KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN


Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN WAKIL Ketua Komisi VIII DPR-RI Deding Ishak berdialog dengan Rektor IAIN IB Padang Eka Putra Wirman dan Kakanwil Kemenag Sumbar Salman K Memed, saat melakukan kunjungan kerja ke kampus ini, Senin (31/10). (HUMAS)

PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10).

Dalam dialog tersebut mengemuka, kunjungan ke IAIN adalah sebagai wujud dan melihat langsung persiapan yang dilakukan dari segi sarana dan prasarana karena dalam waktu dekat sudah akan menjadi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB). Sebelumnya Rektor Eka Putra Wirman telah diundang ke Jakarta bersama tiga rektor lainnya di PTKIN.

“Saya bersama teman-teman DPR-RI di Komisi VIII yang membidangi agama, Kemensos dan BNPB sudah meyakini bahwa IAIN yang terbilang tua di Sumbar, dimana tahun 2016 tepatnya 29 November sudah genap berusia 50 tahun, Insya Allah akan menjadi UIN. Doakan saja dalam waktu sudah berubah menjadi universitas,” terang Deding Ishak.

Ia juga berharap, alih status dari institut ke universitas tidak menghilangkan jati dirinya sebagai dunia pendidikan ke-Islaman. Titahnya harus dipertahankan sebagai dunia pendidikan yang menjunjung tinggi tri dharma seperti pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Fungsinya sebagai lembaga pencetak intelektual Islam sangat fundamental. Mahasiswanya yang sedang kuliah dan telah menjadi alumni, berperan sebagai sebagai pengawal moral yang akan mengabdi di tengah-tengah masyarakat. UIN ke depan itu harus berfikir profesional, handal dan teruji. Apalagi negara kita adalah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang sila pertamanya adalah Ketuhahan Yang Maha Esa,” tambahnya.

Ia juga mendoakan agar proses alih status ini cepat terealisasi dan Presiden RI Joko Widodo segera mengeluarkan peraturan presiden terhadap hal tersebut. Menurutnya, UIN ini adalah keinginan masyarakat Sumbar dan harus diperjuangkan.

Rektor Eka Putra Wirman bersama Kakanwil Kemenag Sumbar Salman K Memed, dalam dialog tersebut menjelaskan,  untuk persiapan ini, enam fakultas dengan 35 prodi menyatakan siap menjadi universitas. Proses demi proses telah dilalui termasuk dukungan Kanwil Kemenag Sumbar bersama jajarannya.

“Apalagi beberapa waktu lalu visitasi telah dilakukan oleh Sekneg. Diperoleh informasi dalam helat Dies Natalis ke-50 UIN Insya Allah sudah terealisir. Namun percepatan itu diperlukan juga dorongan dari Komisi VIII DPR-RI yang kebetulan berkunjung ke kampus kita,” harap Eka di hadapan Kakan Kemenag kabupaten dan kota se-Sumbar. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]