Bahas Persoalan Bangsa, Jokowi Temui Prabowo


Selasa, 01 November 2016 - 01:10:56 WIB
Bahas Persoalan Bangsa, Jokowi Temui Prabowo PRESIDEN RI, Jokowi dan Prabowo Subianto bersalaman saat Jokowi bertamu ke kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10). Dalam pertemuan itu, mereka membahas beberapa masalah bangsa.

BOGOR, HALUAN — Presiden RI, Jokowi bertamu ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10), guna mendis­kusikan persoalan bangsa.

“Silaturahmi karena dulu saya pernah berjanji untuk datang ke Pak Prabowo,” ujar Jokowi menjelaskan maksud kunjungannya kepada para jurnalis, dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Haluan.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengakui bahwa pihaknya termasuk yang sesekali berbeda pandangan dengan pemerintah. Namun, ia tetap menyadari bahwa antara ia dengan pemerintahan Jokowi memiliki kepen­tingan yang sama, yakni menjaga keutuhan negara.

“Jadi, dalam hal-hal tertentu ya kita harus bertemu dan kita harus menyam­paikan, beliau (Presiden) sangat terbuka. Beliau minta pandangan saya tentang beberapa hal dan saya sampaikan. Saya bilang saya siap setiap saat diminta oleh pemerintah untuk terus memberi masu­kan demi kepentingan rakyat dan bangsa,” ucap Prabowo.

Banyak persoalan bangsa yang dibicarakan keduanya dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut.

“Tadi kami berbicara banyak hal terutama yang berkaitan dengan makro bangsa dan kebangsaan kita, juga makro yang berkaitan dengan politik kita, makro yang berkaitan dengan ekonomi kita. Beliau banyak sekali memberikan masukan-masukan dan pemerintah kita sangat menghargai apa yang tadi disam­paikan oleh Pak Prabowo,” tutur Jokowi.

Selain itu, dibahas juga mengenai sektor pertahanan dan keamanan negara. Prabowo, yang memang sebelumnya dikenal berkecimpung dalam bidang tersebut, memberikan pandangannya kepada Jokowi.

“Saya perhatian dengan beberapa masalah keamanan. Dan beliau kan sebagai panglima tertinggi. Jadi, saya wajib menyampaikan pandangan-pan­dangan saya dan alhamdulillah beliau sangat terbuka,” kata Prabowo.

Jelang pilkada serentak

Kepada sejumlah jurnalis, Prabowo mengemukakan pandangannya jelang Pilkada yang akan dilakukan secara serentak tahun depan. 

Prabowo selalu berharap agar pelak­sanaan pesta demokrasi rakyat dilakukan dengan baik dan tenteram. Ia juga berpesan agar mewaspadai setiap upaya yang dapat memecah belah bangsa.

“Kita harus jaga jangan sampai ada katakanlah unsur-unsur yang mau memecah belah bangsa. Itu yang sangat kita jaga. Kita negara yang majemuk. Kita negara banyak suku, banyak agama, banyak ras. Semua masalah kalau ada masalah marilah kita selesaikan dengan sejuk, dengan damai,” ujarnya. (h/ril)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 10:17:26 WIB

    Beredar Surat Membahas Madura Lockdown, ini Penjelasan Wagub Emil

    Beredar Surat Membahas Madura Lockdown, ini Penjelasan Wagub Emil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beredar Undangan dari Pemprov Jatim terkait rapat koordinasi dengan agenda pembahasan wacana lockdown Madura bersama Gubernur Jawa Timur. Dalam surat itu, terdapat susunan acara rapat yang diseleng.
  • Senin, 24 Februari 2020 - 18:29:46 WIB

    Bahas Harun Masiku Buron, Benny K Harman Heran Wajah Yasonna Pucat

    Bahas Harun Masiku Buron, Benny K Harman Heran Wajah Yasonna Pucat JAKARTA,HARIANHALUAN.COM -- Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyatakan tak akan mempertaruhkan integritas dirinya hanya karena masalah mantan calon anggota legislatif Harun Masiku, yang informasi keberadaannya sempat simp.
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 07:16:24 WIB

    Bahasa Indonesia Diklaim Penuhi Syarat Bahasa Internasional

    Bahasa Indonesia Diklaim Penuhi Syarat Bahasa Internasional JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengklaim Bahasa Indonesia sudah memenuhi sebagian besar syarat menjadi bahasa internasional..
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 20:34:51 WIB

    Sudah Dibahas Prabowo, Gerindra Bakal Dukung Gibran di Solo

    Sudah Dibahas Prabowo, Gerindra Bakal Dukung Gibran di Solo NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Partai Gerindra memberikan sinyal mendukung putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020. Bahkan, hal itu juga sudah dibahas ol.
  • Senin, 20 Januari 2020 - 13:36:04 WIB

    Prabowo Bahas Ancama Terhadap  Natuna di Raker Komisi I DPR

    Prabowo Bahas Ancama Terhadap  Natuna di Raker Komisi I DPR JAKARTA, HARIANHALUAN.COM- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengikuti rapat kerja (raker)  yang digelar  Komisi I DPR bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga negara yang menjadi mitra mereka, Senin (20/1/202.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM