PERINGATAN HLN KE-71

Perkuat Jaringan untuk Sumbar Lebih Terang


Selasa, 01 November 2016 - 01:46:53 WIB
Perkuat Jaringan untuk  Sumbar Lebih Terang General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Yusuf, memasangkan Salempang Duta Listrik kepada Siswa SD sebagai Duta Listrik PLN WSB saat upacara HLN ke-71, kemarin. Melalui momentum HLN ke-71, PLN wilayah Sumbar bertekad untuk memperkuat jaringan menuju Sumbar lebih terang. (HUMAS)

PADANG, HALUAN —  Pe­ringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke-71 di Kantor PLN Wilayah Sumatera Barat (WSB) berlangsung sederhana, namun penuh makna. Puncak HLN berlangsung kemarin, Senin (31/10) dengan upacara seka­ligus pemasangan Salempang Duta Listrik kepada siswa dan pemilihan vendor terbaik.

Sesuai tema HLN ke-71 ini yaitu “Kerja Nyata Terangi Negeri”, PLN terus berupaya meningkatkan pelayanan de­ngan membangun pembangkit dan jaringan transmisi.

“Kami terus bekerja keras untuk meningkatkan pelayanan listrik di Sumbar, dimana saat ini kita sedang memperkuat jaringan dengan membangun transmisi 275 kV dari Kiliran Jao hingga Pasaman. Ini me­rupakan langkah PLN menuju Sumbar terang,” kata General Manager PLN Wilayah Sumbar, Bambang Yusuf saat Peringatan HLN ke-71 tersebut.

Secara nasional seperti dije­laskan Direktur Utama PLN dalam pidatonya yang diba­cakan GM PLN Wilayah Sum­bar, Bambang Yusuf, total ka­pasitas pembangkit milik PLN dan swast(IPP) saat ini sebesar lebih dari 52.000 mega watt. Dengan kemampuan 52.000 MW itu, PLN diusianya ke-71 telah membuat gelap menjadi terangbenderang.

Sebagai langkah keseriusan PLN mewujudkan negeri te­rang, sejak pertengahan tahun 2015 telah dicanangkan pro­gram pembangunan pembang­kit 35.000 mega watt serta 46.000 kilo meter sirkit (kms) jaringan transmisi dan 108.000 mega volt ampere (MVA) gardu indukdalam lima tahun ke­depan.

“Target PLN bagaimana dengan program 35.000 mega watt, kita bisa melistriki seluruh pelosok Indonesia hingga pu­lau-pulau terluar dengan ca­paian 97,4 persen rasio elek­trifikasi di tahun 2019,” je­lasnya.

Untuk Sumbar sendiri, lan­jut Bambang, pihaknya sedang memacu pekerjaan pem­ba­ngunan transmisi 275 kV dari Kiliran Jao, Payakumbuh hing­ga Rao Pasaman. Pekerjaan ja­ringan yang merupakan bagian dari program Tol Listrik Su­matera itu ditargetkan selesai akhir tahun nanti.

Dengan adanya transmisi 275 kV, jaringan listrik di Sum­bar semakin kuat, karena ja­ringannya sudah berkapasitas tinggi untuk mensupply daya ke wilayah Sumatera Barat.

“Dengan adanya transmisi 275 kV, tidak hanya keandalan dan pelayanan listrik kepada masyarakat yang dapat kita tingkatkan, namun juga ke­sediaan energi listrik untuk dunia investasi. Jadi para inv­es­tor tak perlu lagi akan ke­tersediaan listrik di Sumbar,” tambah Bambang lagi.

Seiring momen HLN tahun ini, PLN juga menyampaikan penghargaan kepada insan PLN dan pihak - pihak yang telah membantu proses pem­ba­ng­u­nan infrastruktur ketena­g­a­lis­trikan.

“Kami sadari tanpa du­ku­ngan masyarakat, kepala dae­rah, tokoh masyarakat, For­ko­pimda dan berbagai pihak, sulit rasanya mewujudkan pem­bangunan insfratruktur PLN. Untuk itu, PLN sangat berterima kasih atas dukungan semua pihak selama ini, sehingga pekerjaan per­kuatan listrik bisa kita wu­judkan,” sambungnya lagi.

Usai upacara HLN, GM PLN didampingi jajaran PLN Wi­layah Sumbar memberikan ha­diah kepada para pemenang dalam turnamen olahraga da­lam rangka memeriahkan HLN, pelayanan terbaik, vendor ter­baik dan juga pemberian hadiah kepada siswa SD, SLTP dan SMKN1 Sumbar sebagai Duta Listrik Wilayah Sumbar. (h/rel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 15 Juni 2019 - 20:34:08 WIB

    Perkuat Silaturahim, PWRI Kota Padang Gelar Halal Bihalal

    Perkuat Silaturahim, PWRI Kota Padang Gelar Halal Bihalal PADANG, HARIANHALUAN.COM–Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Padang menggelar halal bihalal di Palanta Rumah Dinas Wali Kota, jalan A. Yani, Sabtu (15/06/2019)..
  • Senin, 10 Juni 2019 - 23:12:06 WIB

    Walikota Padang: Peran UIN Imam Bonjol Dibutuhkan Perkuat Kebijakan Pemko

    Walikota Padang: Peran UIN Imam Bonjol Dibutuhkan Perkuat Kebijakan Pemko PADANG, HARIANHALUAN.COM – Hari pertama kerja pasca libur Lebaran, civitas akademika UIN Imam Bonjol Padang melaksanakan Halal bi Halal yang digabung dengan kegiatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN), di Auditorium Prof.
  • Jumat, 02 Desember 2016 - 01:25:09 WIB
    KETUA DPRD SUMBAR DI UPACARA NUSANTARA BERSATU

    Perkokoh Rasa Kebangsaan Perkuat Ajaran Minangkabau

    Perkokoh Rasa Kebangsaan Perkuat Ajaran Minangkabau PADANG, HALUAN — Semangat persa­tuan dan kesatuan terus dijaga untuk menghindari adanya isu-isu negatif yang akan menggangu keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu semua lapisan masyarakat dan unsur p.
  • Rabu, 13 April 2016 - 03:06:52 WIB

    Selama MNEK, Telkomsel Perkuat Jaringan

    Selama MNEK, Telkomsel Perkuat Jaringan PA­DANG, HALUAN — Per­helatan internasional berupa latihan bersama ang­katan laut beberapa negara atau Multilateral Naval Exer­cise Komodo (MNEK) 2016 akan digelar di Sumbar, Selasa (12/4). Kegaiatan yang bertema “Ma.
  • Senin, 14 Maret 2016 - 04:08:12 WIB
    Wisuda Sarjana ke-52

    STKIP PGRI Sumbar Perkuat Diri

    STKIP PGRI Sumbar Perkuat Diri PADANG, HALUAN — Se­ko­lah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat terus mem­perbaiki sumber daya manusia dan sarana prasarana kampus. Saat ini dari segi sarana dan prasarana maupun dari segi pela.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM