Pemko Targetkan PAD Rp1 Triliun


Selasa, 01 November 2016 - 01:42:39 WIB
Pemko Targetkan PAD Rp1 Triliun

PADANG, HALUAN—Pemerintah Kota Padang menargetkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak dan retribusi sebanyak Rp1 Triliun hingga 2019.

Walikota Padang Mah­yeldi mengatakan, agar pen­capaian pajak itu bisa tere­alisasi, hal itu  membutuhkan dukungan dari DPRD Kota Padang.

Dikatakannya, agar rea­lisasi pencapaian target pajak ini dapat terwujud. Pemko membutuhkan adanya perda khusus untuk memungut pa­jak dari masyarakat.

“Tanpa perda yang jelas ten­tu­nya pemko tidak bisa me­mu­ngut pajak dari masya­rakat dengan maksimal,” ucap Mah­yel­di pada kegiatan Lo­kakarya Ka­jian Potensi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Hotel Kyriad Bumiminang, Senin (31/10).

Selain itu, pada tahun 2017 pemko akan mendo­rong wajib pajak untuk dapat membayarkan pajaknya seca­ra rutin, dan akan memak­simalkan potensi yang ada untuk memperoleh pajak dan retribusi sesuai dengan target.

Seperti potensi pajak par­kir yang harus dimak­si­mal­kan. Tingkat kepatuhan pajak parkirpun sangat rendah hanya berkisar 50,2 persen pada 2015. Padahal pajak yang bisa diperoleh dari parkir ini cukup tinggi.

“Kita berharap target pencapaian parkir pada tahun 2017 bisa mencapai Rp25 Miliar. Meskipun pada tahun ini realisasinya hanya men­capai sekitar Rp1 miliar lebih,” kata Mahyeldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang Adib Alfikri mengatakan untuk mencapai target perolehan pajak yang diberikan oleh pemko sulit untuk dicapai. Dispenda memperkirakan hanya mampu memperoleh sekitar Rp800 Miliar.

“Setelah kami hitung-hitung rasanya tidak mungkin realisasi pencapaian pajak terpenuhi sebanyak Rp1 Triliun,” ucap Adib.

Namun target yang dibe­rikan oleh pemerintah Kota Padang tersebut akan dija­dikan motivasi bagi Dispen­da.

Dikatakannya, pen­capai­an target hingga bulan Okto­ber sudah mencapai 70 per­sen. Pada 2016 ini, Dinas Pendapatan Daerah (Di­pen­da) Kota Pa­dang menar­getkan perolehan pajak sebesar Rp260 Miliar.

“Kita berharap pen­capai­an target pajak tahun 2016 mencapai 90 persen. Tapi untuk mencapai 100 persen mungkin tidak bisa dila­kukan,” tutur Adib.

Dikatakan Adib untuk mencapai perolehan pajak itu Dipenda melakukan berbagai inovasi selain juga mem­berikan teguran kepada pe­nung­gak pajak, dan mem­berikan reward bagi ma­syarakat yang taat pajak.

Pemko juga melakukan pemilihan duta pajak yang diambil dari wajib pajak itu sendiri dengan tujuan wajib pajak merasa dihargai dan mereka secara tanggung jawab mendorong pihak lain untuk membayar pajak.

Untuk tahun 2017 Dis­penda akan mencoba untuk memaksimalkan semua po­tensi pajak dan retribusi daerah yang ada. Hal ini akan dapat diwu­judkan dengan kemampuan petugas pajak dalam melaksanakan tugas­nya. Serta kesadaran dan kepatuhan wajib pajak sangat dibutuhkan.

“Petugas pajak akan kita bekali kemampuan dalam pemungutan pajak,”ucap Adib.

Sementara itu Ketua DP­RD Kota Padang Erisman menga­takan jika peningkatan pen­dapatan asli daerah me­ning­kat maka kesejahteraan masyarakat pun akan mening­kat. DPRD akan mendukung penuh upaya pemko dalam pencapaian target pajak ini. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM