Pemkab Agam Bantu UMKM


Rabu, 02 November 2016 - 01:03:36 WIB
Pemkab Agam Bantu UMKM USAHA kerupuk ubi di Kamang. (KASRA)

Agam, Haluan — Pe­merintah Kabupaten Agam membantu pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UM­KM) dengan berbagai jenis mesin untuk meningkatkan daya saing, kuantitas dan kualitas produksi mereka.

Bantuan tersebut berupa mensin pengiris umbi-um­bian sebanyak tujuh unit, mesin bordir enam unit dan mesin jahit konfeksi empat unit, selain itu juga diberikan bantuan kemasan untuk 10 UMKM.

Menurut Kepala Bagian Perindustrian Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Agam Edi­war, Sabtu lalu, bantuan tersebut telah diserahkan sejak bebe­rapa bulan lalu di Kecamatan Palupuh, Kemang Magek, Tilatang Kamang, Baso dan kecamatan lainya.

Dana bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pen­dapatan dan Belanja Daerah (APBD) Agam 2016 sebesar Rp 121,6 juta.

Selain bantuan material Dinas Koperindag UMKM Agam juga telah memberikan bantuan berupa pembinaan dengan penataran dan pela­tihan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha da­lam menggeluti usahanya.

“Kita berharap bantuan yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan, jika tidak dimanfaatkan akan ditarik kembali dan akan dise­rahkan kepada UMKM lain­nya.

Hal ini sudah menjadi komitmen kita dengan pe­milik industri rumah tang­ga”kata Ediwar.

Kabupaten Agam saat ini memiliki hampir 6000 unit UMKM tersebar di 16 keca­matan dengan serapan tenaga kerja sekitar 25 ribu orang.(h/ks)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM