Gaji THL Lingkungan Dikurangi


Senin, 31 Oktober 2016 - 00:46:39 WIB

PEKANBARU, Haluan — Seluruh Tenaga Harian Lepas (THL) yang bekerja di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah (Pemko) Pekanbaru telah menerima pengurangan gaji sejak bulan Agustus lalu.

Namun, pengurangan gaji tersebut tak berlaku bagi THL di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pekanbaru. Hal itu karena para THL disana menerima gaji setara, bahkan di atas UMK Pekanbaru.

Pengurangan gaji THL lingkungan Pemko Pe­kan­baru sebenarnya telah disam­pai Sekretaris Kota (Sekko) M Noer MBS melalui surat edaran tertanggal 23 Juli lalu. Dalam surat edaran tersebut diketahui terhitung mulai Agustus gaji THL dikurangi dan dibayarkan berdasarkan tingkat pendidikan.

Untuk THL tamatan SD-SMP, maksimal menerima gaji Rp1.500.­000/bulan, ta­matan Diploma III akan menerima gaji Rp1.650.000/bulan, sedangkan tamatan S1-S2 dan sopir pimpinan akan menerima gaji Rp1.­750.000/bulan.

Sekko Pekanbaru M Noer MBS mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan ke­pala DKP me­nye­su­ai­kan pembayaran gaji THL ber­da­sarkan surat eda­ran yang telah di­sampaikan. “Ka­mi sudah perin­tahkan mengu­rangi gaji THL dan menye­suaikan berdasarkan surat edaran yang telah disam­paikan,” kata M Noer.

Sekko menyatakan pe­ngu­rangan gaji dilakukan berdasarkan kemampuan keuangan Pemko Pekanbaru. Apabila tak dikurangi, menu­rutnya, akan sulit mencari dana untuk membayar gaji para THL tersebut.

“Jika tak dikurangi, dari mana uang untuk membayar gaji mereka? Kami minta kepala SKPD menyesuaikan. Bila tak dikurangi, dikha­watirkan tak terbayar, maka akan lebih parah lagi. Semua tergantung keuangan Pemko. Kalau ada uang lebih dari itu, kami bayar,” sebutnya.

Terpisah, Pelaksana Tu­gas (Plt) DKP Kota Pekan­baru Zulkifli Harun menga­kui bahwa gaji seluruh THL di DKP tidak dikurangi. Hal itu karena pihaknya tak me­ngerti yang mana THL. “Saya tidak mengerti yang mana THL. (Yang) kami pekerja­kan ini buruh,” kata Zulkifli. (h/rp)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:12:21 WIB

    Masih Ada Guru Bergaji Rp300 Ribu

    PEKANBARU, HALUAN — Dinas Pendidikan Kota Pekan­baru, Provinsi Riau, mengakui hingga kini masih ada guru yang berpenghasilan Rp300 ribu per bulan di wilayah setempat..
  • Selasa, 14 Juni 2016 - 02:44:00 WIB

    Dana Tak Cukup, Gaji ke-13 PNS Batal Cair

    SIAK, HALUAN — Bupati Siak Drs Syamsuar MSi, mengatakan, gaji ke- 13 untuk PNS batal dicairkan oleh pemerintah pusat, karena dana tidak mencukupi untuk dibagikan ke Pegawai Negeri Sipil (PNS). Informasi itu diperolehnya ber.
  • Rabu, 13 April 2016 - 02:26:52 WIB

    Kepala Desa Belum Terima Gaji

    ANAMBAS, HALUAN — Se­jumlah kepala desa belum men­dapat gaji dan biaya ope­rasional lain, menyusul penyu­sunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBBDes) terlambat..
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:52:49 WIB
    Tak Ada SK

    Honorer Tak Bisa Gajian

    BATAM, HALUAN — Seba­nyak 166 tenaga honorer yang bekerja di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batam kini masih menunggu nasib apakah akan diperpanjang atau harus ter­henti..
  • Kamis, 04 Februari 2016 - 03:08:01 WIB

    Gaji Honorer Dibayar Pekan Depan

    KARIMUN, HALUAN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan membayarkan gaji ribuan tenaga honor yang mengabdi di ling­kungan Pemkab Karimun pada pekan depan. Gaji tenaga honor itu akan dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]