Pemuda Berperan dalam Pengembangan Daerah


Senin, 31 Oktober 2016 - 00:51:39 WIB

SOLSEL, HALUAN —  Wakil Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel), Armen Syahjohan menyatakan pemuda sebagai ujung tombak dalam pemba­ngunan serta pengembangan potensi daerah. Hal itu dikatakan Armen Syahjohan pada Haluan, Minggu,(30/11).

“Kualitas pemuda sekarang menentukan arah pembangunan daerah kedepan. Maju atau mundur itu tergantung wawasan, intelektual serta kepedulian pemuda. Tantangan semakin kuat kita rasakan, para pemuda harus siap membentengi diri dari bermacam tantangan itu,” be­bernya.

Ia berpesan pada pemuda Solsel untuk bangkit dan saling meningkatkan kualitas diri sesu­ai kapasitas dan kemampuan masing-masing. “Hendaknya kita lebih proaktif dalam me­ning­katkan rasa kepedulian terhadap daerah dengan mem­berikan masukan atau tindakkan nyata terhadap pengembangan daerah sesuai kemampuan kita masing-masing,” harapnya.

Menurutnya, sekaitan de­ngan persaingan semakin ketat, arus globalisasi makin kuat. Kalangan pemuda dituntut lebih gesit, dan kreatif dalam meng­ambil bermacam peluang. “Se­hingga mampu melahirkan wira­usahawan yang sukses dan ber­wawasan,” terangnya.

Melihat kondisi Solsel yang kaya akan potensi wisata alam dan bidang pertanian, hen­daknya hal ini menjadi motivasi pemuda dalam mengembangkan potensi Solsel melalui kreativitas dan wawasan yang dimiliki. “Disni dibutuhkan karya pe­muda sehingga terciptanya per­tumbuhan ekonomi yang ber­kelanjutan,” katanya.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria meminta pemuda mampu memberikan kontribusi terhadap daerah melalui ke­majuan teknologi.

“Seiring dengan kemajuan teknologi dewasa ini, hendaknya bisa dimanfaatkan pemuda dalam pengembangan daerah kedepan. Dalam membangun serta me­ngem­bangkan Solsel kita butuh sinergi pemuda,” ungkapnya.

Selain itu katanya, sumpah pemuda harus di maknai oleh seluruh pemuda dan pemudi sebagai refleksi untuk bersama-sama memikirkan kemajuan daerah dan bangsa ini yang lebih baik di masa yang akan datang. “Maka, semua pihak harus bahu-membahu untuk bekerja demi kepentingan bersama yang lebih besar,” ujarnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]