Janjang Sajuta di Lereng Singgalang Bakal Dibangun Pemkab Agam


Selasa, 01 November 2016 - 01:37:15 WIB

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam menggulirkan lagi terbosan baru dalam mengembangkan potensi ekowisata. Pemkab Agam bakal membangun Janjang Sajuta di Objek Agro Wisata Lereng Singgalang, Kecamatan Banuhampu. Rencana pengembangan objek tersebut juga sudah mendapatkan dukungan perantau Agam.

Kepala Dinas Ke­bu­da­yaan dan Pariwisata (Dis­budpar), Hadi Suryadi, Senin (31/10), mengatakan, Objek Agro Wi­sata di lereng Sing­galang, sangat strategis. Jenjang itu nantinya akan membawa pe­ngunjung me­napaki medan mendaki pada lereng pe­gu­nungan tersebut. “Pada tahun 2017 nanti ke­inginan mem­bangun Janjang Sajuta di objek wisata itu bisa direalisasikan. Jenjang akan tembus ke hutan pinus di pinggang Gunung Sing­ga­lang. Pemandangannya sa­ngat bagus, dan memiliki nilai serta daya tarik yang kuat,” kata Hadi.

Tak hanya sampai di situ. Nantinya lokasi itu akan dilengkapi gerbang masuk yang akan ditulis “Janjang Sajuta Lereng Singgalang”. Secara bertahap, fasilitas pendukung objek akan di­lengkapi, sehingga Objek Agro Wisata Lereng Sing­galang menjadi destinasi wisata layak jual. Se­be­lum­nya juga sudah di­bangun Janjang 1001 di Objek Wi­sa­ta Ikan Sakti Sungai Janiah, Kecamatan Baso, dan Janjang Koto Gadang di IV Koto.

“Kita menginginkan wi­sa­tawan memiliki kesan men­dalam sehingga pengunjung diharapkan selalu ber­ke­inginan kembali ke lokasi itu setelah pulang. Kami optimis kerjasama Disbudpar dengan Dinas Kehutanan dan Per­kebunan (Dishutbun) Agam, akan menjadikan Objek Agro Wisata Lereng Singgalang terwujud,” jelasnya.

Apa lagi rencana tersebut juga sudah direspon baik oleh para perantau, dukungan pe­rantau tidak hanya dimulut saja. Beberapa waktu bela­kangan sudah mengalirnya bantuan material, terutama dari perantau sukses. Kemu­dian antusias anak nagari sekitar objek, juga sangat me­ngem­birakan. Mudah- mudahan ini menjadi langkah baik kedepan.

“Pembangunan Janjang Sajuta adalah sebuah ke­inginan tidak hanya dari pemerintah namun juga anak nagari, serta perantau. Apa­bila dilihat ke belakang, tidak ada hal yang mustahil dila­kukan apabila diper­sa­ma­kan,” jelasnya.  (h/yat)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 September 2016 - 02:16:28 WIB

    Janjang Koto Gadang Bakal Dibenahi

    Janjang Koto Gadang Bakal Dibenahi BUKITTINGGI, HALUAN — Terkait adanya pengaduan masyarakat yang mengeluhkan kondisi jalan di kawasan objek wisata Janjang Koto Gadang atau yang juga dikenal dengan sebutan The Great Wall of Koto Gadang, Wakil Wali­kota H. I.
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 12:59:05 WIB

    Nagari Batu Bajanjang Didorong Kembangkan Pertanian Organik

    Arosuka, Haluan — Se­bagai nagari yang berada di daerah subur di kaki Gunung Talang, Nagari Batu Bajan­jang Kec. Lembang Jaya me­rupakan salah satu daerah penghasil sayur di kabupaten Solok selain Bukit Sileh, Sungai Na.
  • Rabu, 18 Mei 2016 - 03:48:08 WIB

    Batubajanjang Garap Potensi Hot Water Boom

    Arosuka, Haluan — Nagari Batubajanjang Kec. Lembang Jaya sangat ber­potensi dikembangkan men­­jadi salah satu lokasi wisata pemandian air panas seperti waterboom air pa­nas. Hal ini lantaran, nagari yang berada di kaki .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM