SMKN 1 Solsel Optimis Juara LSS Tingkat Provinsi Sumbar


Selasa, 01 November 2016 - 01:28:15 WIB
SMKN 1 Solsel Optimis Juara LSS Tingkat Provinsi Sumbar KETUA tim penilai LSS, Perum K, bersama Bupati, Muzni Zakaria dan Ketua TP PKK Solsel, Ny. Suriati Muzni ketika proses penilaian berlangsung di aula SMKN 1 Solsel, Senin, (31/10). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN —  SMKN 1 Solok Selatan (Sol­sel) optimis juara Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Sumbar dan melaju ke tingkat nasional. Hal itu dikatakan Kepala SMKN 1, Novrizon saat penilaian tim provinsi di Aula SMKN 1, Senin, (31/10).

Ia optimis bisa menang LSS tingkat Sumbar sehingga bisa melaju mewakili Sumbar ketingkat nasional. 

“Melihat kondisi ling­ku­ngan sekolah saat ini kita optimis bisa mewakili Sum­bar ke­tingkat nasional. Hal ini me­nun­ju­kan SMKN 1 mem­punyai potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan bisa memberi motivasi bagi sekolah lain,” ujar Novrizon.

Setidaknya ka­ta­nya, lom­ba ini dapat me­motivasi sekolah lain me­ningkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungannya. “ LSS ini standarisasi berlaku baik untuk sekolah negeri dan sekolah swasta. Kriteria pe­nilaian meliputi kualitas sekolah, siswanya, gedung sekolah, fasilitas, lingkungan, keberadaan Unit Kesehatan Siswa (UKS), pola hidup sehat bersih,”tuturnya.

Sementara, Ketua tim penilai LSS tingkat Sumbar dipimpin oleh Kepala Biro Dinas Sosial,  Perum K me­ngatakan dari 18 Kota/Ka­bupaten di Sumbar yang mengikuti LSS, Solsel me­rupakan Kota/Kab ke-17 yang dikunjungi tim penilai. “Terakhir kota Padang yang akan dinilai,”kata Perum.

Menurutnya, dari 100 bobot nilai yang diberikan, setidaknya 70 persen adalah nilai yang berasal dari se­kolah dan 30 persen nilai dari sekretariat (kantor Camat) tempat lokasi sekolah berada. “Se­dikitnya ada 15 indi­kator penilaian. DIantaranya, dimu­lai dari penilaian ruang kerja kepala sekolah, majelis guru, kelas belajar, ibadah, UKS, BK, kamar mandi dan WC, kantin sekolah. Yang ter­penting jangan merokok di­ling­kungan sekolah dan tidak ada bekas puntung rokok di area sekolah,” katanya

Adapun wakil Solsel yang menjadi nominasi LSS tingkat Provinsi ini adalah SMKN 1 Dari Kecamatan Sungai Pagu, MTsN Pakan Salasa dari Kecamatan Pauh Duo, MIN dari Kecamatan Sangir Jujuan dan TK Ha­rapan Bangsa dari Ke­ca­matan Sangir Balai Janggo.

Sementara, Bupati Solsel, Muzni Zakaria berharap Sol­sel menjadi juara disetiap kategori. Ia mengharapkan, LSS dapat memotivasi ter­wujudnya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih. Se­hingga peserta didik dapat belajar, tumbuh dan ber­kembang secara harmonis dan optimal.

“Dan pada akhirnya se­kolah dapat melahirkan SDM yang lebih berkualitas. Lom­ba seperti ini juga bahan bagi kita untuk mengevaluasi sudah sejauh mana kita ber­buat,”tutupnya. (h/jef)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 Januari 2020 - 16:08:59 WIB

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga

    Anggota DPRD Sumbar, Firdaus Jaring Aspirasi ke SMKN 1 Sintoga PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN - Aggota DPRD Sumbar Firdaus lakukan reses pertama 2020 di SMKN 1 Sintoga Padang Pariaman, dalam rangka menjaring aspirasi di di daerah pemilihanya. Dalam kunjungan itu, pihak sekolah menyampaikan.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 16:46:57 WIB

    Bulan Bakti PDKB, PLN UIW Sumbar Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi

    Bulan Bakti PDKB, PLN UIW Sumbar Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar kegiatan PDKB Mengajar di SMKN 1 Bukittinggi (19/12)..
  • Senin, 22 Januari 2018 - 02:17:23 WIB

    Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto Divonis 18 Bulan

    Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto Divonis 18 Bulan SAWAHLUNTO, HALUAN - Mantan Kepala SMKN 2 Sawahlunto, Hasdiono divonis bersalah dalam sidang perkara korupsi pembangunan gedung sekolah di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Padang, Jum’at (19/1)..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 01:07:51 WIB

    Cakak, SMKN 2 Bagaleboh

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Ketenangan proses be­lajar mengajar di SMK Ne­geri 2 Payakumbuh, Rabu (21/12) siang berubah men­cekam. Siswa buncah, guru juga terlihat panik. Sejumlah polisi bahkan mendatangi sekolah kebanggaan wa.
  • Rabu, 09 November 2016 - 00:08:42 WIB

    Empat Tahun Berdiri, SMKN 1 Pancung Soal Tak Tersentuh Listrik

    PAINAN, HALUAN - Empat tahun sejak berdirinya SMKN 1 Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), belum mendapat aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Padahal untuk kegiatan proses belajar mengaj.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM