BPBD Pessel Peroleh Bantuan BNPB


Selasa, 01 November 2016 - 01:29:09 WIB
BPBD Pessel Peroleh Bantuan BNPB Kapal dan perahu karet bantuan BNPB Pusat untuk daerah Pessel dalam membantu penyelamatan korban. (M JONI)

PAINAN,HALUAN — Kabupaten Pesisir Selatan mendapat bantuan peralatan tanggap darurat berupa , 1 unit kapal Dalfin 60 PK, 1 unit perahu karet, 2 unit perahu paratelin dari Badan Nasional Penang­gulangan Bencana (BNPB) Pusat. Peralatan tersebut diserahkan oleh kepala pelaksana BPBD Sumbar diwakili Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Sumbar Rifana Pagar­negara kepada bupati Pessel H Hendrajoni.

Kepala BPBD Pessel H Frinurdin melalui Suiker Marpaung, Senin(31/10) me­nga­takan, bantuan peralatan tanggap darurat yang diberikan pemerintah pusat tersebut, merupakan i peralatan mitigasi bencana operasioanal di sungai dan dilaut di dalam membantu korban. Peralatan tersebut dapat digunakan untuk pengawasan, pengamanan,terutama pada daerah wisata pantai di Pessel.

Menurutnya, daerah kabupaten Pesisir Selatan merupakan salah satu daerah rawan terhadap ancaman berbagai bencana alam di sumbar seperti, ban­jir,longsor,gelombang besar, apalagi ketika terjadi cuaca ekstrim, tingginya gelombang laut dan badai kondisi tersebut selalu mengundang korban tenggelam dan hanyut di sungai, maka kendala selama ini dalam membantu korban, salah satunya akibat peralatan yang dimiliki daerah terbatas.

Dengan adanya bantuan kapal tersebut, setidaknya bila terjadi bencana korban hanyut dan tenggelam, kapal tersebut dapat difungsikan secara maksimal sebagai armada bagi para petugas SAR Pessel di dalam memberikan penyelamatan kepada pihak korban.

Bantuan ini akan enjadi jawab atas tanggapan miring yang disampaikan masyarakat tentang petugas penyelamat BPBD Pessel yang terkesan lamban akibat keterbatasan peralatan.

Tokoh masyarakat Painan Syafril mengatakan, Pemda Pessel diharapkan memiliki tenaga terampil dan cekatan serta peralatan yang memadai dalam upaya mengatasi korban, terutama bagi mereka yang terancam bencana alam banjir yang sering terjadi didaerah ini. “Tingginya intesitas hujan selalu mengundang banjir yang mengepung daerah pemukiman masyarakat. Banjir dipicu akibat meluapnya air sungai. Dalam peristiwa ini tidak sedikit kerugian yang diderita masyarakat bahkan terjadi korban jiwa,” ujarnya. (h/mjn)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 16:46:15 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Payakumbuh Siapkan Program Penanggulangan Bencana

    Cuaca Ekstrem, BPBD Payakumbuh Siapkan Program Penanggulangan Bencana PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Cuaca ekstrim yang melanda kota Payakumbuh akhir-akhir ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, melakukan pengawasan ekstra, demi kenyaman masyarakat. Pasalnya, di.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 19:13:49 WIB

    Henry Chaniago Ditunjuk Jadi Plt Kepala BPBD Sijunjung, Seperti Apa Sih Sosoknya?

    Henry Chaniago Ditunjuk Jadi Plt Kepala BPBD Sijunjung, Seperti Apa Sih Sosoknya? SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM - Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menunjuk Kepala Bagian Perekonomian Setdakab, Henry Chaniago sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sij.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 15:35:37 WIB

    Antisipasi Bencana, BPBD Siagakan Petugas di Posko

    Antisipasi Bencana, BPBD Siagakan Petugas di Posko PARIAMAN,HARIANHALUAN.COM - Terkait cuaca ekstrem yang terjadi beberapa waktu belakangan, BPBD Kota Pariaman siagakan petugas di posko-posko yang sudah ditentukan lengkap dengan peralatan untuk memudahkan dan memperlancar tug.
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 22:29:28 WIB

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM AGAM,HARIANHALUAN.COM-–TIM Strengthened Indonesia Resilience Reducing Risk From Disasters (StIRRRD) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, melakukan monitoring rencana aksi (action plan) PRB BPBD Kabupaten Agam, di Aula K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM