Parkir Meter Belum Maksimal


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:48:39 WIB

PADANG, HALUAN — Dua bulan perja­lanan Parkir Meter, belum memperlihatkan perkembangan yang baik. Masyarakat masih tabu dalam mengenal dan mema­hami parkir meter.

Termasuk penyelenggaraan parkir online ini yang masih jauh dari komitmen awal yang ingin menjamin ketertiban, kenyamanan dan keamanan pengendara yang parkir di area parkir meter.

Persoalan masih berkutat kepada pungutan oleh juru parkir liar yang masih merajalela dan pengguna jasa parkir yang tidak mau menggunakan parkir meter.

Pantauan Haluan di tiga titik area parkir meter, dari 10 segmen parkir meter hanya 6 segmen yang beroperasi. Sedangkan 4 segmen masih dikuasai oleh juru parkir liar.

Kemudian di Jalan Niaga hanya satu segmen yang beroperasi dari 9 segmen dan Jalan Pondok tidak ada satu alat serta area yang bisa digunakan untuk parkir meter. Padahal di Jalan Pondok terdapat 7 segmen untuk area Parkir Meter.

Pengamat Hukum Tata Negara Unand, Yuslim mengatakan jika dasar hukum Parkir Meter yakni Perda no 11 tahun 2011 tentang retribusi jasa umum memang harus ada turunannya sehingga ada sebuah kajian yang mengatur parkir meter itu sendiri. Untuk itu Pemko Padang harus sadar, sebelum membuat Perda tersebut harus yakin bisa melaksanakannya atau tidak.

Sementara itu, Kepala Cabang PT MATA, Hardian mengatakan baik juru parkir liar maupun pengguna jasa parkir yang melanggar terhadap prosedur prog­ram parkir meter dapat dilakukan pener­tiban. Subjek yang melakukan penertiban adalah Dinas Perhubungan, kepolisian, Satpol PP.

“Dasar hukum penertibannya ada. Ada Per­da no 11 th 2011 tentang retribusi jasa umum, pasal 671 kitab UU Hukum Perdata, dan ada tiga pasal seperti Pasal 275 ayat 2, Pas­al 287 ayat 2, dan Pasal 287 ayat 1,” jelas Hardian.

Hardian juga mengatakan Pemko agar serius untuk menyelenggarakan Parkir Meter. Dua bulan perjalanan parkir meter masih terkatung-katung. Penindakan kepada juru parkir liar dan pengendara bisa dilakukan dengan dasar hukum ini.

“Kami sekarang masih melakukan sosialisasi terkait parkir meter ini ke masyarakat. Namun, jika tidak juga efektif mungkin kami akan mendesak Pemko Padang dan kepolisian untuk melakukan penindakan,” ungkapnya. (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 10:29:29 WIB

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. .
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:12:43 WIB

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gagalnya program parkir meter di Kota Padang membuat pungutan parkir manual kembali berkuasa. Namun, dalam waktu dekat pemerintah kota (pemko) akan mengambil alih dengan cara kontrak dengan petugas .
  • Kamis, 26 September 2019 - 17:20:12 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) resmi memberhentikan parkir meter yang selama ini terkatung. Pasalnya, pihak ketiga parkir meter tersebut sudah menyerahkan secara hukum ter.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 23:29:52 WIB

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Namun, saat ini pemko Padang masih mencari i.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 18:02:29 WIB

    Dishub Padang Inginkan Seluruh Parkir Dikelola Pihak Ketiga

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang merencanakan seluruh parkir di Kota Padang bisa dikelola oleh pihak ketiga nantinya, baik dari perusahaan daerah atau perusahaan swasta. Keinginan ini untuk m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]