TARGETKAN SATU KADER SATU DAPIL DPR RI

PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019


Senin, 31 Oktober 2016 - 01:53:15 WIB
PKB Sumbar Bersiap Hadapi Pemilu 2019 KETUA DPW Partai PKB Sumbar, Febby Dt. Babangso saat berkunjung ke Haluan bersama Ketua Fraksi PKB di DPR RI Hj. Ida Fauziyah dan Arzetti, Anggota DPR RI pemilihan Jawa Timur, Minggu (30/10).

PADANG, HALUAN — Pengalaman kalah telak di pemilihan umum (pemilu) 2014 silam mengharuskan Partai Kebangkitan bangsa (PKB) di Sumatera Barat curi star dalam mempersiapkan diri menuju Pe­milihan Umum (Pemilu) 2019. Sedari kini, partai yang berideologi Islam ini sudah mulai menggalang kekua­tan dengan target merebut sebanyak mungkin kursi legislatif di Sumbar dan 19 kabupaten/kota.

“Kami sudah start untuk Pemilu 2019 mendatang. Pengalaman tahun 2014 yang menyakitkan  adalah pelajaran yang berharga dan sebagai bahan untuk evaluasi kami untuk berbenah dan bisa menjadi salah satu partai pemenang di tahun 2019,” terang Ketua DPW Partai PKB Sumbar, Febby Dt. Ba­bangso saat kunjungannya ke Haluan bersama Ketua Fraksi PKB di DPR RI Hj. Ida Fauziyah dan Anggota DPR RI pemilihan Jawa Timur, Arzetti, Minggu (30/10).

Pada Pemilu 2014 silam, ti­dak ada satupun caleg dari PKB yang maju ke DPR RI dan DPRD Sum­bar. Sedangkan tingkat Kabu­paten/Kota, kader PKB hanya di Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Padang Pariaman. Hasil Pemilu 2014 merupakan hasil terburuk di Sumatera Barat semenjak partai ini didirikan tahun 1998.

“Tidak bisa ditampik di Sum­bar ini, jika mendengar PKB masyarakat langsung ingat Gus Dur. Memang nama Gus Dur tidak tenar dikalangan urang awak. Jika melihat PKB, ini partai orang Jawa. Sebenarnya hal ini tidak benar karena secara filosofi keaga­maan dan politik ada kesamaan antara orang Jawa dan Minang­kabau,” katanya.

Dijelaskan Febby, PKB yang merupakan anak dari Nahdlatul Ulama (NU) memiliki kekhasan terhadap Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) di Canduang, Kabupaten Agam. Pasalnya, Pen­diri NU yaitu Hasyim Al-Asy’ari dan pendiri PERTI, Syekh Sulai­man Ar-Rasuli (Inyiak Canduang) sama-sama berguru kepada Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi di Mekkah. Setelah belajar, dua ulama besar ini pulang ke daerah masing-masing. Hasyim Al-Asy’­ari pulang ke Jombang, Jawa Timur sedangkan Syekh Sulai­man Ar-Rasuli pulang ke Can­duang, Kabupaten Agam, Su­matera Barat.  

“Ada benang merah dalam filosofi Islam NU dengan Tarbiyah Islamiyah dalam menjalankan ahlul Sunnah Wal Jamaah, khu­susnya di politik. Dua pendirinya adalah sama-sama murid dari ulama besar Minang di Kota Mekkah kala itu dan berada di masa yang sama. Jadi banyak kesamaan dalam menjalankan perjuangan Islam di bidang po­litik,” katanya.

Ditambahkannya, jika Jawa Timur bisa menjadi basis terkuat PKB, harusnya Sumbar juga bisa karena tujuan politik PKB tidak lain untuk memperjuangkan warna Islam dan tradisi budaya lokal itu menjadi ciri khas yang kuat bagi Indonesia. Hal ini sama dengan tujuan dan keinginan masyarakat Sumbar yang dulunya juga sebagai pendiri Bangsa In­donesia ini.

Untuk memulai percaturan politik tahun 2019, PKB Suma­tera Barat sudah membuka kesem­patan bagi anak muda yang ingin maju dalam kancah dunia politik baik itu untuk legislatif di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi mau­pun di tingkat Pusat.

“Sekarang kami masih me­nyu­sun struktur kepengurusan baru mulai dari tingkat Ranting hingga ke tingkat DPW Sumbar. Selama belum terbentuk, generasi muda yang ingin berjuang bersa­ma PKB dibukakan pintu selebar-lebarnya,” kata Febby lagi.

Sementara itu Ketua Fraksi PKB DPR RI, Hj. Ida Fauziyah mengatakan saat PKB menjadi partai besar di awal Reformasi, banyak hal yang bisa dikerjakan dan diperjuangkan. Bahkan disa­at PKB Berjaya, bagaimana kehi­du­pan harmonis antar suku, bangsa dan agama bisa terjalin dengan baik. Karena itulah, man­tan Presiden Alm. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dijuluki sebagai bapak Pluralisme.

“Pendiri Partai kami (Gus Dur-red) ini menanamkan makna dan cara menjadi negarawan dan cendikiawan Islam yang baik. Gagasan dan langkah yang selalu mengusung nilai-nilai toleransi, inklusif dan damai ditengah bangsa yang majemuk selalu ditekankan kepada seluruh kader. Jika mencintai negara ini, maka ber-PKB-lah anda untuk kema­juan bangsa dan negara ini,” katanya.

Untuk target tahun 2019, Ida mengaku PKB tidak terlalu mema­sang target yang tinggi untuk di Sumatera Barat. Cukup dengan memajukan 1 kader di 1 dapil untuk DPR RI sudah cukup. Di­tambah dengan terbentuknya ruang fraksi PKB di DPRD Pro­vinsi dan Kabupaten/Kota. (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 13:51:43 WIB

    PKB Sumbar Gencarkan Penataan Organisasi Tingkat Cabang

    PKB Sumbar Gencarkan Penataan Organisasi Tingkat Cabang PADANG, HARIANALUAN.COM-Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Pertai Kebangkitan Bangsa (PKB) gencar lakukan penataan organisasi kebawah, dengan cara menyiapkan cabang yang telah berakhir masa kepengurusanya di Kabupaten/Kota di Sumba.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 19:44:38 WIB

    PKB Kota Pariaman Berencana Gelar Muscab Akhir Maret

    PKB Kota Pariaman Berencana Gelar Muscab Akhir Maret PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Pariaman merencanakan Musyawarah Cabang (Muscab) pada akhir Maret mendatang, menyesuaikan dengan jadwal DPP PKB..
  • Jumat, 09 Agustus 2019 - 08:51:32 WIB

    PDIP Dapat Kursi Menteri Terbanyak, PKB: Wajar Sebagai Pemenang Pemilu

    PDIP Dapat Kursi Menteri Terbanyak, PKB: Wajar Sebagai Pemenang Pemilu JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhak mendapatkan jatah kursi menteri terbanyak, lantaran partai tersebut pemenang Pemilu 2019.
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 21:57:34 WIB

    PKB Bantah Kursi Ketua MPR Disepakati KIK untuk Golkar

    PKB Bantah Kursi Ketua MPR Disepakati KIK untuk Golkar JAKARTA.HARIANHALUAN.COM-Kesepakan Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang diklaim Wasekjen Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono yang menyebut bahwa kursi Ketua MPR adalah jatah Golkar, dibantah tegas oleh PKB ..
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 10:36:17 WIB

    PKB Sumbar Dukung Penuh Cak Imin Calon Ketum Lagi di Muktamar Bali

    PKB Sumbar Dukung Penuh Cak Imin Calon Ketum Lagi di Muktamar Bali PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumbar melaksanakan Rapat Koordinsi sekaligus memperingati Hari Lahir PKB ke-21 di Hotel Kyrad Bumi Min.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]