PERINGATI HUT KE 66

IDI Cabang Pasaman Gelar Bhakti Sosial


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:41:09 WIB
IDI Cabang Pasaman Gelar Bhakti Sosial Bupati Yusuf Lubis saat menyerahkan bingkisan kepada orang tua jompo pada acara bakti sosial IDI di Lundar, Panti, Sabtu (29/10). (UDHI)

PASAMAN, HALUAN — Ulang tahun Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ke-66 Cabang Kabupaten Pasaman, dirayakan dengan menggelar sejumlah kegiatan bhakti sosial dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Jorong Lundar, Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Sabtu (29/10).

Diantaranya, ýpelayanan su­natan massal, pemeriksaan ibu ha­mil (ANC), pemeriksaan IVA (Pe­meriksaan dini kanker ser­viks), pengobatan gratis dan ak­si donor darah para dokter ang­go­ta IDI. ýTurut hadir, Bupati Pa­saman H Yusuf Lubis, Kepala Di­nas Kesehatan Des­rizal, Direktur RSUD Lubuk­sikaping Dr Yong Marzuhaili, Ketua IDI Cabang Pasaman Dr Indra Yeni, Camat Panti Aan Doni Fekri, para Walinagari, jorong dan tokoh masyarakat setempat.

Pada kegiatan itu, juga dise­rah­­kan sejumlah paket bing­ki­san berisi kain sarung kepada war­ga.

Pantauan Haluan, ratusan warga terlihat hadir pada acara tersebut. Rumah yang dijadikan sebagai pusat pelayanan kese­hatan penuh sesak dijejali ma­syarakat setempat yang ingin memeriksakan kesehatan, keha­milan dan operasi sunatan. Tercatat puluhan anak, ibu hamil dan ratusan warga ikut dalam pelayanan kesehatan IDI tersebut.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengatakan, apresiasi atas dilaksanakannya acara bhakti sosial IDI di jorong Lundar, Panti Timur. Sebab, kata dia, masyarakat setempat baru saja dilanda musibah ben­cana banjir dan longsor, belum lama ini. “Sama-sama kita ketahui bahwa masyarakat di kejorongan ini baru saja dilanda bencana yang masih mening­galkan trauma dan beban. Dipu­satkannya kegiatan HUT IDI di sini, sudah tepat. Pemeriksaan kesehatan masyarakat pasca bencana perlu diintensfikan,” ujarnya.

Bupati meminta, peran dan fungsi dokter dapat ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara prima. “Ba­nyak kegiatan sudah dilaksa­nakan oleh IDI dalam rangka merayakan HUT-nya ke-66. Mulai dari donor darah, peme­riksaan kesehatan dan sunatan massal. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam pemenuhan kesehatan­nya,” katanya.

Bupati menyebutkan, bahwa pemerintah daerah telah ber­upaya melengkapi sarana pra­sarana dan tenaga kesehatan di 16 puskesmas dan 1 unit RSUD. Bahkan, di tahun 2017, kata dia, Pasaman akan membangun Rumah Sakit Pratama di Pa­dang­gelugur.

Sementara, Ketua IDI Ca­bang Kabupaten Pasaman, Dr Indra Yeni mengatakan, HUT ke-66 IDI harus dijadikan se­bagai momentum untuk mem­be­rikan pelayanan terbaik seka­ligus bukti pengabdian kepada masyarakat, tanpa pandang buluh. “Ini menjadi cambuk semangat bagi IDI, untuk terus memberikan yang terbaik kepa­da masyarakat. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan HUT IDI ke-66 ini sehingga berjalan lancar,” katanya.

Dikatakan, bahwa perma­salahan kesehatan belumlah tuntas. Permasalahan kese­hatan masih pelik, khususnya di Pasa­man. Pemberdayaan masya­rakat, kata dia, harus terus berjalan, sehingga dapat mewu­judkan visi misi Pemkab setempat.

Lanjut Indra Yeni, melalui HUT IDI ke-66 itu menjadi langkah awal untuk mengatasi permasalahan kesehatan dite­ngah masyarakat. IDI, kata dia, akan melangkah bersama ma­sya­rakat mewujudkan kesehatan semesta. “IDI melangkah ber­sama masyarakat guna menga­tasi permasalahan kesehatan. Dan IDI, diharapkan dapat menyelamatkan generasi muda dari kehancuran, baik akibat pergaulan bebas maupun Nar­koba,” katanya. (h/mg-yud)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM