DIHARAPKAN BEKERJA MAKSIMAL

Relawan Kebersihan Dianggarkan Rp1,5 Miliar


Selasa, 01 November 2016 - 01:40:54 WIB
Relawan Kebersihan Dianggarkan Rp1,5 Miliar WALIKOTA Padang Mahyeldi dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang memberikan pembekalan terhadap 350 orang relawan kebersihan. Mereka akan bekerja selama dua bulan ke depan. (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN—Pe­merintah Kota Padang me­nginginkan relawan kebersihan yang ada untuk dapat bekerja secara maksimal. Karena Kota Padang harus terjaga ke­ber­sihannya agar pengunjung ramai datang ke kota ini.

Walikota Padang Mahyeldi mengatakan relawan kebersihan Kota Padang adalah orang pertama yang turun tangan langsung mengenai kebersihan di wilayahnya. Relawan ini akan bekerja selama dua bulan ke depan.

“Pemko rela mengeluarkan biaya Rp1,5 Miliar untuk mem­bayar gaji dari relawan. Se­hingga diharapkan relawan harus bekerja secara maksimal,” ucap Mahyeldi pada Haluan Senin (31/10) setelah pem­bukaan acara pembekalan rela­wan kebersihan Kota Padang.

Selain itu, Mahyeldi juga menghimbau kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang untuk selalu mengawasi kinerja re­lawan. Setiap hari mereka harus diawasi dan setiap bulannya harus ada evaluasi atas apa yang dikerjakan.

“Jika relawan malas bekerja, ganti saja dengan yang baru. Karena masih banyak yang ingin menjadi relawan. Kita telah menghabiskan banyak uang untuk program ini, se­hingga hasilnya harus ada,” ucap Mahyeldi.

Mahyeldi me­nga­takan dalam dua bulan ke depan Kota Padang akan dikunjungi oleh puluhan ribu orang. Se­hingga kebersihan harus sangat dijaga, agar tamu yang datang merasa nya­man. Selain itu, Mah­yeldi berharap jika program ini sukses ma­ka kunjungan wisatawan ke Kota Padang pada 2017 akan meningkat.

Sementara itu, Ke­pala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang Al Amin me­ngatakan ada sebanyak 350 orang relawan yang direkrut. Nantinya me­reka akan bekerja sela­ma dua bulan untuk percontohan. Setiap re­la­wan akan memperoleh gaji sebesar Rp1.250 juta per bulan.  Jika program relawan ke­bersihan ini berjalan lancar kemungkinan akan di­lanjutkan pada tahun 2017.

“Relawan direkrut dari ber­bagai kelurahan. Yang berasal dari 11 Kecamatan yang ada di Kota Padang,” ucap Al Amin di Jalan Pramuka Kota Padang.

Saat sekarang ini relawan akan difokuskan ke empat ke­camatan di Kota Padang yang ramai aktivitas seperti Padang Timur. Al Amin juga me­nya­takan relawan kebersihan Kota Padang ini memiliki tiga fungsi yang harus dijalankan. Pertama sebagai pemberi informasi kepada masyarakat, berupa memberikan penjelasan me­ngenai kebersihan.

Kedua sebagai pengawas berupa menegur langsung ma­syarakat yang membuang sam­pah sembarangan. Ketiga se­bagai pelaksana, jika terlihat sampah yang berserakan me­raka langsung membersihan tempat tersebut.

“Pada tahun 2017 kita tar­getkan setiap kelurahan mem­punyai 10 relawan kebersihan,” ucap Al Amin.

Hal yang sama juga di­ungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi akan mendukung kegiatan ini. Dan jika berhasil DPRD akan memberikan dukungan penuh untuk melanjutkan program ini pada 2017.

“Kita dari DPRD akan men­dukung penuh kegiatan ini. Agar kebersihan Kota Padang semakin terjaga,” ucapnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM