Bahas Persoalan Bangsa, Jokowi Temui Prabowo


Selasa, 01 November 2016 - 01:10:56 WIB
Bahas Persoalan Bangsa, Jokowi Temui Prabowo PRESIDEN RI, Jokowi dan Prabowo Subianto bersalaman saat Jokowi bertamu ke kediaman Prabowo, di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10). Dalam pertemuan itu, mereka membahas beberapa masalah bangsa.

BOGOR, HALUAN — Presiden RI, Jokowi bertamu ke kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (31/10), guna mendis­kusikan persoalan bangsa.

“Silaturahmi karena dulu saya pernah berjanji untuk datang ke Pak Prabowo,” ujar Jokowi menjelaskan maksud kunjungannya kepada para jurnalis, dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden yang diterima Haluan.

Dalam pertemuan itu, Prabowo mengakui bahwa pihaknya termasuk yang sesekali berbeda pandangan dengan pemerintah. Namun, ia tetap menyadari bahwa antara ia dengan pemerintahan Jokowi memiliki kepen­tingan yang sama, yakni menjaga keutuhan negara.

“Jadi, dalam hal-hal tertentu ya kita harus bertemu dan kita harus menyam­paikan, beliau (Presiden) sangat terbuka. Beliau minta pandangan saya tentang beberapa hal dan saya sampaikan. Saya bilang saya siap setiap saat diminta oleh pemerintah untuk terus memberi masu­kan demi kepentingan rakyat dan bangsa,” ucap Prabowo.

Banyak persoalan bangsa yang dibicarakan keduanya dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam tersebut.

“Tadi kami berbicara banyak hal terutama yang berkaitan dengan makro bangsa dan kebangsaan kita, juga makro yang berkaitan dengan politik kita, makro yang berkaitan dengan ekonomi kita. Beliau banyak sekali memberikan masukan-masukan dan pemerintah kita sangat menghargai apa yang tadi disam­paikan oleh Pak Prabowo,” tutur Jokowi.

Selain itu, dibahas juga mengenai sektor pertahanan dan keamanan negara. Prabowo, yang memang sebelumnya dikenal berkecimpung dalam bidang tersebut, memberikan pandangannya kepada Jokowi.

“Saya perhatian dengan beberapa masalah keamanan. Dan beliau kan sebagai panglima tertinggi. Jadi, saya wajib menyampaikan pandangan-pan­dangan saya dan alhamdulillah beliau sangat terbuka,” kata Prabowo.

Jelang pilkada serentak

Kepada sejumlah jurnalis, Prabowo mengemukakan pandangannya jelang Pilkada yang akan dilakukan secara serentak tahun depan. 

Prabowo selalu berharap agar pelak­sanaan pesta demokrasi rakyat dilakukan dengan baik dan tenteram. Ia juga berpesan agar mewaspadai setiap upaya yang dapat memecah belah bangsa.

“Kita harus jaga jangan sampai ada katakanlah unsur-unsur yang mau memecah belah bangsa. Itu yang sangat kita jaga. Kita negara yang majemuk. Kita negara banyak suku, banyak agama, banyak ras. Semua masalah kalau ada masalah marilah kita selesaikan dengan sejuk, dengan damai,” ujarnya. (h/ril)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:59:25 WIB

    Fraksi PAN Dukung "Tim Kerja Bersama" Terkait Pembahasan RUU Cipta Kerja

    Fraksi PAN Dukung HARIANHALUAN.COM - Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Fraksi Partai Amanat Nasional, Guspardi Gaus, mengatakan fraksinya mendukung upaya pimpinan DPR membentuk "Tim Kerja Bersama" soal pembahasan RUU Cipta Kerja. Tim ini dik.
  • Sabtu, 18 Juli 2020 - 15:10:34 WIB

    Sandiaga Temui Prabowo, Bahas Apa Ya?

    Sandiaga Temui Prabowo, Bahas Apa Ya? HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Dalam kesempatan itu, keduanya mendiskusikan sejumlah masalah termasuk kondisi ekonomi serta k.
  • Kamis, 16 Juli 2020 - 19:10:34 WIB

    Pimpinan DPR Tegaskan Pembahasan RUU HIP Dihentikan

    Pimpinan DPR Tegaskan Pembahasan RUU HIP Dihentikan HARIANHALUAN.COM - Ketua DPR Puan Maharani beserta Wakil Ketua DPR Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Azis Syamsuddin menegaskan bahwa pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) a.
  • Senin, 13 Juli 2020 - 13:24:07 WIB

    Kemenag Pastikan Tak Ada Penghapusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah

    Kemenag Pastikan Tak Ada Penghapusan PAI dan Bahasa Arab di Madrasah HARIANHALUAN.COM - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan tidak ada penghapusan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab. Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag, A Um.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 20:48:35 WIB

    Pertemuan Prabowo dan Airlangga: Bahas Isu Reshuffle?

    Pertemuan Prabowo dan Airlangga: Bahas Isu Reshuffle? HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan tertutup dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto. Apakah pertemuan tersebut membahas reshuffle?.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]