Ranperda APBDP 2016 Disetujui Menjadi Perda


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:37:15 WIB
Ranperda APBDP 2016 Disetujui Menjadi Perda Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Sastri Andiko Dt. Putiah melakukan penandatanganan bersama nota APBD P 2016 disaksikan Bupati Irfendi Arbi. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA. HALUAN — Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2016 disetujui seluruh Fraksi di DPRD menjadi Perda pada rapat paripurna dewan di Gedung DPRD setempat, Jumat (28/10) siang.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Sastri Andiko Dt. Putiah dan Deni Asra, dihadiri anggota dewan, Bupati Lima Puluhkota Ir­fendi Arbi, Sekdakab H. Yendri Tomas, Muspida, kepala kepala SKPD. Sebe­lumnya Sekretaris Dewan, Desri, menyampaikan lapo­ran hasil badan anggaran tentang APBDP 2016.

Pada pengesahan Ran­perda APBDP 2016 itu men­jadi Perda disetujui 8 fraksi DPRD lewat juru bicara (Jubir) masing-masing fraksi. Fraksi Demokrat lewat jubir Yusnir, fraksi Golkar Dela Ermaifa, Fraksi PPP H. Er­mizal Jalinus, Fraksi PAN Yosrizal. Untuk Fraksi Hati Nurani Rakyat oleh Suriadi, Fraksi PDI-P dan PKB Mhd. Ridha Ilahi.

Kemudian Fraksi PKS-PBB Hardedi dan Fraksi Gerindra lewat jubirnya Ir­dapel Masrizal. Pengesahan Ranperda dilanjutkan dengan penanda tanganan bersama APBDP 2016, disaksikan masing-masing pimpinan dewan, ketua dan anggota fraksi serta sejumlah kepala kepala SKPD.

Bupati Irfendi Arbi, seu­sai pengesahan RAPBDP mengatakan, dalam meng­akomodir berbagai saran dan masukan dari anggota dewan dan hasil melaksanakan reses beberapa waktu yang lalu, tentu dilakukan dalam ko­ridor aturan perundang-unda­ngan yang berlaku dengan sasaran akhir, secara bertahap meneruskan agenda pem­bangunan daerah untuk pe­me­nuhan kebutuhan masya­rakat dan kesejahteraan me­reka.

“Kita sama sama me­nyadari, keterbatasan ke­mampuan keuangan daerah ­berbanding terbalik dengan luas wilayah dan jumlah penduduk Kabupaten Lima­puluh Kota, sehingga belum mampu menampung semua kebutuhan daerah dan ma­syarakat. Karena itu, dituntut kearifan dan kejelian kita bersama untuk menentukan prioritas dan menerapkan prinsip keadilan bagi ma­syarakat,” sebutnya.

Mudah-mudahan semua pengorbanan yang kita laku­kan dapat bernilai kebaikan universal, baik secara vertikal dengan sang khalik (hablum minallah) maupun secara horizontal dengan sesama manusia (hablum minannas), termasuk dengan alam dan lingkungan. “Kami telah menyimak seluruh pendapat akhir masing-masing fraksi yang disampaikan dalam rapat Paripurna. Seluruh catatan akan menjadi per­hatian kami yang semuanya tentu ditujukan untuk pe­nyempurnaan kebijakan yang akan kita keluarkan,”sebut Irfendi.

Sebelum ranperda ini disampaikan kepada guber­nur untuk dilakukan evaluasi, akan dilakukan penyesuaian dengan usul, saran, dan ma­sukan dari anggota dewan, dengan ketentuan sepanjang sesuai dengan seluruh keten­tuan yang berlaku dan batas kewenangan pemerintahan daerah.

“Kami mengingatkan ke­pa­da seluruh kepala SKPD agar mempercepat pelaksa­naan seluruh program dan kegiatan serta pertang­gung­jawa­bannya, terkait dengan semakin kasibnya tahun ang­garan 2016 ini. Tidak ada alasan untuk menunda-nunda pelaksanaan seluruh program dan kegiatan yang telah kita setujui dan anggarkan di tahun ini,” ungkapnya. 

Wakil Ketua DPRD Li­ma­puluh Kota, Sastri Andiko Dt. Putiah dn Deni Asra berharap kepada Bupati Ir­fen­di Arbi berama jaja­raan­nya yang telah mendengar langsung penyampaian ma­sing-masing fraksi di DPRD, untuk dapat menindak­lajuti­nya sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” harap kedua pim­pinan DPRD itu. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]