Paslon Harus Serahkan Alat Peraga


Selasa, 01 November 2016 - 01:17:00 WIB

PADANG, HALUAN — Hari ini, Selasa (1/11) dua pasang calon yang bertarung di Pilkada Kabupaten Kepulauan Mentawai harus menyerahkan desain Alat Peraga Kampanye (APK) untuk dicetak oleh KPU. Selain menunggu APK, KPU juga menunggu jadwal kampanye dari pasangan calon.

Ketua KPU Mentawai Laurensius Sarogdok mengatakan, pihaknya sudah melakukan sejumlah tahapan mulai dari tanggal 24 Oktober 2016. Mulai dari penetapan paslon, pengumuman nomor urut. Pada 28 Oktober, sudah melaksanakan deklarasi Pilkada berintegritas dan damai. “Serta kirap kampanye damai yang dilaksanakan dari Kilometer 0 sampai ke Sikerei. Sebelum melaksanakan kirap, kedua Paslon menandatangani baliho yang sudah dibuat kesepakatan untuk pelaksanaan Pilkada berintegritas dan damai,” ujarnya.

Selain menunggu hasil desain APK dari Paslon, saat ini pihaknya sedang menunggu keputususan dari tim Paslon terkait jadwal kampanye umum yang akan dilaksanakan nantinya. Sementara itu, untuk kampanye tertutup dan terbatas pihaknya juga sudah mengusulkan gambaran, namun tidak disetujui oleh Paslon. “Jadi, kami saat ini menunggu saja kapan jadwal yang ditentukan oleh Paslon yang nanti akan ditetapkan oleh KPU,” ulasnya.

Ia juga mengatakan, saat ini KPU sedang melakukan proses rekap data pemilih yang nantinya akan menjadi Data Pemilih Sementara (DPS), yang sudah dilaksanakan sejak tangga 28 Oktober 2016 hingga tanggal 2 November 2016.

Sebelumnya, dua Paslon akhirnya resmi diumumkan KPU Mentawai, untuk bertarung pada Pilkada 15 Februari 2017 mendatang. Setelah melalui beberapa proses mulai dari pendaftaran, pemenuhan persyaratan calon hingga pemeriksaan kesehatan calon, dan sampai hari ini, Senin (24/10) KPU mengumumkan bahwa kedua paslon akan mengikuti pilkada yang akan dilaksanakan di 2017 mendatang.

Selasa (25/10) KPU juga akan mengundi dan mengumumkan nomor urut pasangan calon. Dua Paslon yang akan memperebutkan nomor urut 1 tersebut yakni, Rijel Samaloisa-Binsar Saleleubaja dengan partai pendukung Hanura dan Demokrat dan pasangan Yudas Sabaggalet-Kortanius Sabeleake yang didukung oleh tujuh partai politik diantaranya Partai PDI-Perjuangan, Golkar, Nasdem, Gerindra, PAN, PKS, dan PBB.

Laurensius berharap semua pihak dapat memberikan dukungannya untuk kelancaran, dan suksesnya pelaksanaan pilkada nanti. Baik itu, partai politik, relawan, simpatisan dan seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi mensukseskan pesta demokrasi ini. “Suksesnya pelaksanaan pilkada ini tidak hanya peran penyelenggara saja, melainkan juga peran serta semua unsur. Untuk itu, agar kita mendapatkan pemimpin yang mampu menjawab kebutuhan dan menjadi perpanjangan tangan masyarakat perlu dilakukan pemilu yang bersih, aman dan berintegritas,” ujarnya. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM