PERTEMUAN JOKOWI-PRABOWO TAK BERPENGARUH

Demo Tangkap Ahok 4 November Lanjut


Rabu, 02 November 2016 - 01:11:20 WIB

JAKARTA, HALUAN — Pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro menilai pertemuan Presiden Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjukkan sikap kenegarawan. Sosok-sosok seperti itu menurutnya perlu diperbanyak di Indonesia agar dalam pilpres maupun pilkada semua calon siap menang dan kalah.

“Negarawan sejati semes­ti­nya seperti itu. Tidak saling menaruh dendam meskipun dalam Pemilu Presiden (Pil­pres) 2014 lalu mereka saling berhadapan. Pertemuan an­tara kedua tokoh nasional itu menurut hemat saya cukup baik,” kata Siti Zuhro, di Jakarta, Selasa (1/11), me­nanggapi pertemuan Jokowi dan Prabowo, Senin (31/10).

Namun kalau dikaitkan dengan rencana demo ummat Islam tanggal 4 November mendatang, tampaknya ku­rang siginifikan dan penga­ruhnya nyaris tak ada. “Se­bab, realitasnya Prabowo adalah ketua umum Partai Gerindra. Dia bukan ketua ormas Islam atau pemuka agama,” kata Wiwik, demi­kian dia akrab disapa,

Sebenarnya menurut Wi­wik, dalam kaitan dengan de­mo 4 November, yang perlu di­respon adalah bagai­ma­na me­nyelesaikan akar ma­salah me­ngapa demo yang akan me­libatkan jumlah sa­ngat be­sar itu muncul. “Akar ma­sa­lah itu bukan di Prabo­wo dan ka­pasitas untuk mere­dam ke­re­sahan ummat mus­lim yang ter­lanjur meluas itu ju­­ga bu­kan di prabowo,” kata Wi­wik.

“Jokowi harus menye­le­saikan masalah keresahan, ke­kecewaan ummat Islam de­ngan memahami secara jer­nih akar masalahnya. Tun­tu­tan ummat Islam adalah me­nun­taskan kasus penistaan agama. Ini berkaitan lang­sung dengan keyakinan um­mat Islam tentang ajarannya, tentang ayat suci Al Qur’an yang diyakini nutlak kebe­narannya. Tentu ini sangat menyakitkan,” ulas Wiwik.

Dikatakan Wiwik, ada pilkada tak ada pilkada isu agama merupakan hal yang sensitif dan hal tersebuttak bisa dianggap enteng. Apa­lagi menggunakan ayat suci Al Qur’an utk testing the water. “Bangsa Indonesia semestinya bijak, belajar dari sejarah, beberapa lesson learned yang pernah ada dan so­lusi-solusi yang pernah di­ambil untuk me­nyelesai­kan­nya patut dibaca kembali se­hingga hal-hal yang tak perlu terjadi tak terulang kembali,” ujarnya.

Dua tokoh politik besar ber­temu. Inilah pertemuan Jokowi dan Prabowo yang diapresiasi publik, termasuk oleh para politisi di DPR RI. Pertemuan tersebut penting untuk mencairkan suasana sekaligus sebagai bentuk kematangan berpolitik.

 Penilaiannya yang sama ju­ga dililontarkan Ketua Umum Partai Golkar Setya No­vanto yang mengatakan, Pre­siden Jokowi yang me­nyam­bangi kediaman Pra­bo­wo di Hambalang, Bogor, me­rupakan bentuk ke­negara­wa­­nan­nya. Ini patut di­apre­sia­­si, karena Jokowi datang de­­ngan penuh rendah hati wa­­lau dulu sempat terjadi ri­va­litas yang sangat kuat. “Ini per­­temuan dua tokoh besar dan patut diteladani. Ada perbedaan dibicarakan ber­sa­ma. Ini harus dicontoh para po­litisi lainnya. Saya sambut gem­bira peretemuan terse­but,” nilai Novanto dalam dis­ku­si “Me­maknai Perte­mu­an Jo­kowi-Prabowo” di Me­dia Cen­ter DPR RI, Selasa (1/11).

Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang ikut menjadi pem­bicara dalam diskusi itu juga mengatakan, pertemuan ke­dua tokoh nasional itu perlu disambut positif, karena bagian dari membangun bang­sa ke depan. Namun, politisi Gerindra ini mengi­ngatkan Jokowi, agar perte­muan­nya dengan Prabowo tidak sekadar dilatari suatu masalah.

Menurut Fadli Zon, perlu ada pertemuan yang lebih sejati, tanpa dipicu masalah apapun. Dengan begitu, per­sau­daraan dan persahabatan sebagai anak bangsa tetap ter­jaga. “Sebagai peristiwa poli­tik, pertemuan itu sangat baik. Tapi, jangan karena ada masalah baru mau ketemu Prabowo,” ucap Fadli.

Sementara Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait, mengatakan, Jokowi dan Prabowo tahu betul kapan waktunya berbeda pan­da­ngan dan kapan waktunya bersahabat. Pertemuan itu, sambung Maruarar, sangat efek­tif mendinginkan tensi po­litik dalam negeri. “Ini ba­gian dari budaya politik yang positif,” katanya. (h/sam)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 17:01:17 WIB

    Demokrat ke Jokowi: Apa Tunggu Korban Banyak Baru Lockdown?

    Demokrat ke Jokowi: Apa Tunggu Korban Banyak Baru Lockdown? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Putu Supadma Rudana mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkukuh tak mengambil langkah karantina wilayah (lockdown) untuk mengatasi penyebaran v.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 15:02:39 WIB

    RUU Cilaka..! Demokrat: Pemerintah Harus Hapus Pasal 170

    RUU Cilaka..! Demokrat: Pemerintah Harus Hapus Pasal 170 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Fraksi Partai Demokrat DPR meminta pemerintah menarik dan menghapus Pasal 170 yang tertuang dalam draf RUU Omnibus Law tentang Cipta Kerja. Penghapusan itu terkait isi Pasal 170 yang menyatakan Peratu.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:44:36 WIB

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna

    Dulu Demo, Besok Warga Akan Ikut Lepas Pemulangan WNI di Natuna JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga di desa Penagi, Kabupaten Natuna, disebut akan ikut melepas kepulangan ratusan WNI yang telah selesai menjalani observasi kesehatan selama 14 hari setelah dievakuasi dari daerah waba.
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 22:41:38 WIB

    Fadli Zon: Pers Penjaga Demokrasi, Bukan Penyambung Lidah Kekuasaan

    Fadli Zon: Pers Penjaga Demokrasi, Bukan Penyambung Lidah Kekuasaan JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Peringatan Hari Pers Nasional 2020, mengambil tema Pers Menggelorakan Kalsel sebagai Gerbang Ibukota Negara..
  • Kamis, 06 Februari 2020 - 15:59:57 WIB

    Buruh Ancam Kembali Demo Jika BPJS Kesehatan Tak Diturunkan

    Buruh Ancam Kembali Demo Jika BPJS Kesehatan Tak Diturunkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa soal penolakan kenaikan iuran jaminan kesehatan Badan Penyelenggara .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM