PULUHAN TAHUN TAK DAPAT BANTUAN

Masyarakat Kajai Desak Perbaikan Jalan


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:31:57 WIB
Masyarakat Kajai Desak Perbaikan Jalan Akses jalan antara dua kejorongan Timbo Abu-Mudiak Simpang yang rusak parah dan bertanah liat. Akibatnya, satu mobil yang ditumpanggi wartawan Haluan tersangkut di badan jalan. (IDENVI SUSANTO)

PASBAR, HALUAN — Masyarakat Jorong Mudiak Simpang dan Jorong Timbo Abu, Kanagarian Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sanggat membutuhkan perbaikan jalan yang memghubungkan dua kejorong tersebut. Karena merupakan akses utama jalur transportasi warga setempat dalam menjual hasil produksi ladangnya.

Kondisi jalan yang mem­pri­hatinkan itu, menjadi keluhan yang berke­pan­ja­ngan bagi masyarakar dua Ke­jorongan tersebut, karena merupakan jalan utama yang sangat berpengaruh se­kali kepada kelancaran dis­tri­busi hasil ladang dan ke­bun ma­sya­rakat seperti rem­pah-rem­pah dan sayur-sayu­ran.

“Kami sudah berulang kali mengadukan masalah ini kepada pihak pemerintah daerah tetapi tidak pernah didengar. Jalan ini adalah akses satu-satunya tak ada yang lain,” tutur Fauzul Azis (30) salah satu warga Timbo Abu yang juga aktif dalam kegiatan kepemudaan setem­pat, Minggu (30/10).

Menurut dia, betapa re­sah­nya warga karena sudah berlangsung puluhan tahun jalan tak ada di perbaiki. Jika dibiarkan badan jalan akan habis di bawa air hujan, maka kondisi akan bertam­bah parah. “Saat ini, ke­adaan jalan dan apalagi kalau sedang musim hujan rawan kecelakaan bagi ma­sya­rakat yang melintasinya karna licin dan berlobang, karna tanah liat dan kerekel tajam yang tersisa,” jelasnya.

Aspirasi disampaikan masyarakat, kata tokoh ma­sya­rakat setempat Marilih (45) sudah sering, dan malah pernah dijanjikan oleh calon anggota dewan yang ingin mengambil hati masyarakat bahkan para petinggi yang telah menjabat di kabupaten pun pernah menjanjikan hal tersebut. Tetapi janji cuma tinggal janji. “Kalau jalan ini tidak segera diperbaiki, maka akan memakan korban karena selain jalan ini rusak juga licin,” ujarnya.

Sementara itu Anum, Kepala Jorong Mudiak Sim­pang Kenagarian Kajai me­nga­takan, permohonan ban­tuan perbaikan jalan sudah sering kita ajukan kepada pemerintah daerah dan pe­me­rintah nagari, tapi me­mang sampai sekarang be­lum ada tanda-tanda jalan kami ini akan di banggun.

“Di dalam Musrembang Nagari Kajai tahun 2016 sudah kami usulkan lagi, mudah-mudahan tahun de­pan dapat terealisasi,” tutur Anum pada haluan.

Hasil pemantauan Ha­lu­an ke lapangan dan meli­hat lo­kasi jalan, ternyata me­mang kondisi badan jalan ru­sak parah berlobang dan li­cin diakibatkan sudah lama tidak adanya pem­bangunan jalan yang mema­dai. melai­kan jalan tanah liat dan ke­re­kel. (h/mg-idn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]