Penerapan Wisata Halal Butuh Waktu


Selasa, 01 November 2016 - 01:40:09 WIB

PADANG, HALUAN — Sum­bar boleh berbangga, berhasil meraih salah satu predikat wisata halal Indonesia. Bahkan Sumbar juga mewakili  In­donesia dalam World Best Halal Tour Operator (Ero Tour) dan World Best Halal Des­tination di Abu Dhabi, De­sember men­datang.

Namun, predikat halal yang disandang Sumbar tersebut, ter­nyata bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkannya. Menurut Ketua DPW Dewan Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumbar Prof. Dr. Ir. H. Jamsari MP., butuh waktu untuk me­wujudkan ‘halal’ yang sesung­guhnya itu.

“Minimal kita butuh waktu 3-5 tahun agar predikat halal yang diraih itu, betul-betul sesuai dengan implementasinya di lapa­ngan,” kata Jamsari kepada Halu­an, baru-baru ini.

Minimal untuk saat ini, lanjut Jamsari, yang harus diubah dari pelaku wisata kita adalah sikap mental dan ka­rakter.

“Kita harus menyiapkan sikap mental dan harus bisa mengubah karakter sesuai de­ngan kriteria halal tersebut. Tentunya, dibu­tuhkan aturan-aturan yang jelas juga dari penyelenggara peme­rintahan terkait hal ini. Misalnya, harus ada Pergub atau Perda yang mengaturnya,” kata dosen Fa­kultas Pertanian Unand ini.

Ia mencontohkan hal-hal kecil yang ternyata justru bisa menjadi gangguan dalam pene­rapan wisata halal tersebut. Mulai dari pe­netapan harga-harga produk di berbagai lokasi wisata ataupun rumah makan dan restoran, hingga bandara yang nyaman untuk pengun­jung.

“Kalau bisa, alangkah ba­gusnya jika di hotel-hotel juga diterapkan aturan, tak ada lagi karyawannya yang memakai rok mini,” lanjutnya.

Di tahap awal, tambahnya, mungkin hal ini bisa dimulai dari hal-hal kecil dulu. Misalnya me­nerapkan nilai-nilai yang Islami di berbagai objek wisata, rumah makan, atau biro per­jalanan.

Selain itu, karakter jujur, amanah, bersih dan adil yang termasuk dalam kriteria halal, juga harus diterapkan di ber­bagai lini masyarakat kita, yang menjadi daerah destinasi wisata.  (h/atv)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 24 Februari 2020 - 07:02:28 WIB

    HIPMI Kota Padang Minta Penerapan Jam Malam Dikaji Ulang

    HIPMI Kota Padang Minta Penerapan Jam Malam Dikaji Ulang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Perda Jam Malam yang sebentar lagi bakal ketuk palu oleh DPRD Kota Padang dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Namun, hal itu perlu dikaji ulang kembali. .
  • Rabu, 12 Juni 2019 - 23:40:59 WIB

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap

    Penerapan Full Day, Pemko Padang Bangun 500 RKB Tiga Tahap PADANG, HARIANHALUAN.COM – Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan, Pemko Padang menargetkan membangun 500 ruang kelas baru dalam lima tahun masa jabatan. Hal ini untuk mengoptimalkan proses pendidikan dan dapat mela.
  • Selasa, 20 September 2016 - 22:21:11 WIB
    Saran Wakil Rakyat

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter

    Penerapan Kacau, Pemko Padang Harus Tunda Parkir Meter Waktu sebulan tidak cukup untuk sosialisasi. Jangankan parir meter, penerapan kartu Brizzi Trans Padang saja butuh waktu lama sosialisasinya. Lima bulan tak cukup. Apalagi parkir meter.
  • Sabtu, 17 September 2016 - 02:14:25 WIB
    KULIAH UMUM KETUA MPR RI DI IAIN IMAM BONJOL

    Penerapan Nilai-nilai Pancasila Masih Lemah

    Penerapan Nilai-nilai  Pancasila Masih Lemah PADANG, HALUAN — Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menekankan pentingnya penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sejauh ini terang Zulkifli, penera.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 04:32:11 WIB

    Yuni Ushi Johan: Penerapan Full Day School Perlu Kajian

    Yuni Ushi Johan: Penerapan Full Day School Perlu Kajian PADANG, HALUAN — Gagasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Me­n­dik­bud), Muhadjir Effendy tentang penerapan program Full Day School, dinilai Yuni Ushi Johan SPsi., Psikolog, masih memerlukan pertim­bangan yang matang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM