SOSIALISASI PEMAHAMAN JASA KEUANGAN DAN PERBANKAN

Bank Nagari Gelar Inklusi Keuangan untuk Pelajar


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:14:05 WIB
Bank Nagari Gelar Inklusi Keuangan untuk Pelajar Dirut Bank Nagari Dedy Ihsan, Kepala Bank Nagari Cabang Bukittinggi Jeffalino, Sekda Yuen Karnova, dan utusan OJK Efrizal Can pada acara Inklusi Keuangan dan Lomba Banking di Balai Sidang Bung Hatta Minggu (30/10). (RIDWAN)

BUKITTINGGI, HALUAN — Dalam laju teknologi informasi yang sangat pesat seperti sekarang ini, jasa bank sangat dibutuhkan. Sementara pemahaman masyarakat, khusususnya pelajar, terhadap hal ini masih minim. Berdasarkan hal itu, Bank Nagari Cabang Bukittinggi menggelar kegiatan Inklusi Keuangan dan Lomba Banking di Balai Sidang Bung Hatta Minggu (30/10). Sebanyak 1.000 pelajar dari 36 sekolah, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK, hingga Madrasah mengikuti acara tersebut.

Kepala Bank Nagari Ca­bang Bukittinggi, Jeffalino, mengatakan, pihaknya meng­gelar kegiatan itu dalam rang­ka dalam rangka menge­nal­kan lebih dekat masalah jasa ke­uangan dan perbankan ke­pa­da masyarakat, khususnya pelajar. Pada kegiatan itu, pihaknya mengadakan ke­giatan ber­ben­tuk permainan cerdas cermat atau kuis ke­pada pelajar.

“Kami berharap, dari ke­giatan ini pengetahuan pelajar ter­hadap keuangan bank sema­kin dalam dan semangat mena­bung semakin tinnggi,” ujar Jeffalino.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan tidak lajut program Otoritas Jasa Ke­ua­ngan (OJK) untuk menge­nalkan lebih dekat dunia ke­uangan dan perbankan dengan masyarakat, khsususnya para pelajar. Kegiatan yang digelar di Bukittinggi itu merupakan yang kali kedua. Sebelumnya, kegiatan yang sama diadakan di Padang pada pekan yang lalu.

“Tujuan digelarnya kegia­tan ini agar bank memper­hatikan pelayanan kepada ma­sya­rakat melalui pendidikan,” ucap Jeffalino.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bukittingi, Yuen Kar­nova, mengatakan, Melalui kegiatan Inklusi Keuangan dan Lomba Banking itu pelajar akan menegenal dan mema­hami lebih dalam lagi tentang keuangan dan perbankan dan dapat menjadikan kegiatan menabung  sebagai budaya.

Ia mengajak pelajar untuk gemar menabung dan mengi­ngatkan pelajar untuk mening­galkan kebiasaan menabung dengan cara yang lama, seperti menyimpan uang di bawah bantal, menyimpan emas di rumah. “Menabunglah di bank. Dengan menabung di bank, uangnya akan beredar sehingga semua dapat bagian rezeki,” tutur Yuen Karnova saat membuka kegiatan itu.

Dari lomba yang digelar, pemenang I, II, dan III men­dapatkan tabungan simpanan pelajar (Simpel) masing-ma­sing sebesar Rp1 juta, Rp750 ribu, dan Rp500 ribu. Selain itu, pemenang  juga menda­patkan hadiah hiburan dalam bentuk uang dan barang.

Kegiatan dihadiri utusan Bank Nagari se-Sumatera Ba­rat, perwakilan OJK Sumbar Efrizal Can, Dirut Bank Na­gari Dedy Ihsan, Kepala Dis­dikpora Ellia Mamur, serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Bukit­ting­gi. (h/rdw)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]