H. Rafles Pimpin STIA Adabiah Padang


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:42:13 WIB
H. Rafles Pimpin STIA Adabiah Padang KETUA Yayasan Syarikat Oesaha (YSO) Adabiah Ali Asmar melantik H. Rafles, sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah dan tiga orang wakil ketua bidang, periode 2016-2020, Sabtu (29/10).

Padang, Haluan —Ketua Yayasan Syarikat Oe­saha (YSO) Adabiah  Ali Asmar  melantik  H. Rafles,  sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Adabiah dan tiga orang  wakil ketua bidang, periode 2016-2020,  Sabtu (29/10).  

Sebelumnya, jabatan Ke­tua STIA Adabiah dijabat dua periode oleh H.Rusdi Lubis.

 Ali Asmar mengatakan, pelantikan  H. Rafles sebagai Ketua STIA setelah melalui proses seleksi di Senat STIA Adabiah dan ditetapkan oleh yayasan.

 Sebelumnya H. Rafles,  menjabat Wakil Ketua Bi­dang Administrasi dan Ke­uangan.

Ia mengatakan, tantangan ke depan STIA Adabiah  adalah bagaimana men­jadi­kan per­guruan ini terdepan. Tidak sekedar perguruan untuk penye­suaian pangkat karyawan BU­MN atau swasta atau PNS, tapi menjadi pili­han bagi lulusan SMA untuk menyiapkan  diri sebagai sarjana administrasi.

Ketua baru STIA Ada­biah,  harus mampu menja­wab tan­tangan STIA Adabiah ke de­pan.  Salah satunya, adalah mewujudkan program studi (prodi) baru Admi­nistrasi Bisnis yang proses dokumen  sedang berjalan. 

“Program baru yang disi­ap­kan  adalah, untuk men­jawab tantangan ke depan. Dimana, sektor swasta bakal men­do­minasi pertumbuhan ekonomi,” sebut Sekdaprov Sumbar itu.

Sementara itu mewakili Kopertis Wilayah X Eli Su­santi  mengatakan, tantangan per­guruan tinggi ke depan adalah bagaimana mening­katkan ku­alitas mutu. 

Kualitas mutu dimaksud adalah, bagaimana menja­dikan lembaga perguruan tinggi se­bagai kancah pe­nelitian dan pengabdian ma­syarakat.

“Seorang dosen tidak seke­dar mengajar, tapi juga harus aktif melakukan pe­nelitian dan pengabdian ma­syarakat. Hasil penelitian bisa diketahui dan termuat dalam e-jurnal,” ka­tanya.

Ia mengingatkan, untuk tidak sekadar menyimak ma­teri mata kuliah yang diambil. Ma­hasiswa dituntut,  untuk berim­provisasi dalam me­ngem­­bang­kan kemampuan kewirau­saha­an.

“Ciptakanlah lapangan usa­ha,  melalui kewirau­sahaan yang manfaatnya dira­sakan masya­rakat,” katanya.

Ketua STIA periode 2016-2020 H.Rafles adalah,  lu­lusan  Administrasi Publik, Jose Rizal University Phili­pina. Alumni SMA Adabiah lulusan 1973 ini juga dikenal sebagai anggota dewan ha­kim nasional MTQ.

Sebagai pendamping Raf­les, dilantik juga Wakil Ketua Bi­dang Akademik Imron Rosadi, Wakil Ketua Bidang Ad­minis­trasi Keuangan .Fera Mutia,  Wakil Ketua Bidang Kema­hasiswaan, Hj. Dewi Rahma­darniwati dan Kepala Satuan Penjamin Mutu In­ternal Nazir­wan. (h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM