NORMALISASI BATANG LUMPO PENTING

Lima Nagari Bakal Bebas Banjir


Selasa, 01 November 2016 - 01:17:58 WIB

PAINAN,HALUAN — Dalam mengatasi bencana banjir akibat meluapnya Batang Lumpo di kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 126 Milyar.Sebanyak lima Nagari diharapkan bakal terbebas dari bencana banjir.

Kepala Dinas PSDA Pes­sel Yusdi Ali Umar didam­pingi sekretaris Zul Arzir, Senin(31/10) mengatakan, lima nagari yang menjadi sasaran pembangunan nor­maliasasi pelurusan sungai. Diharapkan kelima nagari itu akan terbebas dari banjir luapan Batang Lumpo.

Dikatakan, sudah empat nagari menyampaikan surat pembebasan tanah kepada Pemda Pessel yaitu, Nagari Gurun Panjang Utara, Nagari Gurun Panjang, Gu­run­pan­jang Barat dan nagari Gu­runpanjang Selatan, “Hanya nagari Pasar Baru yang di­pimpin oleh wali nagari Evon­riadi belum me­nye­rahkan surat pembebasan lahan dari masyarakat,” je­lasnya.

Akibat belum adanya kesedian masyarakat  nagari Pasar Baru yang berada pada bagian daerah  muara sungai, membuat pembangunan nor­maliasasi sungai belum bisa dilaksanakan. “Jika  hanya dikerjakan pada daerah yang sudah bebas saja di bagian ulu sungai, dikhawatirkan berdampak negatif terhadap keselamatan masyarakat de­kat muara sungai  di kam­pung Lubuk Kumpai Nagari Pasar Baru, juga dapat me­ngan­cam keselamatan fasi­litas umum sebuah jembatan di daerah tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, untuk me­ngatasi banjir yang sering terjadi selama ini, di­ha­rapkan pemerintahan nagari Pasar Baru bersama ninik mamak, tokoh masyarakat dan pemilik lahan dapat membebaskan daerah pem­bangunan nor­malisasi su­ngai menuju mua­ra. Bila tidak segera dilak­san­akan pe­lurusan alur sungai, dikhawatirkan ancaman ban­jir yang lebih besar bakal terjadi,” ingatnya. (h/mjn)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]