29 Warga Solok Positif HIV/AIDS


Selasa, 01 November 2016 - 01:05:51 WIB

AROSUKA, HALUAN — Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yakni 2013-2016, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Solok menemukan sebanyak 29 warga yang positif terjangkit HIV/AIDS, dan 10 orang diantaranya sudah meninggal dunia.

“Dari tes yang dilakukan Dinas Kesehatan menyatakan ke-29 orang warga itu positif HIV/AIDS,” kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Mirsal didampingi Kepala Bidang Pemberantasan Pe­nyakit Menular (P2M) Meri Anwar, di Arosuka.

Ke-29 orang warga po­sitif HIV/AIDS itu, lima orang di antaranya berasal dari kawasan Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya. Kemudian empat orang dari kawasan Singkarak, Keca­matan X Koto Singkarak, empat orang dari kawasan Selayo Kecamatan Kubung, empat dari Kecamatan Gu­nung Talang, empat dari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, dua dari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, dan 1 orang dari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas.

Mereka ada yang terkena HIV/AIDS di dalam wilayah Kabupaten Solok sendiri, ada juga yang terkena HIV/AIDS saat diperantauan dan kem­bali pulang kampung ke Kabupaten Solok. Untuk mengantisipasi penularan, pihaknya mengimbau warga khususnya yang sudah me­nikah, untuk selalu setia dengan pasangannya dan taat beribadah dan menjauhi la­rangan agama.

“Dan yang paling penting agar terhindar dari HIV/AIDS adalah hindari seks bebas,” katanya.

Pihaknya menerangkan, penularan HIV/AIDS lainnya bisa juga melalui jarum suntik yang dipakai oleh para pe­candu narkoba. Lantaran itu, Dinas Kesehatan setempat terus melakukan sosialisasi pencegahan dengan memberi pembekalan dan pencerahan kepada para kepala sekolah, dan remaja. Setelah itu kepala sekolah melanjutkan menyo­sialisasikan kepada seluruh siswa dan majelis guru di sekolahnya masing-masing.

“Kita juga  memberikan pembekalan kepada para mubaligh atau guru agama, yang kemudian menyo­sialisa­sikanya kepada jamaah mas­jid dan musala di daerahnya masing-masing,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberantasan Pe­nyakit Menular, Dinas Kese­hatan setempat Meri Anwar, menambahkan, puncak acara sosialisasi pencegahan dan penanggulangan penyakit HIV/AIDS akan dilak­sana­kan di daerah itu pada 1 Desember 2016. Dengan agenda acara adalah kam­panye anti HIV/AIDS yang acaranya akan dipusatkan di halaman parkir komplek perkantoran Bupati Solok di Arosuka. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]