air bersih bagi warga  dan  pasokan irigasi persawahan.

 

"Tengoklah anak  desa yang sedang mencuci piring di  kran umum itu, airnya berasal dari  kawasan Hutan Nagari Pulakek. Airnya tak pernah berhenti mengalir. Kesetiaan warga menjaga  dan membela  kelestarian hutan, terbukti telah memberikan  manfaat yang luar biasa,"  ujar Fahmi. (Bersambung)

 

Laporan : Dodi Nurja

 

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]