Paguyuban Batak Sawahlunto Sukses Digelar


Selasa, 01 November 2016 - 01:06:35 WIB
Paguyuban Batak  Sawahlunto Sukses Digelar WALIKOTA Sawahlunto, Ali Yusuf menerima ulos dari Paguyuban Batak Dis Ni Roha dalam pentas seni” Semalam Di Bona Pasogit”. (HUMAS)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Pan’s Trio dari Jakarta sukses hibur warga paguyuban Batak dan warga Sawahlunto dalam pagelaran pentas seni budaya yang digelat oleh Parsahutaon Dis Ni roha Sawahlunto bertajuk “Semalam di Bona Pasigit” atau semalam di Ranah Ba­tak, Sabtu (29/10).

Meski hujan membasahi “ Kota Arang” Sawahlunto, namun melalui tembang-tembang Batak, Pop In­do­nesia dan lagi Minang yang dilantunkan Pan’s Trio mam­pu menghipnotis warga Ba­tak perantauan untuk ikut berndendang dan berjoget.

Ketua Paguyuban Batak Dis Ni roha Sawahlunto, P Simatupang menyebutkan, bentuk sumbangsih masya­rakat Sawahlunto yang ber­asal dari Tapanuli men­du­kung program pemerintah setempat dalam pengem­bangan dan pelestarian seni budaya Indonesia.

“Sebagai bagian dari ke­beragaman multi etnis Sa­wahlunto, kami warga Batak ingin berpartisipasi men­dukung peslestarian itu dan mendukung pengembangan bidang kepariwisataan mela­lui pentas seni dan budaya,” sebutnya.

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana, J Simanjuntak manambah, kegiatan ini pem­buktian dukungan dan ke­pedulian etnis Batak Sa­wahlunto terhadap pemba­ngunan kota. Selain itu dibe­rikannya ruang yang sama dengan semua etnis yangada untuk berkreasi, semakin mneguatkan keluarga Batak yang telah menjadi warga Sawahlunto untuk bersama sama memajukan kota ini mencapai visi dan misinya.

“Mendukung pemerintah agar seni dan budaya tanah leluhur ini terus lestari tak lekang dimakan waktu, se­kaligus ajang silaturahmi dan pelepas rindu perantau batak akan kampung halamannya,” sebut Simanjuntak.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, yang hadir dikesem­patan itu mengungkapkan apresiasinya atas keaktifan paguyuban Batak Dis Ni Roha dalam setiap iven seni budaya di kota ini. Hal itu menunjukkan bentuk du­kungan kuat seluruh warga Sawahlunto dalam men­du­kung pelestarian seni dan budaya di kota ini.

“Pemko sendiri akan te­rus mendukung dan meng­ako­modir seluruh paguyuban etnis yang ada termasuk paguyuban Batak, sehingga kesenian dan budaya yang telah menjadi bahagian kea­rifan lokal Sawahlunto yang terkenal dengan kebera­ga­man suku dan budayanya senantiasa terjaga sepanjang masa,” ungkapnya. (h/mg-rki)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]