Dijenguk Rekan Dan Sejawat, Dahlan Iskan Minta Dibawakan Mesin Tik


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:50:40 WIB

JAKARTA, HALUAN — Dahlan Iskan yang sedang ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya di Medaeng, meminta dibawakan mesin ketik kepada rekan-rekannya yang menjenguk. Permintaan itu dipenuhi.

Hal itu diungkapkan sa­lah satu kolega atau teman Dahlan, Misbahul Huda. Mantan Dirut PT Temprina Media Grafika itu men­de­ngar langsung keinginan Dahlan tersebut. “Saya be­suk hari Jumat (28/10) pagi kemarin bersama dua teman saya,” ujar Misbahul, Ming­gu (30/10).

Setelah menunggu an­trean yang cukup lama, mereka bertiga masuk dan bertemu dengan Dahlan. Setelah bertemu, Misbahul lalu memberi Dahlan se­jumlah buku untuk bahan bacaan. Mereka kemudian terlibat dalam pembicaraan yang serius tapi santai. 

Kepada Dahlan, Mis­bahul mengingatkan bahwa dulu sahabatnya itu pernah mempunyai tiga obsesi. Yai­tu ngopeni (memelihara) pesantren, membuat buku, dan menjadi guru. Dalam kondisi Dahlan yang dita­han, Misbahul menyarankan agar Dahlan mengisi wak­tunya untuk menulis karya.

“Tokoh-tokoh besar kan menelurkan tulisan atau buku saat mereka berada di penjara,” kata Misbahul.

Dahlan menyetujui ide tersebut dan langsung me­minta Misbahul mencarikan mesin ketik. “Saya tolong dicariin mesin ketik, begitu kata Pak Dahlan,” lanjut Misbahul.

Sebenarnya ada ide un­tuk membawakan Dahlan se­buah laptop, tetapi membawa lap­top di dalam sel tahanan tidak diperbolehkan. Misbahul sempat berujar akan mem­bawakan Dahlan sebuah me­sin ketik listrik. Tetapi Dahlan menolaknya dengan alasan akan susah mencari colokan listrik.

“Kami keluar setelah ber­temu Pak Dahlan selama 30 menit. Setelah itu, segera saya hubungi teman-teman dan mesin ketik itu dise­rahkan ke Pak Dahlan sore harinya,” terang Misbahul.

Selain meminta mesin ketik, Dahlan juga meminta dibawakan baju santai serta sejumlah buku yang salah satunya adalah novel ber­ba­hasa Inggris. “Saya lupa judul novelnya,” tandas Misbahul.

Kepala Rutan Medaeng Djumadi mengatakan bahwa membawa mesin ketik ke dalam sel tahanan diper­bolehkan. Karena mesin ketik sifatnya pribadi dan tak bisa digunakan untuk be­rinteraksi dengan dunia luar, tidak seperti laptop ataupun ponsel.

“Sifatnya kan sama de­ngan alat tulis. Hanya saja mesin tik bisa membuat tuli­san menjadi lebih bagus dan tertata. Tidak apa-apa,” kata Djumadi dikutip detik.com.

Dahlan Sehat

Sementara Pengacara Dahlan Iskan, Peter Talaway, memastikan kliennya dalam kondisi sehat selama ditahan di Rutan Klas I Surabaya, Waru, Sidoarjo. Menurutnya, kondisi sel yang dihuni Dahlan Iskan dalam kategori layak.

“Pak Dahlan kemarin saya ketemu dalam kondisi sehat-sehat saja, tidak ada perlakuan atau diskriminasi juga terhadap beliau,” ujar Peter, saat dikonfirmasi de­tikcom, Minggu (30/10).

Menurut Peter, ruang tahanan Dahlan sama seperti tahanan lainnya. Kliennya juga tidak mengeluhkan kon­disi ruang tahanan yang dihuninya. “Kalau dibilang, namanya ruang tahanan ya tidak layak. Tetapi untuk ukuran Rutan di Indonesia ya ini termasuk layak,” ujarnya.

Dia juga menepis rumor adanya kabar yang me­nga­takan Dahlan diberi ruang tahanan yang tidak layak. “Soal kabar-kabar itu bo­honglah, tetap dia tidur di atas ranjang dan cukuplah,” ucap Peter.

Dahlan menjadi ter­sang­ka di Kejati Jatim karena diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam pen­jualan aset PT PWU di Ke­diri dan Tulunganggung pada periode tahun 2000-2010. Diduga penjualan aset itu di bawah Nilai Jual Ob­jek Pajak (NJOP). 

Namun jumlah kerugian negara yang terjadi akibat kasus ini masih dalam hi­tungan Badan Pengawasan K­e­uangan dan Pem­ba­ngu­nan (BPKP). Atas per­bua­tannya Dahlan dikenakan Pasal 2 dan atau Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2001 ten­tang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Rencananya Dahlan akan diperiksa kembali pada Se­nin (31/10) besok. Dahlan sebelumnya ditahan pada Kamis (27/10) setelah 5 kali menjalani pemeriksaan di Kejati Jatim. (h/yan)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM