LAPORAN KEUANGAN KUARTAL III TAHUN 2016

Pendapatan Telkom Meningkat


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:08:19 WIB
Pendapatan Telkom Meningkat Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga

JAKARTA, HALUAN — PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sepanjang sembilan bulan di tahun 2016, mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 13,8 persen  di banding periode yang sama tahun 2015 lalu menjadi Rp 86,19 triliun. Perolehan ini sangat didukung oleh bisnis data, internet, dan IT yang me­ningkat tajam 37 persen YoY. Bisnis data, internet, dan IT memberikan kontribusi sebe­sar 37,7 persen terhadap total pendatapan perseroan.

Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga saat me­ma­parkan Laporan Keuangan Telkom Triwulan III Tahun 2016 mengatakan, per­tum­buhan yang signifikan di bisnis data, internet, dan IT servis sejalan dengan arah peru­sahaan yang tengah ber­trans­formasi menjadi digital tele­communication company. Pencapaian ini merupakan upaya Telkom menjadi ena­bler terbentuknya digital society.

“Hingga triwulan III/2016 ini, Telkom mem­buku­kan laba bersih sebesar Rp 14,73 triliun atau tumbuh 27,6 persen serta EBITDA Rp 44,38 triliun atau tumbuh 20 persen dari periode yang sama tahun lalu,” katanya.

Kinerja perseroan yang mampu mencatatkan triple double digit growth ini ditun­jang pula dari performansi salah satu anak usahanya, Telkomsel, yang juga mem­bukukan kinerja yang sangat baik. Telkomsel membu­kukan pendapatan Rp 63,65 triliun dengan pendapatan digital business tumbuh 40,8 persen menjadi Rp 22,17 triliun dan berhasil mencetak laba bersih Rp 21,03 triliun.

“Hingga September 2016, Telkom Group telah membelanjakan capital ex­penditure (capex) sebesar Rp 19,9 triliun,” lanjutnya.

Capex terutama diman­faatkan untuk mendukung bisnis broadband, baik fixed maupun mobile, seperti pem­bangunan infrastruktur back­bone fiber optic, pemba­ngunan Base Transceiver Station (BTS) Telkomsel. Selain itu juga penggelaran infrastruktur kabel laut lintas benua Dumai menuju Eropa (SEA-ME-WE5) dan Mana­do menuju Amerika Serikat (SEA-US), menara teleko­munikasi, serta data center.

Sementara itu, Telkomsel juga telah membangun 20. 808 BTS baru, dan sekitar 90 persen merupakan BTS 3G/4G. Pembangunan BTS ber­kemampuan 3G/4G tersebut, sejalan dengan fokus untuk mengembangkan bisnis di­gital. Dengan demikian, hing­ga September 2016 total BTS yang dioperasikan Tel­komsel mencapai 124.097 unit atau tumbuh 23,6 persen dalam kurun satu tahun ini. Seba­nyak 59,4 persen dian­taranya meru­pakan BTS 3G/4G.

Hingga September 2016, Telkomsel melayani 163,7 juta pelanggan di seluruh Indonesia atau meningkat 10,2 persen YoY. Tercatat pula 46,7 persen atau 76,4 juta pelanggan telah meng­gunakan perangkat 3G/4G, yang berarti melonjak sebesar 37,3 persen YoY.

Sementara itu Direktur Keuangan Telkom, Harry M Zen mengungkapkan dalam pers rilis yang diterima Ha­luan, kemarin (30/10), bahwa pelanggan mobile broadband (Flash) mengalami pening­katan. Pelanggan Telkomsel Flash tumbuh 33,1 persen menjadi 50,48 juta.

“Pelanggan bisnis fixed broadband tumbuh 15,4 per­sen menjadi 4,3 juta pelang­gan.  Sebanyak 1,52 juta diantaranya merupakan pe­langgan Triple Play Indi­Home,” katanya.

Untuk periode kuartal III 2016, Average Revenue Per User (ARPU) IndiHome mencapai Rp 313 ribu, me­ningkat dibanding periode kuartal II 2016 yang sebesar Rp 300 ribu. Khusus bulan September 2016, ARPU Indi Home mencapai Rp 326 ribu.

Guna meningkatkan pe­ne­trasi IndiHome, perseroan tengah gencar meningkatkan kualitas sumber daya manu­sianya, baik melalui pening­katan kapabilitas maupun penambahan tenaga teknisi, serta meningkatkan layanan penjualan dan purna jual.

Telkom juga tengah me­nyelesaikan pembangunan infrastruktur Indonesia Digi­tal Network (IDN) serta memo­dernisasi seluruh Sen­tral Tele­pon Otomat (STO) untuk menunjang percepatan bisnis digital khususnya Indi Home.

Atas perolehan ini, mana­jemen Telkom mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya pelanggan yang memberikan keper­cayaan untuk menggunakan produk dan layanan Telkom Group. Juga seluruh jajaran Telkom Group yang telah mewujudkan kinerja yang luar biasa melalui semangat solid, speed dan smart.

Namun demikian, diakui Harry M Zen, tantangan ke depan masih berat dan  mem­butuhkan kerja keras untuk terus memberikan yang ter­baik bagi perusahaan.

“Performansi Telkom Group harus terus ditingkat­kan sejalan dengan perkem­bangan bisnis dan memenuhi harapan stakeholder yang juga terus meningkat,” tutup Harry M Zen. (h/dj)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]