Pengembangan Mandeh Butuh 600 Miliar


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:52:13 WIB

PADANG, HALUAN —  Sekitar 40 miliar anggaran dari APBD Provinsi telah tersedot untuk pengembangan kawasan Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Namun untuk pengembangan kawasan ini secara keseluruhan, termasuk pembangunan jalan tembus ke Sunagi Pisang Kota Padang, setidaknya dibutuhkan biaya 600 miliar lagi.

Meski begitu, Komisi V DPRD Sumbar meminta pemerintah setempat untuk menggali potensi yang ada untuk lebih mendongkrak perekonomian masyarakat.

Ketua Komisi V DPRD Sumbar Apris Yaman menyebutkan potensi pulau-pulau di kawasan Mandeh bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Keyakinan ini didukung dengan telah ditetapkannya Mandeh sebagai salah satu destinasi wisata di Sumbar.

“Pemkab dan Provinsi agar bisa menyikapi peluang ini sebaik mungkin. Sehingga nantinya pengembangan wisata di Mandeh turut bisa menekan angka ke­miskinan di Pessel,” papar Apris, Jumat (28/10).

Ditambahkan Apris, hingga sekarang total APBD Provinsi yang sudah masuk ke Mandeh adalah sekitar Rp40 miliar. Ini dipakai untuk peningkatan jalan di daerah tersebut. Kedepan ia berharap investor lokal atau mas­ya­rakat juga bisa ikut andil me­nyediakan berbagai sarana dan prasarana  penunjang wahana pariwisata di sana. Seperti home­stay untuk penginapan, atau berbagai sarana hiburan lain seperti daiving, snorkling dan Banana Boot yang bisa dipakai menuju sejumlah pulau. 

“Peran masyarakat khususnya investor local sangat diperlukan untuk menopang berbagai fasi­litas untuk kawasan Mandeh, de­mi kenyamanan pengunjung objek wisata tersebut,” ungkap Apris.

DPRD Sumbar sendiri, tegas Apris, juga akan terus berupaya mengalokasikan anggaran untuk pengembangan selanjutnya. Saat ini DPRD tengah membahas APBD Sumbar 2017, meskipun tak merinci berapa anggaran yang akan dialokasikan, namun menu­rut dia tahun 2017 kawasan Man­deh masih sangat berpotensi menerima kucuran dana provinsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pessel, Gunawan men­jelaskan Mandeh membutuhkan anggaran tak kurang dari Rp600 miliar lagi untuk pengembangan ke depan. Anggaran ini dibutuh­kan untuk perampungan jalan dari dari Mandeh sampai Sungai Pisang, Kota Padang. Saat ini jalan tersebut sudah dibuka, dan pe­ngerjaannya dimuat dalam ang­garan multiyears selama tiga tahun.

Lebih lanjut disampaikan juga, dalam pengembangan pari­wisata Mandeh sejauh ini mas­yarakat juga disertakan dalam dinamika yang ada. Masyarakat tak hanya jadi penonton, tapi juga dilibatkan secara langsung.

“Konsep itulah yang kita kembangkan. Salah satu cara mewujudkannya kita memberi pelatihan kepada kelompok-ke­lompok masyarakat yang tersebar di sembilan kawasan Nagari di Pessel,” pungkas Gunawan. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 06 Maret 2020 - 11:26:39 WIB

    Pengembangan Bandara Rokot akan Mulai Kontrak di Mei

    Pengembangan Bandara Rokot akan Mulai Kontrak di Mei TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan pengembangan Bandar Udara Rokot, Kecamatan Sipora Selatan,  ditargetkan terkontrak pada bulan Mei tahun ini, pasalnya persoalan lahan yang selama menjadi kendala utama, sudah diberesk.
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 18:21:06 WIB

    UPTD LH Kota Pariaman Mulai Lakukan Pengembangan Labor

    UPTD LH Kota Pariaman Mulai Lakukan Pengembangan Labor PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup (LH) Kota Pariaman terus berupaya untuk pengembangan labor dengan cakupan layanan daerah yang lebih luas..
  • Kamis, 27 Februari 2020 - 18:58:59 WIB

    Pengembangan Sapi Belgian Blue di PTU-HPT Padang Mengatas Capai Target

    Pengembangan Sapi Belgian Blue di PTU-HPT Padang Mengatas Capai Target LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Pengembangan ternak sapi potong unggul jenis Belgian Blue mencapai target. Hal ini satu langkah maju dalam kerangka pengembangan sapi potong unggul di Sumatera Barat yang dikembangkan pada.
  • Senin, 27 Januari 2020 - 14:43:05 WIB

    Pasaman Usulkan Pengembangan Destinasi Geopark pada 2020

    Pasaman Usulkan Pengembangan Destinasi Geopark pada 2020 PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman berencana kembangkan destinasi Geopark untuk menunjang pertumbuhan dunia pariwisata di daerah itu, pada 2020..
  • Rabu, 28 Agustus 2019 - 21:58:53 WIB

    Pemkab Pessel Percepat Masterplan dan Amdal Pengembangan KEK Bukik Ameh

    Pemkab Pessel Percepat Masterplan dan Amdal Pengembangan KEK Bukik Ameh PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), terus mempercepat proses penerbitan Masterplan dan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) d.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM