RSU C-BMC PADANG

52 Pasangan Ikut Program Bayi Tabung


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:46:06 WIB
52 Pasangan Ikut Program Bayi Tabung DIREKTUR Morula IVF Indonesia, dr Irvan R Sini, memberi penjelasan terkait perkembangan program bayi tabung di Morula IVF dalam Biennale Meeting di Padang, Sabtu 29 Okotober lalu.

PADANG, HALUAN — Pada 2015 lalu, Morula In Vitro Fertilization (IVF) Padang mencatat 52 siklus atau 52 pasangan yang meng­ikuti program bayi tabung. 40 persen dari jumlah itu di­nyatakan berujung kehamilan pada sang ibu. Ke depan, Morula IVF Padang yakin mampu menyelaraskan ca­paian dengan target 10.000 siklus pada 2020, yang di­canangkan Morula IVF In­donesia.

Dalam Biennale Meeting Morula IVF 2016 di Padang, Sabtu (29/10), Direktur Mo­rula IVF Indonesia, Dr. Irvan R. Sini, menerangkan bahwa antusiasme masya­rakat ter­hadap program bayi tabung semakin meningkat. Hingga 2015, tercatat prog­ram bayi tabung di Indonesia menyen­tuh angka 6.000 sik­lus.

“Sepertiga dari siklus itu berlangsung di Morula IVF, dengan basis utama program di Jaringan Rumah Sakit Bunda seluruh Indonesia, termasuk untuk di Padang dengan RSU C-Bunda Me­dical Centre (RSU C-BMC),” kata Irvan.

Ia menerangkan, keper­cayaan terhadap Morula IVF makin meningkat karena kualitas, serta ditunjang biaya yang murah serta status In­donesia sebagai negara de­ngan destinasi wisata. Jadi tidak mengherankan, makin banyak pasien dari luar negeri datang ke Indonesia untuk mengikuti program bayi ta­bung di Morula IVF.

“Banyak pasien yang da­tang dari negara-negara di Eropa, China dan negara-negara lain. Di sisi pelayanan, kami terus memperbaharui teknologi dengan yang paling mutakhir . Untuk Indonesia sendiri, kami memperkirakan sekitar 200.000 pasangan yang mampu secara finansial mengikuti program bayi ta­bung, namun terhalang ber­bagai pola pikir yang salah,” katanya lagi.

Selama 2016 berjalan, Morula IVF Indonesia me­lakukan 2.000 siklus bayi tabung. Dan pada bulan lalu, tercatat 250-300 siklus. De­ngan perkembangan tersebut, Morula IVF meyakini mam­pu mencapai target 10.000 siklus pada 2020.

“Kendalanya, ada yang menyangkal biaya mahal, ada yang malu dan lain se­ba­gainya. Tak sedikit pasangan yang rela menghabiskan uang sedikit demi sedikit lewat pengobatan alternatif lain, padahal jika dikumpulkan sudah bisa untuk mengikuti program,” lanjutnya.

Dr. Dovy Djanas, Kepala Klinik Morula IVF Padang menambahkan, sertifikat dari Reproductive Technology Accreditation Committee (RT­AC) di Australia yang telah dikantongi Morula IVF, mem­buktikan kredibilitas program yang dijalankan Morula IVF. Karena sertifikat itu merupakan sertifikat ISO untuk program bayi tabung.

“Kita masih punya peker­jaan rumah soal sosialisasi. Karena itu kami terus beru­saha meyakinkan pasangan yang mengalami kendala dalam memperoleh ketu­runan, agar segera mengikuti program sebelum usia me­nyentuh angka 35, demi tingkat keberhasilan program yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu, Dr Hel­gawati, Direktur RSU C-BMC Padang mengakui bah­wa beberapa pasangan di Kota Padang, dan umumnya di Sumbar, memiliki kemam­puan untuk mengikuti prog­ram bayi tabung, namun masih terkendala stigma ne­gative seperti perasaan malu.

Informasi dari Embriolog Morula IVF Padang, Dr Roza Silvia, pada tahun lalu ter­dapat 52 siklus bayi tabung di Morula IVF Padang, de­ngan persentase keberhasilan melebihi persentase ke­ber­hasilan Morula secara na­sional. (h/isq)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 November 2016 - 01:43:21 WIB
    PENGHARGAAN LAPORAN KEUANGAN WTP DARI MENKEU RI

    Padang Dapat Bonus DID Rp52 M

    Padang Dapat Bonus DID Rp52 M PADANG, HALUAN — Pe­me­rintah Kota (Pemko) Pa­dang mendapatkan peng­hargaan dari Menteri Keua­ngan (Menkeu) RI, Sri Mul­yani Indrawati. Penghargaan bergengsi ini diraih atas keberhasilan Pemko Padang dalam menyusun da.
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:15:06 WIB

    Hingga November 2016, TRTB Terima 1.152 Permohonan IMB

    PADANG, HALUAN — Jumlah pemohon izin mendirikan ba­ngu­nan (IMB) di Kota Padang terus meningkat setiap tahun. Tahun ini, berdasarkan catatan Dinas Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Kota Padang, dari Januari hingga 8 Nov.
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:33:51 WIB
    BNN TURUN KE KAMPUS

    Penyalahguna Narkoba di Sumbar 63.352 Orang

    Penyalahguna Narkoba di Sumbar 63.352 Orang PADANG, HALUAN — Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat Mohammad Ali Azhar menyetakan penyalahguna Narkotika di daerah ini sudah sangat mencemaskan..
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:56:26 WIB
    JALUR PADANG-PADANG PARIAMAN

    521 Titik Perlintasan Kereta Api Ilegal

    PADANG, HALUAN —Se­banyak 521 titik perlintasan kereta api (KA) di sepanjang jalur lintasan rute Padang-Padang Pariaman, disinyalir sebagai pintu perlintasan KA illegal. Tidak hanya sebagai pemicu terjadinya kecelakaan, pi.
  • Senin, 27 Juni 2016 - 05:46:24 WIB

    Masjid Jamik Pauh Serahkan Santunan Rp52,1Juta

    Masjid Jamik Pauh Serahkan Santunan Rp52,1Juta PADANG, HALUAN—Masjid Jamiek Pauh Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang memberikan san­tunan anak yatim dan kaum duafa dengan total Rp 52,1 juta. Santunan tersebut diberikan dalam rangkaian buka bersama dan sekaligu.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]